Tuesday, December 14, 2010

Memperpanjang Umur Baterai HTC Hero

DENGAN dukungan antarmuka pengguna Sense, ponsel pintar HTC Hero pu­nya kelebihan dibanding ponsel pintar lain sekelasnya. Namun, Hero juga punya kelemahan, di antaranya dalam hal daya tahan baterai. Bagaimanapun kekuatan baterai standar Hero tak bisa dikatakan superior untuk menyangga operasional berbagai fitur yang melekat pada ponsel pintar ini. Namun, Anda bisa menjadi­kan baterainya lebih tahan lama, dengan mengikuti beberapa tips dari Gamaze. com di halaman ini. Tips ini tak spesifik untuk HTC Hero, jadi Anda bisa mengap­likasikannya pada ponsel lain.

  1. Nonaktifkan Big EVIL (Always On Mo­bile Data Connection). Fitur ini menyedot banyak daya baterai. Padahal, Anda tak memerlukannya setiap saat. Sebagai gambaran, Anda tentu tak butuh koneksi data di malam hari, ketika Anda tidur dan tak memakai ponsel sama sekali. Oleh sebab itu, Anda akan menghemat banyak daya dengan mematikan pilihan Enable always-on mobile data pada menu Mobile Network Settings.
  2. Nonaktifkan GPS dan Wireless Net­work Usage. Apakah Anda setiap saat membutuhkan GPS? Tentu tidak. HTC menggunakan triangulasi jaringan nirka­bel untuk mempercepat proses penampilan gambar-gambar GPS pada ponsel Anda. Sebagian orang menganggap fitur itu bermanfaat, namun fitur GPS di ponsel Anda sebenarnya sanggup menampilkan sendiri gambar-gambar tersebut. Maka sebaiknya Anda menonaktifkan Wireless Network Usage pada menu Location.
  3. Jika Anda mengaktifkan opsi transfer Background Data, ponsel akan secara per­manen terhubung dengan server-server Google, dan ini memerlukan daya baterai lumayan besar. Jadi, saat Anda tak meng­gunakan layanan-layanan Google, seperti Gmail, Calendar dan Contacts, sebaiknya nonaktikan opsi transfer Background Data pada Data synchronization/Google menu.
  4. Nonaktifkan fungsi update push e-mail/weather updates/Facebook dan Twit­ter. Lagi-lagi ini berkaitan dengan koneksi data. Kalau mau berhemat daya baterai, kurangi waktu Anda untuk mengecek server email guna memastikan ada atau tidak email baru. Anda bisa melakukannya me­lalui opsi Set Download Frequency pada menu Mail service’s Settings. Anda juga dapat menonaktifkan fitur update cuaca via opsi Weather application setting.
  5. Integrasi layanan Facebook, Twitter, dan Flickr (serta jejaring sosial lainnya) juga membutuhkan daya baterai relatif besar. Meski opsi ini bermanfaat, ponsel Anda akan terus-menerus menyedot ener­gi karena ‘dipaksa’ setiap saat mengecek server untuk membuat update. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan melaku­kan setting waktu update berbeda. Untuk memodifikasi setting Twitter, misalnya, pilih Menu/Settings dan ubah frekuensi Send & Receive sesuai kebutuhan Anda.
  6. Nonaktifkan koneksi Wi-Fi dan Blue­tooth jika tak sedang digunakan. Opsi ini terdapat dalam menu Wireless Controls.

No comments:

Post a Comment