Tuesday, December 7, 2010

Kehadiran Ponsel HTC HD7 Windows Phone 7


Di penghujung tahun 2010 ini kita sudah bisa mendapatkan ponsel-ponsel dari Windows Phone 7 yang dibalut dengan produk-produk dari HTC, seperti kita ketahui bahwa Microsoft telah melucurkan sistem operasi ponsel generasi ke-7 ini yang bernama Windows Phone 7, yang sebelumnya adalah dinamakan Windows Mobile dengan terakhir versi 6.5. Tipe-tipe ponsel HTC yang mendukung sistem operasi Windows Phone 7 ini yang telah siap dipasaran awal-awal ini adalah tipe HTC HD7 dan HTC Mozart (untuk tipe lainnya akan menyusul beredar seperti HTC 7 Pro, HTC 7 Surround dan HTC Trophy).
  
Pada kesempatan ini kami akan mengulas untuk tipe HTC HD7 yang sepertinya merupakan tipe handalan Microsoft dan HTC dalam menanungi Windows Phone 7. Yang sebelumnya juga cukup sukses dengan tipe HTC HD2 dengan sistem operasi Windows Movile 6.5 nya. Tipe HTC HD ini adalah tipe yang mengutamakan soal layar yang lebar dan kualitas untuk kita dapat melihat film-film dengan nyaman. Antara HD2 dan HD7 terlihat setipe, tapi tentunya isi jeroan dan balutannya sangat berbeda, HD7 lebih terlihat selangkah lebih maju/moderen dari HD2.
  
Disaat kotak dibuka, ponsel HTC HD7 sudah terpasang batere, namun untuk dapat dinyalakan segel baterenya harus dilepas dahulu kemudian baru dapat dinyalakan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan ponsel HTC HD7 ini cukup singkat (mirip dengan saudaranya HD2). Tampilan dilayar yang kita dapatkan adalah gambar full screen dengan petunjuk waktu, hari dan tanggal. Jari kita harus menggesernya keatas untuk dapat masuk kedalam menu utama (metode ini mirip dengan iPhone). Setelah kita melihat tampilan menu utama, kita dapat menggeser-geser atas bawah dan kiri kanan. Lompatan dari menu ke menu sungguh atraktif dan ringan. Ini yang membuat Windows Phone 7 berbeda dengan sistem operasi ponsel manapun, benar-benar suatu revolusi yang baru.
  
Kualitas casingnya sangat manis dan rapih, untuk tipe HTC HD7 ini dibagian belakang casing, terdapat engsel yang dapat ditarik yang gunanya untuk dapat menyenderkan ponsel dalam posisi berdiri tegak, tujuannya kita dapat melihat foto-foto maupun film dengan meletakan ponsel di meja tanpa harus kita menggenggamnya. Engsel ini dapat ditarik dan ditutup kembali, posisinya menyatu dengan balutan lensa camera dan lampu flash (blits). Benar-benar suatu disain yang manis dan apik.
  
Untuk kualitas suara, HTC memberikan fitur (ini diluar dari fitur Windows Phone 7) yaitu Sound Enhancer, dengan fitur ini kualitas suara dapat kita atur menjadi No effects, Dolby Mobile, SRS Enhancement atau Equalizer (untuk penggunaan Headphones). Jadi bila kamu sedang bermain game,  mendengarkan musik maupun melihat film, maka dengan settingan Equalizer dan Headphones berkualitas baik kamu akan mendengarkan kualiats suara yang mempesona dan begitu menggelegar tanpa menyakitkan telinga.
  
Salah satu kehandalan generasi Windows Phone 7 dibanding generasi sebelumnya adalah dalam hal pengadaan aplikasi, saat ini kita disuguhkan dengan dapat terkoneksi dengan xBox Live, dan kita pun dapat men-download game-game menarik disana. Walau ketersediaan banyak game tidak sebanyak App Store maupun Marketnya Android, hal ini merupakan langkah awal Microsoft untuk siap dapat memulai bersaing dengan mereka berdua. Tersedianya aplikasi Microsoft Office (word, excel, powerpoint) merupakan aplikasi terdepan dibanding pesaing lainnya.
  
Untuk perihal themes, pada Windows Phone 7 disediakan juga agar kita dapat mengganti-ganti wallpaper, kita dapat merubah warna latar belakang menjadi dari gelap ke terang, lalu icon-icon kotak-kotak kita juga dapat merubah warnanya (terdapat pilihan warna biru, merah, hijau, kuning, ungu, dll). Dan untuk urusan ringtones Windows Phone 7 hanya memperbolehkan memilih jenis-jenis ringtones yang telah disediakan, kita tidak dapat memilih lagu seperti dari mp3 untuk dijadikan ringtones. Namun demikian tidak pelru risau, karena Windows Phone 7 menyediakan puluhan jenis ringtones dan hampir mendekati 100 jenis ringtones yang semuanya unik-unik.
  
Lalu untuk urusan musik, video maka di Windows Phone 7 ini Zune diintegrasikan kedalamnya (sama hal nya dengan iPod dan iPhone). Kita pun dapat mendengarkan radio dengan menggunakan headphones. Kualitas camera foto dengan 5MB Pixel menghasilkan sama tajam dan jernihnya dengan HD2, begitu juga dengan kualitas video-nya.
Kesimpulan awal kesan pertama terhadap HTC HD7 Windows Phone 7 ini adalah produk ini benar-benar suatu revolusi baru dari Microsoft dan HTC. Sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Semua kemampuan Microsoft hampir dituangkan semua di Windows Phone 7 (xBox Live, Microsoft Office dan Zune). Dengan kehadiran Windows Phone 7 ini maka Microsoft telah siap bertempur di ranah dunia ponsel pintar bersaing dengan Apple, Android dan BlackBerry.

No comments:

Post a Comment