Wednesday, December 8, 2010

BlackBerry Torch Mulai Maramaikan Tanah Air


BlackBerry Torch sudah diluncurkan oleh RIM beberapa bulan lalu, dan kita pun sudah dapat membelinya pada toko-toko ponsel kesayangan kamu, dengan patokan hargan yang cukup tinggi hingga perlahan turun. Semenjak belum lama ini salah satu operator selular di Indonesia telah resmi menjual BlackBerry Torch dengan bandrol harga 6jt an rupiah. Dengan demikian BlackBerry Torch akan segera meramaikan dunia smartphone di tanah air kita. Indonesia merupakan salah satu pengkonsumsi BlackBerry terbesar dari negara-negara seluruh dunia.
Nah bagi kamu yang ingin memiliki BlackBerry Torch, dan ingin tau kelebihannya apa, silakan simak artikel dibawah ini:


  
Lihat galeri foto-foto disini:
  (32 photos)

BlackBerry Torch: Untuk Segmen Pengguna Layar Sentuh & Tombol QWERTY

Keunikan kehadiran BlackBerry Torch 9800 ini adalah gabungan teknologi layar sentuh (touchscreen) dan qwerty keyboard, dimana perangkat ponsel BlackBerry versi sebelumnya belum ada paduan seperti ini. Kita ketahui pada Storm 1 dan 2 (Odin) BlackBerry menampilkan teknologi layar sentuh yang dinyata memiliki pangsa segmen tersendiri, begitu juga pada versi Curve, Gemini, Bold 1 dan 2 (Onyx) dengan memiliki penggemar setia keyboard QWERTY. Jadi keharidan Tourch ini sama saja untuk memikat kedua segmen ponsel layar sentuh dan keyboard QWERTY. Pada Torch keyboard dapat ditampilkan melalui layar sentuhnya atau dengan keypad sungguhan dengan menarik (sliding) bagian bawah ponsel.
     
    
Keunggulan utama dari BlackBerry Torch 9800 ini dibanding versi BlackBerry lainnya adalah:
- Dalam satu perangkat ponsel memiliki Layar TFT Touchscreen + QWERTY Sliding Keyboad
- Internal Memory 4GB
- Camera 5 Mega Pixel
- BlackBerry OS 6
    
Kelebihan fitur-fitur tersebut membuat Torch memanjakan para penggunanya. Untuk mengakses web dengan layar yang cukup luas disertai dengan OS 6 membuat pengguna mendapatkan pengalaman baru (serupa dengan bila kita melakukan browsing web di iPhone atau di ponsel-ponsel Android). Lalu pada camera dengan dukungan 5 Mega pixel membuat hasil foto yang didapat begitu tajam, jernih dan juga cepat. Kemudian untuk suara-suara notifikasi disediakan dengan keragaman yang baru.
    
Bila kamu pengguna BlackBerry Storm/Odin yang mendambakan keypad keyboard QWERTY maka BlackBerry Torch adalah pilihan tepat, begitu juga dengan para pengguna BlackBerry Curve/Gemini/Onyx yang mendambakan layar sentuh maka BlackBerry Torch pilihannya. Namun ada sedikit ketidak nyamanan yaitu untuk membuka sliding keyboard dengan menggunakan tangan satu agak sulit dilakukan, harus dengan kedua tangan baru dengan mudah, tapi ketidak nyamanan ini tidaklah begitu berarti. Kamu siap menggandeng BlackBerry Torch?

Aksesoris BlackBerry: Pelindung Holster, Silicone Case & Cover

Sebagaimana kita ketahui handphone BlackBerry salah satu handphone yang memiliki banyak ragam aksesoris. Yang merupakan Aksesoris yang terpenting adalah pelindung handphone itu sendiri. Pada BlackBerry terdapat tiga macam jenis aksesoris untuk pelindung, yaitu Holster, Silicone Case dan Cover. Dari ketiga jenis pelindung tersebut banyak sekali aneka ragam warna dan bentuknya, kamu dapat dengan mudah menemukan pada toko-toko handphone.
 

Silicone Case

Pelindung BlackBerry ini paling banyak diminati oleh pengguna BlackBerry, karena begitu banyak pilihan warna dan model. Selain itu fungsi utamanya adalah bila Handphone terjatuh atau terantuk maka Silicone Case ini akan melindunginya, setidaknya tidak membuat BlackBerry kamu menjadi lecet akibat gesekan/benturan keras. Dengan menggunakan Silicone Case ini juga dapat menjadi keset (tidak licin) ditangan maupun pada saat diletakan di meja dengan posisi yang mudah merosot. Penulis menyarankan penggunaan pelindung Silicone Case ini menjadi urutan nomor 2.
 

Cover

Pelindung jenis ini menyerupai Silicone Case, namun terbuat dari bahan yang lebih keras, seperti dari plastik (fiber) atau plakat. Pelindung Cover seperti ini tidak banyak yang menggunakan dibanding dengan Silicone Case. Pelindung Cover hanya menambah menarik penampilan handphone BlackBerry kamu, dalam fungsi sebaga pelindung dianggap kurang melindungi, karena bentuknya tidak menutup secara keseluruhan, sehingga bila handphone BlackBerry kamu terjatuh atau terantuk bila terbentur pada bagian sisi yang tidak tertutup oleh Cover maka dapat mengakibatkan lecet/baret pada handphone BlackBerry kamu. Dan juga pelindung jenis ini dapat meninggalkan bekas pada casing handphone BlackBerry kamu. Penulis beranggap pelindung jenis Cover ini dijadikan prioritas nomor 3.
 

Holster

Pada umumnya bila kamu membeli handphone BlackBerry, didalam paketnya sudah diberikan sebuah sarung untuk handphone BlackBerry kamu, sarung model seperti ini dinamakan Holster. Sarung Holster BlackBerry tidak sama dengan sarung-sarung kulit lainnya untuk handphone merek lain. Pada Holster, dapat difungsikan selain untuk melindungi handphone BlackBerry kamu dari benturan, juga dapat menyesuaikan secara automatis pada handphone BlackBerry kamu.
 
Pada holster didalamnya terdapat sebuah magnet, dimana fungsinya adalah bila handphone BlackBerry kamu dimasukkan kedalam sarung Holster tersebut maka handphone BlackBerry kamu menjadi ter-Lock, sehingga tidak memungkinkan tombol-tombol terpijit tanpa tidak sengaja, sebab dalam kondisi ter-Lock secara automatis. Selain itu juga fungsi yang tidak dimiliki oleh handphone lainnya adalah, pada Holster dapat kita setting untuk disesuaikan bunyi tones dan getar (vibration).
 
Pada saat handphone BlackBerry kamu sedang didalam holster dapat kau bedakan bunyi tone dan fungsi getar nya dengan disaat handphone BlackBerry kamu sedang diluar/dilepas dari sarung holster nya. Penulis menganggap bahwa pelindung jenis Holster ini menjadi urutan nomor 1 didalam memilih pelindung perangkat handphone BlackBerry kamu. Cari dan dapatkan sarung Holster yang asli (orisinil) untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Call Filter, Calls Blocker, Black List

Terkadang kita sedikit kurang nyaman, apabila ada seseorang menelpon ke handphone kita tapi dengan nomor yang kita tidak kenal. Biasanya dari kalangan-kalangan marketing yang ingin menawarkan produk-produk atau penawaran-penawaran lainnya. Atau kamu ingin menolak nomor tertentu agar tidak dapat menelpon kita? ada solusinya yaitu dengan menggunakan aplikasi
khusus menangani penelpon-penelpon yang kita tidak ingini atau yang kita ingini. Bagi kamu yang menggunakan handphone Blackberry, Iphone atau handphone-handphone dengan OS Android, silakan simak dibawah ini:
CallFilter
Aplikasi ini untuk OS Android. Fungsinya adalah untuk men-filter telpon yang masuk. Kamu dapat mem-blokir nomor yang tidak kamu kenal atau nomor private. Pada menu Setting, kamu dapat menemukan fitur Hang up After Connection (ketika memblokir panggilan, sambungan line akan sekali terhubung kemudian terputus), Export (menyimpan daftar nomor yang di blok kedalam memory card), Import (memasukan daftar nomor yang di blok dari memory card kedalam aplikasi ini).
 
 
Black List
Aplikasi ini untuk di iPhone, fungsinya serupa dengan aplikasi Call Filter yang diatas.
 
Calls Blocker
Aplikasi filter panggilan telpon masuk ini diperuntukan untuk Blackberry. Pada aplikasi ini kamu juga dapat men-setting untuk mem-blokir panggilan masuk setelah beberapa detik berjalan.
 

Boot Time Comparison: Onyx vs Nexus One vs iPhone 3GS

Saat ini ketiga handphone Blackberry Onyx, Nexus One dan Apple iPhone 3GS adalah handphone popular dimasyarakat. Apakah kamu pernah membayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan handphone-handphone tersebut. Mulai dari menekan tombol sampai menyala dan siap digunakan handphonenya. Ketiga handphone tersebut sama-sama memiliki sistem operasi (OS) produksi mereka sendiri masing-masing.
Pada handphone Blackberry Onyx tidak terdapat tombol untuk menyalakan handphone, disaat batere sudah terpasang disaat itu perangkat langsung mulai proses untuk menyala. Untuk Nexus One dan iPhone 3GS masing-masing memiliki tombol untuk menyalakan/mematikan perangkat. Sekarang mari kita simak dari ketiga handphone tersebut, siapa yang memiliki sistem operasi lebih cepat untuk menyalakan handphonenya dan yang mana yang membutuhkan waktu yang paling lama.
     
   
Hasilnya adalah:
1. iPhone: 33.73 detik
2. Nexus One: 39.41 detik
3. Onyx: 3 menit 18.2 detik
Jadi kamu ingin memiliki handphone yang tercepat atau yang paling lambat?
Boot Time OS Windows Mobile 6.5 membutuhkan waktu 39.80 detik, baca artikelnya Disini.

OS Blackberry 6.0 Segera Hadir

Perubahan barunya adalah untuk aplikasi browser web memiliki tampilan (interface) baru, terutama pada bagian favorit dan tab switching. Browser baru ini berbasis WebKit dan akan mendukung zoom yang mencubit. Fitur pemutar musik banyak mengalami perubahan, tampilan-tampilan album disuguhkan dengan grafis yang leih baik.
Lalu bila kamu melakukan pijitan secara lama pada gambar atau video kamu akan melihat tampilan pilihan untuk pengiriman seperti mengirim SMS, email dan lain sebagainya. Aplikasi galeri juga berpempilan baru dan menarik. Kemudian homescreen dapat diatur penampilannya, di mana kamu dapat menempatkan cara shortcut aplikasi pada setiap halaman (bisa sampai 6 halaman) dan dapat disapu oleh jari kita untuk menggesernya. Mirip iPhone kah?
Sistem Operasi Blackberry 6.0 ini diharapkan akan diumumkan pada BlackBerry WES 2010 di Florida pada akhir April 2010. BGR berhasil memperoleh beberapa screenshot.

Source: www.boygeniusreport.com/2010/04/20/blackberry-os-6-0-screenshots-details/

Memilih Ponsel Blackberry Bagi Pemula (Onyx vs Gemini)

Artikel ini khusus diperuntukan bagi kamu yang belum pernah menyentuh/memiliki ponsel Blackberry dan ingin membelinya serta menggunakannya. Mungkin kamu latah atau ingin menggunakan ponsel Blackberry karena layanan online-nya. Sebab dengan ponsel Blackberry + Layanan BIS (Blackberry Internet Service) maka kamu bisa online terus menerus, messenger (yahoo/gtalk) kamu bisa nyala terus, kamu bisa pantau Facebook setiap saat dan layanan Push Mail yang membuat kamu dapat menerima/mengirim email dengan cepat.
Berbicara soal jaringan GSM dan produk Blackberry yang anyar (terbaru saat ini awal tahun 2010), maka pilihan baik bagi pemula adalah Blackberry Onyx dan Blackberry Gemini. Secara kelas antara Onyx dan Gemini memang berbeda, kelas Onyx diatas Gemini, bila kamu tidak masalah dengan dana kamu bisa ambil Onyx. Tapi masalahnya adalah bukan soal dana atau tidak, buat apa kamu membeli sesuatu yang mahal padahal sebenarnya kamu tidak memerlukan semua fiturnya.
Perbedaan fitur dan kualitas antara Blackberry Onyx dan Blackberry Gemini sebenarnya cukup banyak, namun kita coba bedakan perbedaan fitur yang paling mendasar dari keduanya. Mari kita lihat fitur yang ada di Onyx tapi tidak ada di Gemini, yaitu:
- Fitur untuk jaringan 3G
- LED Flash dan auto focus pada kamera
- GPS

Koneksi jaringan 3G sangat diperlukan bila kamu ingin sering buka website atau gemar melakukan download-download file, dengan koneksi 3G maka proses transfer data menjadi lebih cepat, bila kamu hanya ingin menggunakan Blackberry sebagat saranan chatting saja maka koneksi 3G tidak wajib digunakan. Lalu dengan adanya lampu blits dan auto fokus pada camera maka hasil yang didapat cukup terang dan jelas, bila hal ini benar-benar kamu butuhkan maka fitur LED Flash dan Auto Focus harus benar-benar ada pada Blackberry kamu. Kemudian apakah kamu memerlukan fitur untuk mengetahui letak dimana posisi mu dan posisi temanmu berada? bila perlu, maka fitur GPS diperlukan.


Menurut penulis, bagi pemula ataupun pro (mahir) terkadang tidak terlalu membutuhakn fitur-fitur tersebut, mungkin fitur-fitur tersebut sudah didapat melalui dari perangkat/layanan lainnya. Maka kamu bisa memilih Blackberry Gemini. Namun bedahal nya bila kamu menginginkan dan mementingkan kualitas seperti bahan materialnya, rasa pijitian keypadnya, dsb nya maka tidak salah kamu memilih Blackberry Onyx. Semua kembali kepada kebutuhan dan selera masing-masing.
Bagaimana dengan Blackberry Odin (Storm 2)? untuk sementara lupakan produk ini terutama bagi pemula yang ingin menggunakan Blackberry, sebab teknologi layar sentuhnya tidak mudah untuk digunakan bagi banyak orang (khususnya yang masih awam), tidak banyak yang menyukainya

No comments:

Post a Comment