Monday, December 6, 2010

Mengenal Sistem Operasi Symbian


Tanya 
Saya mennggunakan ponsel sejak tahun 2003. Hingga kini sudah berpuluh kali saya berganti ponsel.  Tapi yang masih jadi pilihan saya adalah Nokia.  Yang ingin saya tanyakan adalah apa sih yang dimaksud system operasi?  Apakah sama dengan system operasi computer misalkan windows dan lain-nya?
Tolong dijelaskan cara kerja system operasi yang dimaksud tadi.  Apakah system operasi sebuah ponsel bisa diganti-ganti sesuai selera sebagaimana computer?


 
Jawab 
Secara umum Sistem operasi adalah  piranti lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen dari perangkat keras  serta operasi-operasi dasar sistem pada ponsel. 
Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam ponsel, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Selain itu, juga menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori serta sumber daya yang lain tanpa terjadi crash. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur jadwal yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Pada umumnya di  ponsel, sistem operasi sudah ditentukan oleh vendor si pembuat ponsel, sehingga tidak bisa kita ganti sesuai dengan selera. Namun tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang jika perkembangan CPU serta sistem operasi semakin maju, kita bisa mengganti sistem operasi satu dengan lainnya.

No comments:

Post a Comment