Wednesday, December 8, 2010

Nexus S, Android Terbaru Dengan Teknologi Mutakhir Dari Google


Smartphone kedua dari Google, Nexus S. (foto: Gizmodo.com)
SAN FRANSISCO - Perusahaan internet terbesar di dunia, Google akhirnya menggelontorkan smartphone keduanya yang diberi nama, Nexus S.

Nexus S merupakan smartphone berbasis Android yang dibuat bekerja sama dengan produsen ponsel asal Korea Selatan, Samsung.

Ponsel pintar ini muncul untuk menggantikan suksesornya, Nexus One. Bedanya, Nexus S dipersenjatai dengan sistem operasi Android terbaru, Gingerbread. Ponsel pintar ini pertama kali dipamerkan oleh bos Google, Eric Schmidt, di KTT Web 2.0 di San Fransisco November lalu.
Nexus S mengusung layar supertajam AMOLED, yang banyak ditemukan di ponsel pintar buatan Samsung.
Ponsel ini juga dilengkapi perangkat keras seperti Near Field Communications (NFC) yang memungkinkan pengguna memanfaatkan ponsel sebagai tiket pesawat, alat pembayaran, dan pemindai (scanner) untuk mendapatkan aneka informasi.
"NFC memungkinkan Nexus S membaca berbagai objek pintar," kata David Burke dari divisi telekomunikasi bergerak Google.
Ia mencontohkan Nexus S bisa membaca poster film dan memutar iklan film tersebut melalui ponsel.
Mengomentari fitur baru ini, Shaun Collins dari perusahaan riset CSS Insight mengatakan nantinya akan semakin banyak ponsel yang dilengkapi NFC.
"Ini salah satu teknologi yang akan naik daun tahun depan. BlackBerry dan Nokia tidak diragukan lagi akan memakai NFC," kata Collins, seperti diberitakan Straits Times, Selasa (7/12/2010).
Apple diperkirakan juga akan menambahkan fitur ini di ponsel iPhone generasi mendatang.
Collins mengatakan Nexus S akan meramaikan pasar ponsel pintar kelas atas yang selama ini telah diramaikan oleh beberapa produk seperti Nokia N8, BlackBerry Torch, HTC Desire HD, Samsung Galaxy S, dan iPhone 4.
"Nexus S merupakan perangkat pertama yang dilengkapi dengan platform Android terbaru, yang akan digunakan oleh seluruh produsen handset di seluruh dunia," tambahnya,

Smartphone Android Google terbaru ini akan tersedia di AS mulai 16 Desember nanti melalui distribusi di toko Best Buy dan pada 20 Desember akan tersedia di Carphone Warehouse dan toko ritel Best Buy di Inggris.

Untuk distribusi di AS, Nexus S akan dikontrak dengan jaringan telekomunikasi AS, T-Mobile, ata bisa juga didistribusikan tanpa kontrak (unlocked). Sayangnya Google sepertinya belum memiliki rencana untuk menjual Nexus S di Singapura atau negara Asia lainnya, meski tidak menutup kemungkinan jika perangkat tersebut dapat dibeli secara online.

"Nexus S memberikan apa yang disebut dengan 'pengalaman murni' menggunakan Google, yaitu unlocked, akses tanpa filterisasi ke layanan mobile Google, dan platform Android terbaru dan terbaik," Tutupnya

No comments:

Post a Comment