Monday, December 6, 2010

Bebas Sadap Berkat Kartu Memori



Kartu memori di ponsel kian canggih saja, selain ukurannya tambah kecil dengan kapasitas yang kian besar, nyatanya kartu memori bisa punya peran lain, yakni sebagai alat anti sadap percakapan lewat pengacakan kode digital, atau disebut encrypts voice calls.

Solusi kartu memori super canggih ini diperkenalkan oleh Giesecke & Devrient (G&D), produknya diberi label Mobile Security Card VE 2.0. Meski berwujud MicroSD Card, VE 2.0 didalamnya sudah dilengkapi kemampuan cryptocontroller untuk mengacak percakapan sehingga penggunanya bisa merasa aman berkomunikasi. Kartu memori ini dirancang untuk digunakan di beberapa smartphone terbaru. Untuk menjamin keamanan, solusi ini menerapkan ototentifikasi berupa konfirmasi identitas pada kartu dan menerapkan sistem PIN (Personal Identification Number).

Enkripsi pada VE 2.0 mengadopsi  521 bits key, serupa dengan standar kriptografi  15,360 bit key dalam standar RSA .  Sebagai sebuah kartu MicroSD, VE 2.0 memiliki kapasitas memori 2 Gb. Menurut sumber dari www.cellular-news.com (30/11/2010), VE 2.0 akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun depan, dengan menyasar pada platform sistem operasi BlackBerry, Symbian, Android dan Linux Mobile.  Sebelum ada teknologi ini, urusan anti sadap di ponsel biasanya mengandalkan aplikasi yang harus di install terlebih dahulu ke dalam ponsel.

No comments:

Post a Comment