Tuesday, December 28, 2010

XWave, Bisa Pantau Kinerja Otak di Layar iPhone


Apa yang terbayang dipikiran Anda jika visualisasi otak Anda tertampil di layar iPhone? Dan, itulah yang ditawarkan oleh XWave, sebuah alat layaknya headset yang dipasang di kepala, yang nantinya diklaim dapat membaca ‘pikiran’ otak Anda.
Pengguna alat ini bisa melihat hasil pikirannya berupa gelombang- gelombang grafis di aplikasi XWave iPhone, dimana bakal memperlihatkan bola grafis yang naik turun dengan memfokuskan pikiran.

XWave berlapis material plastik, dengan klip penjepit di sekitar telinga plus sensor ‘pikiran’ yang posisinya menempel di dahi pengguna. Alat ini pun dilengkapi Flip switch, yang terhubung dengan jack headphone iPhone. Nah, setelah semuanya tersambung pengguna bisa memulai ‘permainan’ ini.




Prinsip kerja alat ini terbilang tak rumit. Headband (bagian seperti headset) tersambung melalui aplikasi XWave. Lalu mulai menerima sinyal, yakni aplikasi akan mulai mengukur berbagai gelombang di otak. Dengan mengontrol kondisi pikiran Anda maka bakal memperlihatkan perubahan grafik di layar iPhone.

Memang sih alat ini tak sepenuhnya menyajikan data yang akurat. Namun, setidaknya kita bisa tahu bahwa memang ada ‘hal menarik’ terjadi di otak kita. Malahan, bisa dibilang alat ini tak sebagai alat yang ilmiah. Hanya saja, menurut produsennya (PLX Device) sepertinya akan sangat menyenangkan jika XWave dapat dinikmati olah para pelanggan.





Sebagai informasi, aplikasi iPhone ini belum lah sempurna. Sebagai contoh para pengguna tidak dapat menyimpan grafis kerja dari otak miliknya. Namun, menariknya aplikasi XWave ini bisa didapatkan gratis, cuma untuk menebus alatnya harus merogoh kocek sekitar 100 dollar AS (Rp 910 ribu-an).
Compatible Devices: iPhone, iPod Touch, iPad
Recommended App: XWave
Battery: 1 AAA Battery (Not Included)
Power Consumption: 0.1 Watt
Technology: NeuroSky eSense Dry Sensor (Patented)
Certifications: CE
Ages: All Ages
Construction: High Grade Plastic

No comments:

Post a Comment