Monday, December 6, 2010

Sinyal Hilang Akibat Ponsel Terjatuh


Tanya
Saya punya ponsel  Sony Ericsson P1. Pernah satu kali ponsel saya terjatuh. Dan setelah terjatuh, signal jadi suka hilang. Ditambah lagi lampu ikut mati semua. Apa yang harus saya kerjakan? Saya orang awam yang tak mengerti dunia ponsel. Terima kasih.

Jawab
Ponsel adalah suatu perangkat yang begitu kompleks. Jika kita ingat beberapa tahun silam, perkembangan ponsel begitu pesat, dari ukuran yang besar, menjadi ukuran yang begitu kecil. Dari fungsi yang sederhana, sampai menjadi multifungsi. Itu semua berkat perkembangan teknologi komunikasi yang sangat dahsyat.
Bila  dilihat lagi struktur hardware-nya, peranan dan fungsi IC juga berkembang luar biasa, dulunya hanya bisa menjalankan fungsi yang sederhana, kini  hanya satu IC saja bisa  menjadi sentral mengatur kinerja sebuah ponsel. Dan bentuknya pun mengalami revolusi yang spektakuler. Bentuknya sangat mini ! Jadi jangan heran bila ponsel rentan rusak kalau terjadi benturan apalagi bila terjatuh. Seperti pada kasus di atas, ponsel langsung mengalami gangguan sinyal, serta gangguan pada lampunya. Nah bagaimana penanganannya?

Mari kita bahas masalah pertama yakni gangguan pada sinyal. Umumnya jika ponsel jatuh, secara logika yang terjadi adalah guncangan. Guncangan yang hebat bisa saja mengakibatkan rusaknya IC, tapi yang paling sering terjadi adalah lepasnya konektor. Dalam kasus sinyal ini, pertama-tama periksa dulu apakah konektor antena bermasalah atau terlepas.

Biasanya kedudukan dari antena suka terlepas sehingga antena tidak tehubung dengan papan board-nya. Ingat untuk melihatnya, Anda perlu membuka ponselnya terlebih dulu dengan menggunakan obeng. Jangan takut untuk melakukan langkah pertolongan pertama ini!

No comments:

Post a Comment