Thursday, December 9, 2010

Populasi Dunia Gunakan Mobile Internet



 Pertumbuhan pengguna web dan internet mobile di Indonesia terus meningkat pesat. Bahkan penggunaan internet mobile tidak lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan personal, melainkan juga menjadi pundi-pundi uang dalam sistem ekonomi "new media".
Hal itu terungkap dalam seminar 'The New Economy Over Digital Culture' yang diselenggarakan di Blitz Megaplex Pacific Place Jakarta, Rabu 8 Desember 2010.
"Hampir 2/3 populasi di dunia beraktivitas menggunakan mobile internet. Jelas ini sebuah potensi besar untuk melakukan bisnis periklanan dalam dunia digital," ujar Regional Director of Asia of eBuddy Henrik Van Den Worm di acara seminar tersebut.
Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu target pasar terbesar dalam hal penggunaan internet mobile maupun desktop. "Saat ini Indonesia di urutan ke-8 negara pengguna internet khususnya internet mobile," kata dia.
Sementara pertumbuhan penggunaan smartphone juga turut memberikan kontribusi yang besar terhadap pengguna Internet Mobile khususnya di Indonesia.
"Ini merupakan dunia bisnis baru yang lebih menguntungkan daripada cara-cara konvensional. Pada akhirnya web dan mobile menjadi sebuah media yang mulai dilirik dan eksplorasi banyak industri," Van Den Worm menegaskan.
Hal senada juga diungkapkan Country Manager Indonesia Mig33, Kiki Rizki. Menurut Kiki, pertumbuhan penggunaan mobile internet selama tahun 2010 cukup tinggi termasuk di hampir seluruh negara-negara besar, seperti Amerika Serikat (AS).
"Tercatat 50 juta orang di AS menggunakan mobile internet, sedangkan di Cina tercatat 200 juta orang," ungkapnya.
Ke depan, bisnis di sektor ini, kata Kiki, juga akan cukup signifikan, karena semua orang akan beralih kepada internet. "Hanya dengan sekali klik anda akan terhubung dengan dunia. Komunikasi bukan hanya antara orang per orang, tapi juga menghubungkan satu komunitas dengan komunitas lain di belahan dunia," kata dia.
Seminar ini merupakan bagian dari acara Digital Day (DDay), yang dihadirkan oleh Adstars dan SWA. DDay diharapkan menjadi wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman bagi semua pelaku industri digital.

No comments:

Post a Comment