Kamu sebagai pengguna Internet, bisa dipastikan memiliki akun seperti Yahoo, Google, Facebook, MSN, ICQ, dll. Lalu bila kamu memiliki banyak akun seperti itu dan ingin menggunakan layanan Internet Messenger dalam satu aplikasi bisa dilakukan. Jadi kamu tidak perlu menggunakan satu per satu aplikasi seperti Yahoo Messenger, Gtalk, MSN, dsb. Saat ini sudah banyak aplikasi Internet Messenger yang bisa digunakan seperti eBuddy, IM+, Nimbuzz, Palringo, dsb. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kamu bisa menggunakan berbagai akun Yahoo, Gtalk, Facebook dalam satu aplikasi.
Pada ponsel seperti Iphone, Blackberry dan Nexus One (ponsel dngan OS Android), mereka sudah menyediakannya, kamu bisa download dari menu ponsel-ponsel tersebut. Untuk di Blackberry kamu bisa cari pada menu Blackberry App World, untuk di iPhone kamu bisa cari di icon App Store dan untuk Nexus One (OS Android) bisa mencarinya di menu Market (Android Market). Berikut aplikasi-aplikasi Internet Messenger gratis yang disediakan berdasarkan jenis ponsel/sistem operasi:
Blackberry:
- IM+, Palringo, Nimbuzz, Fuze
- Beejive & eBuddy (berbayar)
iPhone:
- eBuddy, IM+, Palringo, Nimbuzz, Fuze, Meebo, MobileLinked, Monal
- Agile (berbayar)
Nexus One (Android):
- eBuddy, IM+, Nimbuzz, Palringo, Agile, Meebo



Menurut penilaian penulis, bagi yang menggunakan ponsel Blackberry gunakan aplikasi Beejive sebagai aplikasi Internet Messenger kamu, program tersebut paling baik dari sisi User Interface, User Friendly, penorganisasian kontak dan kecepatan, namun kamu harus membelinya untuk mendapatkan Full Version.