Tuesday, December 14, 2010

Menghemat Baterai Ponsel Pintar

MEMBANDINGKAN baterai pada ponsel standar dengan ponsel pintar memang tak lazim. Sebab, baterai pada ponsel standar bisa bertahan tiga hari jika dicharge penuh, sedangkan pada ponsel pintar atau smartphone harus diisi setiap 24 jam bahkan lebih sering.
Penggunaan baterai lithium-ion pada laptop atau smartphone, secara teknologi bisa ditingkatkan untuk mendapatkan daya tahan yang lebih lama dengan cara sebagai berikut:

Pilihan Jaringan
Umumnya ponsel CDMA butuh energi lebih banyak dari pada ponsel GSM. Jika baterai pada ponsel CDMA Anda cepat habis, boleh saja Anda pertimbangkan untuk mengganti dengan ponsel GSM. Na­mun, hal ini bisa saja bertentangan dengan kepentingan Anda yang membutuhkan ponsel CDMA untuk melakukan komuni­kasi lokal.

Redupkan layar
Layar yang terang membutuhkan energi dari baterai yang tinggi. Maka, turunkan tingkat daya terang pada layar LCD ponsel Anda. Gunakan perangkat peredupan oto­matis yang bisa mendeteksi tingkat cahaya dalam satu ruangan jika ponsel dilengkapi dengan fitur itu. Begitu juga saat memutar musik, Anda bisa merendahkan volumenya agar baterai bisa lebih tahan lama.

Kontrol Wi-Fi
Matikan aplikasi Wi-Fi atau Bluetooth jika berada di luar wilayah hot spot. Dengan terus mengaktifkan Wi-Fi atau Bluetooth, ponsel akan terus menggunakan energi baterai untuk mencari sambungan Wi-Fi atau Bluetooth. Jadi, atur ponsel pada mode sleep ketika Wi-Fi dan Bluetooth sedang tak Anda gunakan. Pada iPhone, Anda bisa mengaturnya lewat fitur’setting. Pada BlackBerry gunakan Manage Con­nections.

Periksa Kondisi Sinyal
Di lokasi yang sinyalnya lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal SIM card. Maka akan lebih banyak energi habis terpakai. Jika berada di lokasi seperti itu, matikan aplikasi 3G. Gunakan jaringan EDGE yang membuat akses inter­net lebih lambat tapi tak akan memenga­ruhi kualitas panggilan.

Cek Email
Matikan mengecek email secara otoma­tis, juga matikan pengaturan push email ketika ada email masuk. Keduanya sangat boros energi. Dengan mengecek email se­cara manual, baterai ponsel pintar Anda akan lebih tahan lama.

Nonaktifkan Animasi
Semakin panas ponsel pintar Anda, maka semakin banyak energi yang terpakai. Salah satu penyedot energi paling bo­ros adalah animasi Flash. Yakni teknologi canggih di balik banyaknya video online dan iklan animasi. Untuk menjaga daya tahan baterai, nonaktifkan fasilitas Flash pada ponsel pintar Anda

No comments:

Post a Comment