Tuesday, December 28, 2010

Tips Hemat Baterai

Bagi yang memiliki kebiasaan berjam-jam dengan ponsel, tentu yang menjadi musuh utama tak lain adalah habis baterai alias ngedrop.

Kalau sudah ngedrop, apa boleh buat. Pastinya, mesti menunggu berjam-jam lagi untuk mengisi ulang. Relakan kenikmatan dan kenyamanan Anda terpotong untuk beberapa jam. Terlebih lagi jika  daya baterai habis di saat penting atau di dalam perjalanan, kesal hati dibuatnya. 

Dan tahukah Anda, ternyata seringkali baterai habis bukan lantaran kerap dipake menelepon. Melainkan, ada beberapa fitur dan layanan di ponsel yang turut serta memakan daya baterai ponsel Anda.

Nah¸untuk menghindari ihwal membosankan sepert itu, berikut ini ada sejumlah cara untuk menhindari dan mengurangi penggunaaan baterai di ponsel Anda. Berikut uraiannya:

Redupkan lampu layar
Ada baiknya redupkan lampu layar ponsel jika berada dalam ruangan yang gelap ataupun redup. Cara ini akan cukup membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang diserap oleh lampu tersebut. Lagipula, keberadaan lampu layar di ruangan minim cahaya tidak terlalu krusial. Pasalnya, lampu utama dalam ponsel cukup mampu mensupport cahaya yang dibutuhkan ponsel.  
Kurangi volumeLagi tanggung mendengarkan musik dari radio, mp3 ataupun video, supaya tak boros baterai pelankan volumenya. Tentunya, baterai akan lebih hemat lagi jika multimedia tadi dimatikan.
Cek Email Manual Di kebanyakan ponsel pintar user dimanjakan dengan layanan push email. Tapi tahukah Anda, jika layanan tersebut ternyata menyedot energi. Nah, pilih mana ponsel pintar Anda jadi ‘mayat’ lantaran habis baterai, atau ponsel Anda tetap prima, meskipun Anda harus cek email secara manual.  
Ups, jangan lupa matikan jaringan nirkabel
Cek ponsel Anda, apakah jaringan nirkabel aktif atau tidak. Jika memang aktif, segera matikan. Seringkali kita lupa menon-aktifkan Bluetooth ataupun Wi-Fi. Pengkatifan jaringan nirkabel akan menyedot energi baterai.
Cek BateraiBagi para pengguna ponsel pintar, cara ini bisa dilakukan dengan memasang aplikasi indikator energi baterai. Terdapat beberapa aplikasi yang menginformasikan kondisi daya baterai ponsel Anda.

Misalnya saja, pengguna iPhone bisa memakai aplikasi Battery Go and myBatteryLife. Kedua aplikasi ini menginformasikan berapa energi baterai yang tersisa dan memprediksikan berapa menitkah ponsel Anda mampu disedot untuk telephon, memutar musik, videoa atapun online.
Pun demikian dengan penggemar BlackBerry. Aplikasi NB BattStat bisa dipasang agar bisa membantu Anda mengetahui berapa lama baterai mampu bertahan dan sejauh mana temperatur panasnya. Semoga bermanfaat

Apple Targetkan 21 Juta Unit iPhone 4 Dikapalkan pada Kuartal Pertama 2011


Bicara mengenai iPhone 4 seakan tidak ada habisnya. Memang sih, dari peluncuran hingga sekarang ini berita seputar ponsel pintar keluaran Apple ini selalu saja menyita perhatian. Sebut lah dulu, dimana masa penetrasi pasar smartphone ini terkendala permasalahan seputar sensor penerima sinyal. Namun, perlahan tapi pasti iPhone 4 terbukti telah diterima pasar, yang dibuktikan dengan naiknya angka penjualan produk ini.
Berdasarkan laporan dari pemasok komponen di Taiwan, yang dirilis Digitimes menyebutkan bahwa untuk kuartal pertama 2011 Apple telah menaikkan target pengiriman iPhone 4, dari angka 19 juta unit menjadi 20-21 juta unit.
Peningkatan target pengiriman iPhone 4 oleh perusahaan asal Amrik tersebut  disinyalir berawal dari ikut meningkatnya perkiraan pengiriman iPhone versi WCDMA, dimana dari 13 juta unit menjadi 14-15 juta unit. Adapun sisanya, 5-6 juta unit untuk ponsel iPhone 4 versi CDMA.
Terkait melonjaknya target penjualan iPhone 4 versi CDMA bukan tanpa alasan, mengingat beredar kabar bahwa ponsel ini bakal menggandeng operator China Mobile, yang memiliki pelanggan sekitar 75 juta orang.
Alhasil dengan asumsi sekitar 10 persen pelanggan menginginkan ponsel ini, maka target yang dicanangkan Apple tersebut tentunya suatu hal yang tepat.

Banderol Retail Nokia X2-01 Rp 899.000,-


Nokia memang dijadwalkan melepas ponsel QWERTY termurahnya X2-01 pada akhir Desember ini. Dan, pada hari Minggu (26/12/2010) secara serentak di 10 kota, dilakukan penjualan perdana dari ponsel ini. Dalam ajang bertema Nokia Fun to the Max ini, selama satu hari Nokia X2-01 dijual dengan harga spesial Rp 699.000,- di Depok, Bekasi, Pontianak, Banjarmasin, Sukabumi, Cirebon, Solo, Malang, Palembang dan Makassar. Setelah tanggal 26 Desember, Nokia X2-01 bisa didapatkan di ritel resmi Nokia  dengan harga Rp 899.000.
Tak beda dengan misi Nokia lewat produk pendahulunya Nokia C3, lewat model X2-01 pabrikan asal Finlandia ini mencoba menawarkan cara mudah bagi pengguna untuk dapat terus eksis di media sosial network. Pengguna dapat terus mendapatkan update secara langsung dari berbagai jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter langsung dari layar utama.


Pada acara penjualan khusus X2-01 tersebut, pengunjung berkesempatan mencoba produk terbaru Nokia X2-01 serta layanan Ovi yang dihadirkan di dalamnya. Pengunjung pun dapat ikut dalam keseruan penjualan khusus Nokia X2-01 melalui serangkaian games dan doorprize yang telah disediakan di masing-masing lokasi penjualan. Penjualan Nokia X2-01 harga khusus ini tersedia jumlah terbatas, namun bagi konsumen yang kehabisan tetap dapat membeli Nokia X2-01 dengan harga normal dan berkesempatan untuk mendapatkan satu buah memory card miniSD dengan kapasitas 4GB.

Nokia X2-01 merupakan ponsel 2G berplatform Series 40, dengan kamera VGA dan radio FM. Dilengkapi dengan akses langsung ke pemutar musik dan memiliki konektor AV berukuran 3.5mm yang ideal untuk headphone dan speaker. Perangkat ini juga dilengkapi Bluetooth dan mendukung memory card microSD hingga kapasitas 8GB. Nokia X2-01 tersedia dalam berbagai pilihan warna yang seru seperti red, white silver, dan deep grey.

Bila melihat peta persaingan pasar, tampaknya ponsel branded kian berusaha ‘memojokkan’ ponsel lokal, dimana hadir dengan banderol harga yang semakin murah. Bila hal ini terus berlanjut bukan tidak mungkin ‘pesona’ ponsel lokal akan tergerus dan hilang.

Namun, bila melihat banderol harga retail yang ditawarkan Nokia X2-01, tampaknya produk ini wajib untuk berjuang keras mengingat para rivalnya sudah tampil dengan harga lebih murah. Plus fitur-fitur lebih perkasa. Tapi, dengan nama besar Nokia aroma kesuksesan layaknya tipe C3 pun rasanya bukan tidak mungkin didapatkan.

ASUS Perkenalkan O!Play Mini, Anggota Baru dari O!Play Media Player

Asus meluncurkan O!Play Mini, yakni anggota terbaru dari varian O!Play Media Player besutannya. Tidak seperti pendahulunya O!Play HD2 stablemate, pada O!Play Mini ternyata port USB 3.0 justru tidak tampak dalam spesifikasi yang dibawanya. Meski begitu, kemampuannya sebagai pemutar video berkualitas handal (1080p) tetap melekat pada perangkat kecil nan mumpuni  ini.
Secara umum O!Play Mini hadir dengan berbekal port USB 2.0, slot kartu SD/MMC/MS /XD, serta port HDMI 1.3. Pada sisi audio telah disokong teknologi Dolby Digital AC3, DTS 2.0+, True HD dan DTS-HD. Dan, sebagai pelengkap ditambahkan port RCA untuk si O!Play Mini ini.
Sebagai perangkat pemutar musik dan video, O!Play Mini terbilang bisa diandalkan. Piranti ini mendukung beragam format file seperti MP4, MOV, XVID, AVI, ASF, WMV dan MKV. Bahkan, hingga dukungan audio dengan format file FLAC.
Menurut informasi yang dikutip PULSAonline via akihabara, O!Play Mini besutan Asus ini akan mulai digelontorkan ke pasaran pada kuartal pertama tahun 2011, dengan banderol kisaran 90 dollar (Rp 830 ribuan).

XWave, Bisa Pantau Kinerja Otak di Layar iPhone


Apa yang terbayang dipikiran Anda jika visualisasi otak Anda tertampil di layar iPhone? Dan, itulah yang ditawarkan oleh XWave, sebuah alat layaknya headset yang dipasang di kepala, yang nantinya diklaim dapat membaca ‘pikiran’ otak Anda.
Pengguna alat ini bisa melihat hasil pikirannya berupa gelombang- gelombang grafis di aplikasi XWave iPhone, dimana bakal memperlihatkan bola grafis yang naik turun dengan memfokuskan pikiran.

XWave berlapis material plastik, dengan klip penjepit di sekitar telinga plus sensor ‘pikiran’ yang posisinya menempel di dahi pengguna. Alat ini pun dilengkapi Flip switch, yang terhubung dengan jack headphone iPhone. Nah, setelah semuanya tersambung pengguna bisa memulai ‘permainan’ ini.




Prinsip kerja alat ini terbilang tak rumit. Headband (bagian seperti headset) tersambung melalui aplikasi XWave. Lalu mulai menerima sinyal, yakni aplikasi akan mulai mengukur berbagai gelombang di otak. Dengan mengontrol kondisi pikiran Anda maka bakal memperlihatkan perubahan grafik di layar iPhone.

Memang sih alat ini tak sepenuhnya menyajikan data yang akurat. Namun, setidaknya kita bisa tahu bahwa memang ada ‘hal menarik’ terjadi di otak kita. Malahan, bisa dibilang alat ini tak sebagai alat yang ilmiah. Hanya saja, menurut produsennya (PLX Device) sepertinya akan sangat menyenangkan jika XWave dapat dinikmati olah para pelanggan.





Sebagai informasi, aplikasi iPhone ini belum lah sempurna. Sebagai contoh para pengguna tidak dapat menyimpan grafis kerja dari otak miliknya. Namun, menariknya aplikasi XWave ini bisa didapatkan gratis, cuma untuk menebus alatnya harus merogoh kocek sekitar 100 dollar AS (Rp 910 ribu-an).
Compatible Devices: iPhone, iPod Touch, iPad
Recommended App: XWave
Battery: 1 AAA Battery (Not Included)
Power Consumption: 0.1 Watt
Technology: NeuroSky eSense Dry Sensor (Patented)
Certifications: CE
Ages: All Ages
Construction: High Grade Plastic

Saturday, December 25, 2010

BenQ’s Latest Camcorder Doubles as Projector

Pico projectors have become an important image-sharing device both for home and office use. BenQ’s latest mini-projector, the BenQ DV S11, also works as a 1080p camcorder that, sadly, does not have a zoom function despite its 5-megapixel capability.
Not much is known about the specs of its projector, except for a statement that it can “push a 50-inch picture out of its hold.” Presumably, it would work on a completely light-free environment. Other features include a 3.5-inch touchscreen, 10 shooting modes, HDMI output, and AV output.

Buffalo DT-F200-U2W USB Digital TV Tuner

Digital TV tuners have become quite common now that more and more people use their laptops and notebooks to even watch TV. In Japan, these digital TV tuners are even becoming more advanced even as they become smaller. One example is this new Buffalo DT-F200-U2W USB Digital TV Tuner that would work well for you if you watch your favorite TV programs on your laptop.
The Buffalo DT-F200-U2W USB Digital TV Tuner features a twin antenna design that is connected to two processors. This allows this USB Terrestrial Digital TV tuner to provide a more enhanced TV reception as well as enable the TV tuner record two different TV programs at the same time on your PC or laptop. The Buffalo DT-F200-U2W USB Digital TV Tuner is expected to be available in Japan by mid-December and may cost around 16,800 Japanese Yen or around US$200.
Image Source: Buffalo

Hand Paper Shredder

There are instances where you would want to get rid of sensitive documents that you don’t want in the hands of other people. Just simply throwing them in a trash can won’t be safe at all. Having a paper shredder can be a wonderful device to have in such cases. But having a Hand Paper Shredder may even be a better option most of the time.
This Hand Paper Shredder can help you get rid of your paper trash that turns out to also be sensitive documents. It is a manually powered paper shredder that can conveniently shred receipts, bills, and even those sensitive photos. All you need to do is insert a document into the device and a twist of the wrists can them beyond recognition of what data they may contain. It does not need any batteries or power to use and is quite handy to bring along in your bag. The Hand Paper Shredder is available at ThinkGeek for US$24.
Image Source: ThinkGeek

Kingston DataTraveler Mini Fun G2 USB Drive

Portable USB drives have become a preferred way of storing digital files that you wish to bring along anywhere you go. But most of the USB drives available today seem to follow a generic design that makes them quite common and without that touch of uniqueness. The same can’t be said with the new DataTraveler Mini Fun G2 USB Drive from Kingston.
The Kingston DataTraveler Mini Fun G2, does not look like your usual USB drive. They are designed with bright and fun colors for its rugged silicon rubber housing. Each USB drive is color coded according to storage capacity and can be snapped together to create original shapes. They are available in 2GB (light/dark green), 4GB (light/dark blue) and 8GB (black/red) versions. You can check them out at Kingston although no pricing information is yet available for it from its authorized resellers.
Image Source: Kingston

Friday, December 24, 2010

Acer beTouch E140: Smartphone Froyo Mungil Nan Komplit

Pertama kali muncul beberapa minggu lalu, kini Acer beTouch E140 akhirnya resmi diumumkan oleh Acer. Seperti yang diharapkan sebelumnya, Acer beTouch E140 akan digelontorkan dan bersaing di pasar ponsel pintar berbekal sistem operasi Android 2.2 a.k.a Froyo.
Spesifikasi lain yang ikut dibawa oleh ponsel pintar anyar Acer ini, di antaranya layar sentuh resistive 2.8 inchi dengan resolusi OVGA, kamera 3.2 MP, dan prosesor 600 MHz. Tak hanya itu, ponsel yang terjun untuk segmen menengah ini juga memiliki fitur konektivitas yang cukup memadai dengan sokongan HSPA, Wi-Fi, Bluetooth, dan fitur penting lainnya seperti GPS.
Menariknya lagi, untuk memanjakan para penggunanya nanti pada Acer beTouch E140 telah dibenamkan berbagai aplikasi pelengkap, seperti Acer Spinlets streaming yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik dari label rekaman dan memostingnya secara instan pada jejaring sosial favorit pengguna. Ada juga aplikasi nemoPlayer yang akan memberikan banyak kesenangan bagi penggunanya dengan konten multimedia. Tak cukup sampai di situ, bagi pengguna yang ingin tampil beda di jejaring sosial favoritnya, dapat menambahkan profilnya dengan sebuah ‘virtual you’ melalui aplikasi Acer UrFooz yang juga tersedia pada Acer beTouch E140.   
Menurut kabar terakhir yang diterima PULSAonline Acer beTouch E140 akan dilego ke pasaran dengan banderol 200 euro (2,4 jutaan). Namun sayang, kapan ponsel terbaru Acer ini akan tersedia masih menjadi misteri. Untuk itu kita tunggu saja kabar selanjutnya.
Spesifikasi:Quad Band GSM & Dual HSDPA; OS Android 2.2 (Froyo); Prosesor Qualcomm MSM 7227 600 MHz; Memori internal 512 MB ROM, 256 MB RAM;  Layar  TFT resistive touchscreen, 240 x 320 pixels, 2.8 inchi, 256K colors; Accelerometer sensor for auto-rotate, touch-sensitive control panel; kamera 3.15 MP, 2048x1536 pixels, Video, FM Radio; SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM; GPRS, EDGE, HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA; polifonik (MP3); GPS (A-GPS), Java, Wi-Fi 802.11 b/g/n; jack audio 3.5 mm, Bluetooth v2.1 (A2DP); Digital compass,Social networking integration, Player MP3/WAV/WMA/eAAC+, Player MP4/WMV/H.264/H.263,Organizer,Voice memo, Predictive text input; port microUSB v2.0, port microSD up to 32GB,; baterai Li-Ion 1300 mA

LG optimus 2X (Star), dengan Prosesor Dual-Core NVidia Tegra 2

Kehadiran smartphone LG Optimus 2X a.k.a Star bisa dibilang cukup sensasional. Selain sebagai smartphone dengan prosesor dual-core Tegra 2 pertama di dunia, pengumuman resmi tentang kehadirannya pun terbilang cukup cepat. Tak ayal beberapa spesifikasi yang akan dibawa ponsel ini pun telah banyak menghiasi kabar di dunia maya.

LG Optimus 2X akan menjalankan sistem operasi Android Froyo (v2.2), dengan dukungan spesifikasi apik lainnya seperti  prosesor 1GHz NVidia Tegra2, layar sentuh berukuran 4 inci berbasis WVGA (480x800 piksel), memori internal 8 GB, slot kartu microSD), kamera belakang 8 MP dan kamera depan 1,3 MP.
Di ponsel ini pun tersedia port HDMI, yang bisa disambungkan dengan ke TV untuk memutar video berkualitas HD 1080p hasil rekaman kamera utamanya.  Sebagai informasi, dengan kehadiran prosesor dual core garapan NVidia tersebut maka akan banyak kelebihan yang didapatkan. Baik dari sisi kecepatan, tampilan grafis hingga konsumsi daya yang dibutuhkan, dimana tak 'sehaus' versi core tunggal. Bahkan, dari sebuah uji benchmark yang PULSAonline kutip dari engadget, diperoleh hasil bahwa kinerja prosesor LG Optimus 2X ini jauh melebihi Samsung Galaxy S, Moto Droid X, HTC Evo dan Nexus One.
 

Sistem operasi Android di LG Optimus 2X ini kedepannya bakal bisa diupgrade ke Gingerbread  (Android v2.3). Rencananya ponsel LG ini akan mulai di pasarkan di Korea Selatan bulan depan, dengan nama LG SU660. Dan, nantinya bakal menyusul ke pasar Asia dan Eropa setelahnya, belum ada informasi pasti. Untuk ketersediaan upgrade Gingerbread pun belum ada jadwal yang jelas hingga saat ini.
Spesifikasi: Quad Band GSM & HSDPA; OS Android 2.2 (Froyo); Prosesor ARM Cortex A9 1GHz dual-core; Memori internal 8 GB;  Layar  TFT capacitive touchscreen, 480 x 800 pixels, 4.0 inchi, 16 juta warna; Accelerometer sensor for UI auto-rotate;Proximity sensor for auto turn-off; Gyro sensor; Touch-sensitive controls; kamera utama 8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash; kamera sekunder 1.3 MP; Video 1080p;SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM; GPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA; polifonik (MP3); GPS (A-GPS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA; jack audio 3.5 mm, Bluetooth v2.1 (A2DP); Social networking integration,TV-out (720p video) via port HDMI, Google Search, Maps, Gmail,Digital compass,YouTube, Google Talk,Player MP4/H.264/H.263/WMV, Player MP3/WAV/WMA/eAAC+,Document viewer, Organizer, Voice memo/dial/commands, Predictive text input; port microUSB v2.0, port microSD up to 32GB,; baterai Li-Ion 1500 mAh

LG A155, Calon Dual SIM card Murah


Kesuksesan ponsel dual SIM card di pasar dunia, khususnya dari pabrikan non global, tercatat mengilhami banyak vendor untuk memproduksi hal serupa. Memang, bagi sebagian pabrikan ponsel hal tersebut bukanlah terobosan baru mengingat beberapa waktu sebelumnya mereka sudah pernah menggelontorkan ponsel jenis tersebut.


Contoh paling nyata yakni kepopularan ponsel lokal asal Cina di bursa ponsel tanah air, yang terbilang mampu membuka celah pasar sendiri bagi para penikmat teknologi selular yang suka akan 'kepraktisan', dimana para pengguna tersebut mendamba sebuah ponsel dengan dua slot SIM card, khususnya GSM.

Nah, salah satu vendor terkemuka yang tertarik segmen ini yakni LG Electronics. Memang beberapa waktu lalu pabrikan asal Korea Selatan ini sudah memperkenalkan ponsel dual SIM GSM seperti GX200 dan GX300. Kini, LG tampaknya ingin mencoba mengakomodasi segmen bawah, dengan ponsel A155.



Ya, bila dilihat disainnya terbilang sederhana. Bahkan, banderol harganya pun diperkirakan sangat terjangkau/miring, dimana fitur-fitur yang akan dijejalkan kedalamnya tercatat lebih sederhana dibanding seri-seri terdahulu yang sudah lebih dulu diperkenalkan.

LG A155 tanpa diperkuat kamera digital. Di sini hanya ada slot kartu microSD, yang akan semaksimal mungkin mendukung aksi pemutar musiknya, meski sekadar 'kuat' hingga level 2GB saja. Ada pula Bluetooth A2DP, yang bisa dipakai akses menikmati lagu secara lebih 'advance'.

Uniknya, seperti halnya ponsel dual SIM card sebelumnya, A155 tampil dengan kemampuan dual on dan dual standby. Jadi, tak seperti mayoritas ponsel lokal asal Cina yang sebatas single standby. Dan tampaknya, bila melihat sisi bodi kanannya terlihat adanya tombol 'switch' untuk akses perpindahan kartu utama.

Fasilitas Bluetooth, kanal akses internet via GPRS/EDGE pun tersedia di LG A155. Bahkan, ponsel ini mendukung teknologi java, yang berarti ponsel ini bisa ditambahi aplikasi atau game berbasis java.

Seperti yang sudah diungkapkan di muka, untuk harga LG A155 ini belum ada 'bocorannya'. Hanya saja dipastikan akan murah.

Spesifikasi
Quad Band GSM-GSM; layar TFT warna, 144x176 piksel, 2 inci; sms; GPRS, EDGE, WAP 2.0/xHTML, HTML; memori 1MB, slot microSD card (up to 2GB); dual SIM card GSM & dual on, polifonik (MP3), java MIDP 2.0, player MP3/AAC+, organiser, voice memo, radio FM, games, speakerphone, Bluetooth v2.0 (A2DP), port microUSB v2.0; baterai Li-Ion 900 mAh

iPad Bluetooth Keyboard, Sleeve Case Plus Keyboard Alfanumerik

Sebagai tablet PC, iPad memang terbilang menarik dan elegan. Tak ayal tablet besutan Apple ini banyak digemari para penikmat gadget di dunia. Memang sih, sebagai pengganti laptop iPad memang dirasa cukup praktis untuk dibawa ke manapun. Bahkan, iPad tercatat mampu mengangkat nilai gengsi tersendiri bagi penggunanya.
 

Namun, sebagai perangkat yang mengandalkan fungsi sentuhan dalam banyak hal, tablet PC seperti iPad sepertinya kurang efisien pada waktu tertentu. Misalnya saat dibutuhkan sebagai perangkat untuk akses mengetik cepat. Imbasnya, pada kondisi inilah fungsi keyboard ‘fisik’ rasa-rasanya sangat diperlukan. Maklumlah, iPad sekadar memiliki keyboard virtual.
Nah, bagi pengguna yang sering terkendala masalah ‘ketik cepat’ ini, tampaknya kini ada solusi menarik. Adalah iPad Bluetooth Keyboard,  yakni sebuah keyboard untuk iPad yang menyatu dalam wujud casing. Jadi,gadget ini berwujud casing yang dilengkapi dengan keyboard, dimana papan alfanumerik tersebut nantinya bisa dipakai menjadi media input kala mengetik di iPad, lewat jalur koneksi Bluetooth.
Keyboard unik nan fungsional ini dilengkapi beragam fungsi  tombol yang memang diharapkan sesuai pada iPad. Seperti Home, Volume, Search, dan iPod Control. Ada pula tombol ‘Play’, yang bisa dipakai untuk mengontrol jalannya lagu pada sebuah playlist aktif.
Bagi peminat iPad Bluetooth Keyboard untuk iPad ini, telah tersedia di toko online thinkgeek dengan banderol sekitar 59,99 dollar AS atau Rp 550 ribuan.

Setting GPRS MATRIXS,XL,KartuHALO,SIMPATI,FLEXI

Profile Name : satelindo
Homepage URL : http://wap.matrix-centro.com
IP Address : 202.152.162.250:9200
Bearer : GPRS
User Name :
Password :
APN : satelindogprs.com

Activate GPRS : ACTGPRS ACT GPRS kirim ke 888
Call Center : (021) 5438 8888 atau 222 (dari handphone)

Setting GPRS simPATI (Telkomsel)
1. Menggunakan ponsel dengan fasilitas GPRS.
2. Masih memiliki pulsa minimum Rp. 500,- dibawah nilai tersebut Anda tidak dapat menggunakan layanan GPRS, MMS maupun SMS.
3. Mendaftar sebagai pelanggan GPRS, yang hanya dapat dilakukan melalui SMS.

Caranya :
- Ketik pesan SMS : GPRS [Nomor Kartu]
- Contoh : GPRS 6210009922069556
- Kirim ke : 6616

Catatan :
- Tarif pesan kirim SMS : Rp. 350 ,- / pesan.
- Nomor kartu merupakan nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) yang terdiri dari 16 (enam belas) digit nomor dan terdapat di belakang chip kartu simPATI Nusantara Anda.
- Isi pesan tidak tergantung pada huruf besar atau kecil (non case sensitive).
- Dalam pengetikan nomor kartu tidak boleh ada spasi.

4. Sistem akan memberikan pesan notifikasi SMS kepada Anda setelah beberapa waktu untuk memberitahukan bahwa permintaan aktivasi sedang diproses : “Your request for GPRS Setup already received. Please wait for max. 48 hours for succesfull activation notification message.”
5. Pemrosesan aktivasi membutuhkan waktu maksimum 48 jam.
6. Setelah proses aktivasi sukses dilakukan, sistem akan memberitahukan kepada Anda melalui SMS dari 6616 : “Welcome to GPRS Service! Your GPRS service has been activated. Please visit www.telkomsel.com for more information”
7. Melakukan setting pada terminal komunikasi yang digunakan dengan parameter-parameter seperti berikut :

• Connection Name : APN Telkomsel
• Data Bearer : GPRS
• Access Point Name : telkomsel
• Username : wap
• Prompt Password : No
• Password : wap123
• Authentication : Normal
• Homepage : http://wap.telkomsel.com
• WAP Gateway IP Address : 10.1.89.130
• Port : 9201 (standard), 8000 (proxy)

8. Berada di wilayah layanan GPRS.
9. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda telah terdaftar pada www.telkomsel.com.
10. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda melakukan setting handset untuk menggunakan Access Point Name (APN) telkomsel.

Setting GPRS kartuHALO (Telkomsel)

1. Menggunakan ponsel dengan fasilitas GPRS.

2. Mendaftar sebagai pelanggan GPRS, pendaftaran dapat dilakukan di GraPARI atau hubungi Caroline di nomor 111, layanan bebas pulsa dari kartuHALO Anda, atau dapat dilakukan melalui SMS :

Caranya :
- Ketik pesan SMS : GPRS
- Contoh : GPRS
- Kirim ke : 6616

Catatan :
- Tarif pesan kirim SMS : Rp. 250 ,- / pesan.

3. Sistem akan memberikan pesan notifikasi SMS kepada Anda setelah beberapa waktu untuk memberitahukan bahwa permintaan aktivasi sedang diproses : “Your request for GPRS Setup already received. Please wait for max. 48 hours for succesfull activation notification message.”

4. Pemrosesan aktivasi membutuhkan waktu maksimum 48 jam.

5. Setelah proses aktivasi sukses dilakukan, sistem akan memberitahukan kepada Anda melalui SMS dari 6616 : “Welcome to GPRS Service! Your GPRS service has been activated. Please visit www.telkomsel.com for more information”

6. Melakukan setting pada terminal komunikasi yang digunakan dengan parameter-parameter seperti berikut :

• Connection Name : APN Telkomsel
• Data Bearer : GPRS
• Access Point Name : telkomsel
• Username : wap
• Prompt Password : No
• Password : wap123
• Authentication : Normal
• Homepage : http://wap.telkomsel.com
• WAP Gateway IP Address : 10.1.89.130
• Port : 9201 (standard), 8000 (proxy)

7. Berada di wilayah layanan GPRS.

8. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda telah terdaftar pada www.telkomsel.com.

9. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda melakukan setting handset untuk menggunakan Access Point Name (APN) telkomsel.

Setting GPRS XL

* Setting GPRS/MMS Secara Otomatis

Kirimkan SMS berikut ke 9667, hanya Rp. 350,- (sudah termasuk PPN untuk pengguna bebas dan belum termasuk PPN untuk pengguna Xplor).
o Untuk setting GPRS:
GPRS
o Untuk setting MMS:

MMS
Penulisan merk dan tipe ponsel (tidak case sensitive):

MERK

TIPE (pilih salah satu)

NOKIA atau NOK

3100, 3200, 3220, 3300, 3510, 3510i, 3520, 3530, 3560, 3650, 3660, 5100, 6100, 6108, 6200, 6220, 6225, 6230, 6340i, 6600, 7610, 6610, 6610i, 6650, 6800, 6810, 6820, 7200, 7210, 7250, 7600, 7650, 7700, 8910i, N-Gage, N-Gage QD, 9500

SONYERICSSON atau ERICSSON atau SE

T39m, T68, T68i, T230, T300, T310, T610, T630, P800, P900, P910, Z200, Z600, K700i, K500i, S700i

SIEMENS

S57, SL55, SX1, C62, S65, SL65, CX65

SAMSUNG

X100, X600, E700

Untuk aktivasi GPRS/MMS di sistem, hubungi Customer Service XL di 818 melalui nomor bebas/Xplor Anda (bebas pulsa) atau 021 57959818 melalui nomor lainnya (dikenakan tarif sesuai dengan yang berlaku).


* Setting GPRS/MMS Secara Manual

Setting Parameter GPRS :

o Connection name : XL GPRS
o Data bearer : GPRS
o Access point name : www.xlgprs.net
o User name : xlgprs
o Prompt Password : No
o Password : proxl
o Authentication : Normal
o Homepage : http://wap.lifeinhand.com
o Connection Security :- off
o Session mode : permanent
o Phone IP address : Automatic
o Primary name server : 0.0.0.0
o Secondary name server : 0.0.0.0
o WAP Gateway IP Address : 202.152.240.50
o Port : 9201 (standard), 8080 (proxy)

Setting GPRS IM3

* Setting GPRS Secara Otomatis

Kirim SMS ke 3939 dengan isi pesan :

GPRS [Merk HP] [Type HP]

Contoh :
- GPRS Nokia 7650
- GPRS Ericsson T68
- GPRS SE P800

* Setting GPRS Secara Manual

Setting Parameter GPRS :

o Connection name : M3-GPRS
o Access point name : www.indosat-m3.net
o User name : gprs
o Password : im3
o Authentication : Normal
o Homepage : http://wap.indosat-m3.net
o IP address : 010.019.019.019
o Port : 9201 (standard), 8080 (proxy)

dari http://www.studiohandphone.com/setting_gprs.php


FLEXI
Untuk Seluruh Terminal NOKIA

SETTING WAP GATEWAY

Ketik *#2769737#
• Server address > Server 1 > 10.177.7.7:8088
• Server address > Server 2 > 0.0.0.0:0000

SETTING URL
• Tekan tombol 0 agak lama atau Pilih menu Minibrowser
• Biasanya akan muncul error terlebih dahulu
• Pilih menu
• Pilih menu paling bawah advanced
• Pilih menu no. 1 setting
• Pilih menu no. 1 homepage
• Isi dengan http://wap.telkomflexi.com
• Simpan

Oh iya, ini untuk merubah nama operator pada NOKIA, coba aja ganti nama operatornya jadi namamu. Tapi ga bertahan lama, kalo komputer di restart lagi nama operatornya berubah. Untuk merubahnya kembali menjadi nama operator yang tadi cukup tekan: *#75681#

Untuk merubah Nama Operator :
Ketik "*3001#12345# tunggu sampai keluar menunya
pilih "nam1"
pilih "alpha tag"
masukkan kata yang anda inginkan untuk menggantikan nama operator
untuk menghilangkn nama operator cukup tekan spasi
restart ponsel dengan menekan *#75681#
maka nama operator kan berganti dengan nama pilihan anda.

Sunday, December 19, 2010

Ponsel Cina Shanzhai Unik Bisa Dilipat seperti Pisau Swiss Army

Produk Shanzhai dari Cina dipersalahkan karena kekurangan kreativitas tapi penjiplak, tapi kadang-kadang mereka ciptakan desain baru yang unik juga. Saya yakin Anda tidak pernah melihat ponsel yang ini di depan Anda.

Konon desain ponsel ini terinspirasi oleh pisau Swiss Army. Anda dapat mengeluarkan layar keluar dengan menekan salah satu tombol khusus di atas  keyboard yang memungkinkan layar muncul otomatis.Ada yang memberi sebutan hp ini dengan “shell phone” karena mungkin mirip kerang ya bisa menjulur keluar layarnya

iPhone 4G Baru Telah Tiba, Tapi Kloningan

4G tiba lagi di masyarakat Shanzhai. Wah ckckck, pemalsu Cina makin produktif dan berani aja. Produk baru ini merupakan kloning iPhone 4G yang bisa dikatakan persis seperti iPhone 4G asli yang pernah ditunjukkan oleh Gizmodo dan kloning lain GiPhone F98.
Kecuali memang kloningan ini tampaknya lebih tebal dan bagian tengah tampaknya terbuat dari plastik mengkilap bukannya alumunium pada iPhone 4G yang asli. Dalam hal fungsi, klon ini  memiliki WiFi, GPS  dan dilengkapi dengan antena untuk menikmati mobile TV (CMMB).
Menurut infonya, layar kembarang iphone 4g ini terbuat dari kaca anti-ledakan untuk alasan keamanan

Anda tidak pernah tahu, jiplakan ini begitu mirip sehingga ada kemungkinan meledak hehe
Bahkan kloningan ini lebih canggih ne, bisa buat nonton TV juga dan dilengkapi antene:


iPhone Mini 4G Asli Banget Dari China

Wah emang iPhone 4G bakal jadi produk hot, karena  Shanzhai Community setelah mengkloning iPhone 4G, kali ini meluncurkan produk mini-4G iPhone dengan warna putih. Jadi sepertinya bisa disimpulkan mereka memang ingin memiliki iPhone 4G tapi dengan rasa asli “China”.


Seperti yang dapat Anda lihat dari gambar berikut, perangkat ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan iPhone. Untuk saat ini, kita hanya tahu bahwa ponsel mini iphone 4G ini mendukung Java dan Mobile TV, sayang sekali bahwa OS Applenya belum bisa diclone, harga ponsel ini juga belum diketahui.


Tapi bagaimanapun, hp ini cukup imut juga bukan?

Ponsel Android Termurah di Dunia yaitu IHKC X1 dari Cina

Tidak hanya HTC yang bisa menggelontorkan produk ponsel Android, tapi produsen elektronik China iHKC baru saja meluncurkan apa yang tampaknya menjadi smartphone termurah yang menjalankan OS Android, karena hanya memakan biaya hanya 1.000 yuan atau sekitar 150 dolar dan dirupiahkan harga menjadi 1.35 jutaan saja .


Untuk harga tersebut, tentu wajar bila Anda akan mendapatkan spesifikasi ponsel sederhana dan menjalankan Android versi 1.5 lama .
Ponsel iHKC X1 diaktifkan oleh prosesor 528MHz dengan RAM 256MB dan ROM 256MB. Hp ini memiliki layar kecil 2,8 QVGA (320×240px), dukungan WiFi, Bluetooth 2.0, chip GPS, kamera 2 megapiksel dan baterai 1500mAh.
Tidak ada dukungan 3G pada harga ini, tapi sepertinya tidak untuk waktu lama, karena serangan smartphone biaya rendah berbasis Android baru saja dimulai di Cina.

Altek Leo Smartphone Android dengan Sensor Kamera Terbesar 14MP!

Hari-hari ini pecinta ponsel berkamera akan puas karena setelah Nokia N8 dengan kamera 12MP mulai dipasarkan, sekarang ada Altek yang mengumumkan bahwa smartphone mereka menawarkan 14MP zoom optik mereka  dengan sistem operasi Android akan dipasarkan di Eropa bahkan smartphone ini menawarkan video HD recording juga.


Altek Leo adalah smartphone pertama yang menawarkan kamera 14MP dengan 3x optical zoom dengan kemampuan merekam HD video. Ada juga xenon flash dan  video light LED, yang membuat handset ini suatu keharusan bagi semua orang berharap untuk meninggalkan digicam mereka di rumah hanya dengan membawa ponsel saja.
Spesifikasi Altek Leo lain juga terlihat sangat mengesankan. Handset ini hadir dengan layar multi-sentuh 3,2 inci WVGA dan berjalan Android 2.1 (Eclair). Konektivitas memiliki  Wi-Fi, Bluetooth dan GPS, serta berbagai transfer data jaringan pilihan (GSM / GPRS / EDGE dan 3G dengan HSPA). Built-in accelerometer, kompas digital slot kartu microSD menyelesaikan daftar spesifikasi tambahan Leo Altek. Leo Altek akan sampai di toko ritel Eropa di Q1 tahun 2011 tapi harga nya masih belum diketahui.

Keyboard & Mouse Terbuat dari BAMBU Asli

Perhatian, para pecinta alam dan khususnya Bambu. Berikut ini ada produk IT yang menarik yaitu keyboard   dan mouse combo  yang dibuat dari bambu yang bukan bambu sintesis atau menyerupai bambu tapi memang dari bambu alami. Keyboard QWERTY adalah keyboard standar dengan tombol bambu dengan huruf/abjad terukir dan memiliki empat tombol pintas memberikan akses mudah ke internet, e-mail, mute dan kalkulator.

Keyboard dan Mouse bambu ini menggunakan antarmuka USB.

Ponsel Ramah Lingkungan Terbuat dari Bambu?



Berikut ini adalah prototipe ponsel yang produsennya memiliki gagasan untuk menggantikan bodi yang biasa terbuat plastik dan menggantikannya dengan bambu. Memang, mungkin hanya sebagian pembaca yang tentunya tahu semua sifat-sifat kekuatan dan daya tahan bambu. Selain itu bambu memang tumbuh sangat cepat sehingga menjadi bahan ekologi yang sangat baik.



Model prototipe yang disajikan juga memiliki keyboard yang terbuat dari bambu dengan desain yang dikepang.
Keunikan dan inovasi lainnya, bodi bambu dan layar sedikit melengkung berkat penggunaan layar LED.
Ponsel ini masih mengalami modifikasi sedikit sebelum dipasarkan. (sumber)



Wednesday, December 15, 2010

Sony Ericsson Spiro Mendengarkan Musik sambil Berfacebook

PENETRASI pasar lewat ponsel walkman memang jurus pamungkasnya Sony Ericsson dengan fokus segmen ke kelas menengah. Setelah meluncurkan Zylo pada Kuartal II 2010 vendor ini juga merilis Spiro.

Rancangan desain keduanya memang memiliki kesamaan yaitu bentuk tanpa sudut (human curvature) yang kini sudah konsisten di dalam portofolio Sony Ericsson yang dirancang ergono­mis dalam genggaman tangan. Desain yang cantik ini membuat Spiro bisa up to date setiap saat. Keypadnya yang ergonomis yang membuat ponsel ini menjadi mu­dah digunakan.

Seperti halnya Zylo, Spiro juga mampu memutar lagu untuk menjadikan komunikasi menyenangkan. Aktivitas mendengar­kan musik ini juga bisa dilakukan ketika si pengguna mengak­ses Facebook dan Twitter, baik melakukan update hingga chatt. Dan, akses ke jejaring sosial bisa dilakukan hanya dengan satu sentuhan.

Kemampuan di fitur musik ini masih ditambah dengan adanya TrackID. Dengan fasilitas ini peng­guna bisa mencari nama artis dan track yang lagunya sedang didengarkan database internet. Pusat data TrackID terdiri lebih dari 129 juta data track dan artis. Hanya dengan menekan tombol, konsumen dapat mengakses se­cara instan TrackID. Dengan adanya pusat data ini, mereka yang menyukai lagu memiliki banyak pilihan.

Anda juga bisa memanfaatkan PlayNow seperti lazimnya ponsel Sony Ericsson lain. Fungsinya untuk belanja musik online. Peng­guna Spiro juga bisa melakukan sharing foto ke Flickr dan Picasa hingga upload video via Youtube.

Kelabui Lawan Bicara
Spiro juga bisa mengubah su­ara Anda dan melahirkan suara-suara tertentu bila Anda ingin mengecoh lawan bicara. Ketika ia menelepon Anda, seolah-olah bisa dikira seperti sedang beker­ja di ruangan terbuka, bahkan dalam restoran sekalipun (fake ambient sounds).
Sayangnya fitur kamera hanya 2 megapiksel dan membuat­nya sedikit tertinggal dengan ponsel-ponsel anyar di kelasnya. Bandingkan dengan kakaknya Zylo yang dibekali kamera 3,2 megapiksel. Selain itu Spiro hanya mendukung teknologi ja­ringan berbasis GPRS/EDGE. Ponsel slider ini didukung layar TFT berdiameter 2.2 inci dengan kedalaman 262 ribu warna, 240 x 320 piksel. Layar ini masih cukup memadai untuk menikmati foto, gambar atau video di ponsel.

Spiro juga dilengkapi 3,5 mm audio jack, bluetoth stereo, slot microSD yang bisa diekspan hingga 16GB. Hal ini untuk me­nutupi kelemahan memori inter­nalnya yang hanya 5MB. Bandingkan juga dengan Zylo yang punya memori internal 260MB. Barangkali untuk mereka yang suka koleksi lagu, dipersilakan menyimpan di memori eksternal.

Boleh jadi, Sony Ericsson Spiro ini disediakan buat pilihan kedua bagi konsumen yang ingin ponsel seperti Zylo tetapi dengan harga lebih murah. Ponsel yang akan dipasarkan pada Kuartal III 2010 dalam warna hitam, pink, dan hijau. Spiro bisa jadi alter­natif bagi pasar Indonesia yang terus menerus dibom ponsel qwerty.

LG GX500 Dual Sim Card ‘Rasa Ginseng’

VENDOR asal Korea, LG Mobile, merilis ponsel baru dengan fitur lazimnya ponsel China: Dual On. Dual on GSM yang tertanam pada LG GX500 seolah memberi aroma rasa ginseng pada ponsel layar sentuh berbobot 118 gram ini.

LG GX500 adalah produk baru LG yang rilis April 2010. Ponsel yang berjalan pada dual SIM GSM ini mampu memfasilitasi sekaligus memberi solusi bagi pengguna yang memiliki dua kartu GSM dan ingin diaktifkan bersamaan tanpa repot membawa dua ponsel.

Mengusung tampilan layar sentuh, ponsel berdimensi 108,9 x 53,4 x 12,9 mm dan berat 118 gram ini memiliki touchscreen WQVGA 3 inci, beresolusi 240 x 400 piksel. Bentuk candybar dengan ukuran layar cukup lebar yang juga dilengkapi accelerometer sensor, terlihat mendomina­si tampilan muka, tampak nyaman digunakan untuk fitur navigasi ponsel layar sentuh. Demikian pula dengan bentuknya yang er­gonomis dan tak terlalu besar.

Secara fisik LG GX500 mampu menampilkan kesan ponsel pintar. Namun, sayangnya, 3G dan GPS absen untuk urusan koneksi data dan fitur pencarian. Meski demiki­an, selain fitur standar GPRS dan EDGE kelas 10, hadirnya Wi-Fi cukup menghibur dalam mem­berikan akses internet cepat. Se­mentara itu, untuk urusan koneksi antarperangkat, Bluetooth v2.1 dan USB masih bisa diandalkan.

Ragam Fitur
Kapasitas memori ponsel ini hanya menampung data 40MB, bila pengguna ingin menambah kapasitas memori menjadi lebih besar, disediakan ruang eksternal lebih dengan tambahan slot kartu berkapasitas hingga 16GB, cukup untuk menampung file berukuran besar seperti video, musik, foto ataupun aplikasi.

Fitur hiburan yang tercakup dalam multimedia antara lain me­liputi Kamera 3.15 megapiksel dengan fokus otomatis dan video recorder dengan kualitas QVGA (320 x 240), keduanya mumpuni untuk aktivitas merekam gambar ataupun berfoto.

Pilihan lain pada perangkat au­dio, tertanam FM radio dengan RDS dan MP3/MP4 player yang bisa dimanfaatkan pengguna un­tuk menghibur diri di waktu seng­gang atau hanya sekadar untuk mengusir kebosanan.

LG GX500 mendukung semua fitur layanan pesan seperti SMS, MMS, Email, dan Push Email. Mendukung juga fitur Java MIDP untuk menjalankan aplikasi yang diunduh pengguna dari pihak ke­tiga.

Ponsel touchscreen berpe­nampilan elegan ini hadir hanya dalam satu pilihan warna, yakni hitam dan untuk dukungan dayanya menggunakan baterai Li-Po 1500 mAh yang mampu siaga hingga 400 jam dan bicara se­lama 6 jam.

LG GT400 Viewty Smile, Layar Sentuh dengan Aneka Multimedia

MINAT terhadap desain layar sentuh masih ditunjukkan vendor asal Korea Selatan, LG Mobile. Dengan LG GT400 Viewty Smile, LG menambah koleksi ponsel touchscreennya dengan sasaran pengguna kelas menengah.

Memiliki desain ramping dan kompak, ponsel ini hadir dalam dimensi 109 x 54 x 15,9 mm dan berat 95 gram. Dengan pilihan warna hitam, putih, dan pink tampilan LG GT400 Viewty Smile terlihat sangat menarik.

Menyertakan layar sentuh TFT 3.0 inci berkedalaman 256 ribu warna, dengan S-Class User Interface mampu memberikan tampilan antarmuka ponsel ini terlihat lebih atraktif. Pada bagian samping LG GT400 Viewty Smile juga terlihat beberapa tombol pengaturan.
Untuk menjalankan konektivi­tas data dan akses internet lebih cepat, LG GT400 Viewty Smile telah mendukung teknologi HS­DPA 3,6 Mbps, di samping du­kungan pada jaringan GPRS dan EDGE kelas 10 tentunya. Semen­tara itu, untuk dukungan trans­fer data antarperangkat tersedia Bluetooth v2.1 A2DP dan mi­croUSB v2.0.

Layanan pesan yang bisa di­jalankan LG GT400 Viewty Smile meliputi SMS, MMS, dan Email. Sedangkan untuk menampung nomor kontak dan data rekan pengguna, ponsel ini bisa menyimpannya hingga 1.000 kon­tak.

Kamera 5 Megapiksel
Fitur multimedia yang dita­warkan LG GT400 Viewty Smile terbilang cukup memuaskan. Dukungan fitur fotografinya me­liputi kamera 5 megapiksel dengan resolusi 2.592 x 1.944 piksel, autofocus, dan zoom op­tion cukup ampuh menampilkan gambar tajam berkualitas.
Selain itu, LG GT400 Viewty Smilejuga menampilkan aplikasi foto slide dan foto editor. Se­lain untuk menjalankan fungsi pemotretan, kamera juga bisa dipakai untuk merekam gam­bar video. Multimedia lain yang tak kalah menghibur juga coba ditampilkan lewat fasilitas MP3 player dan stereo FM radio. Keduanya bisa dinikmati pengguna selama mengisi waktu luang.

Butuh dukungan memori berkapasitas besar untuk me­nyimpan file penting? Tak perlu kawatir. Kebutuhan tersebut bisa diakomodasi, karena selain memuat memori internal 100MB, kapasitas memori bisa diper­luas dengan menambahkan slot kartu microSD hingga kapasitas 16GB.

Untuk menjalankan LG GT400 Viewty Smile agar bisa bekerja optimal, memerlukan dukungan daya berupa baterai Lithium Ion yang mampu bertahan siaga hingga 350 jam dan juga tahan bicara hingga 3 jam 30 menit. Se­jauh ini belum diketahui berapa harga ponsel anyar ini.

Philips Xenium X605 Mampu Standby hingga Satu Bulan

PONSEL anyar dari vendor asal Belanda, Philips X605 diperkenalkan. Meski tak menyertakan banyak fitur yang mendukung teknologi canggih, namun kekuatan daya tahan baterai sepertinya menjadi unggulan ponsel ini.

Philips X605 mengusung desain berkelas dengan tampilan slider batangan berlayar sentuh, mengadopsi layar jenis TFT resistive touchscreen 2,8 inci berkedalaman 256.000 warna. Dilengkapi sistem navigasi sen­sor gerak dan stylus untuk mem­beri kemudahan navigasi menu pada layar. Dengan dimensi 106,5 x 52,3 x 14,7 mm dan berat 120 gram, bobot dan ukurannya terbilang sedang.

Philips X605 tak banyak mem­beri dukungan pada fitur konek­tivitas dan akses internetnya. Tak tersedia akses 3G dan Wi-Fi, hanya mengandalkan pada jalur GPRS dan EDGE kelas 10. Untuk transfer data antarperang­kat masih ada fasilitas Bluetooth A2DP dan USB v1.1 yang bisa digunakan. Mendukung browser WAP 2.0/xHTML dan Java MIDP untuk mengunduh beragam ap­likasi dari pihak ketiga.

Fitur Multimedia
Meski dalam beberapa fitur Philips X605 terdapat kekurangan, namun untuk fasilitas multi­media, Philips tampaknya cukup ’murah hati’ dengan membenamkan kamera 3,15 megapiksel beresolusi 2.048 x 1.536 piksel.

Fitur kamera dilengkapi dukungan autofocus dan LED flash, cu­kup ampuh untuk menghasilkan gambar tajam dan memberi ban­tuan pencahayaan. Selain itu fitur video recoder kualitas MPEG4 atau H263 bisa dimanfaatkan un­tuk merekam gambar dan momen spesial, serta bisa bisa diputar pada PC dan ponsel.

Melengkapi fitur multimedia, fasilitas audio juga tak lupa disertakan, setidaknya Mp3/Mp4 player dan FM Radio terintegrasi untuk menambah kenyamanan pengguna di fitur hiburan dan dapat digunakan untuk mengusir kebosanan.

Untuk mengakomodir kebu­tuhan penyimpanan data peng­guna, Philips X605 menyediakan memori internal berkapasitas 63MB. Namun, bila pengguna menginginkan kapasitas ekstra untuk menyimpan berbagai file dalam jumlah besar seperti file multimedia, bisa menyertakan slot kartu microSD pada ponsel ini dengan kapasitas memori yang dapat diekspan hingga 8GB.

Dukungan baterai tampaknya jadi keunggulan utama ponsel ini. Standar baterai Li-Ion 1050 mAh yang digunakan mampu bertahan selama satu bulan atau 720 jam dalam kondisi siaga sedangkan untuk waktu bicara tahan dipakai hingga 8,5 jam. Lebih unggul bila dibandingkan dengan ponsel sejenisnya yang hanya memiliki waktu bicara sekitar 4,5 jam.
Fitur lain yang ditanamkan yakni berupa dukungan pada layanan pesan SMS, MMS dan Email, phone book 1.000 kontak, dan polifonik dan Mp3 ringtone untuk panggilan masuk.

G-VON 678 Series Echo Si Ramping Bersuara Nyaring

MEMAKSIMALKAN fitur di dalam bodi mini, mungkin itu sedikit gambaran yang coba ditampilkan G-VON dalam produk terbarunya G-VON 678 Series Echo. Buat pengguna yang tak ingin repot mengakomodir kebutuhan multimedia dalam satu perangkat ringkas, mungkin ini jawabannya.

G-VON 678 Series Echo sama seperti ponsel lokal lainnya, masih menjalankan fitur khasnya, berupa dual on GSM. Bentuk batangan dan keyboard Qwerty juga masih difavoritkan untuk menjadi tampilan utamanya. Dengan dimensi sekitar 54 x 98 x 11,5 mm, ponsel ini cukup nyaman digenggam. Balutan ba­han casingnya juga tak terasa licin, karena bahan yang digu­nakan berupa perpaduan plastik bertekstur doff dan alumunium.

Layar TFT 2.0 inci di daulat menjadi tampilan layar utama. Sementara D-pad empat arah masih bertugas sebagai panel navigasi ke fitur menu dan be­berapa tombol pintasan untuk memudahkan pengguna ter­hubung langsung ke fitur pesan, homescreen, dan dial on/off. Un­tuk fasilitas pengetikan G-VON 678 memasang keyboard Qwer­ty berukuran kecil, sehinggga untuk mengetik pesan, peng­guna perlu agak berhati-hati dan melakukan penekanan dengan ujung jari.

Di bodi belakang, terlihat pemandangan cukup unik, yakni terpampang big power speaker dengan kemapuan mega bass yang terletak di bagian bawah serta antena eksternal yang juga tak ditampilkan dalam posisi lazim, yakni menjorok ke bawah.

Meski begitu, speaker beker­ja cukup baik. Suara yang di­hasilkan terdengar mantap dan bertenaga, nyaring serta stereo. Untuk menikmati fasilitas ini, pengguna punya dua pilihan perangkat multimedia audio, yaitu MP3 player dan radio FM. Lewat antena eksternal, penggu­na bisa menikmati siaran radio dengan jernih dan juga tersedia pilihan pencarian otomatis, buat yang tak ingin repot mencari saluran radio secara manual.

TV Tuner & Kamera
Melengkapi fitur multime­dia yang sudah ada, ponsel ini masih memiliki jurus lain untuk memikat penggunanya dalam menikmati layanan hiburan. Buat pengguna yang gemar me­nonton TV, kini bisa menjalankan aktivitas tersebut kapan saja dan dimana saja. karena ponsel ini juga terintegrasi denga fitur TV analog.

Sedang buat yang ingin selalu mengabadikan moment penting, lewat kamera VGA, peng­guna bisa berfoto sesukanya dan merekan gambar lewat opsi video lalu memutarnya. Sebagai tambahan, G-VON 678 me­nyematkan dua kamera, yang terpampang di belakang sebagai kamera primer sementara yang di depan adalah kamera sekunder. Untuk kamera de­pan juga mendukung fitur video chatt.

Sementara buat yang eksis di dunia maya dan tak ingin keting­galan berita serta up date sta­tus teman-teman dekat, aplikasi online yang bisa dimanfaatkan dengan ponsel ini di antaranya jejaring sosial Facebook dan Twitter. Bagi penggemar chat­ting disediakan juga layanan lain seperti Yahoo Messenger, eBud­dy, JustFriends, dan Opera mini. Untuk mengakses internet dan mendukung aplikasi tersebut, G-VON 678 Series Echo dileng­kapi jaringan GPRS dan browser WAP.

Motorola DEFY Gorilla di Ponsel Pintar


KOMBINASI antara ponsel pintar dan ketangguhan layar coba ditawarkan Motorola dalam produk terbarunya Motorola DEFY. Dengan mengusung layar sentuh 3,7 inci, DEFY dilapisi kaca berjenis Gorilla sehingga membuatnya aman dari risiko goresan, kontaminasi air, dan debu. Selain itu, dengan mengantongi sertifikat IP67, ponsel ini juga tahan guncangan dan kedap air. 

Meski tampak tangguh, Motorola mengemas produknya dengan tampilan menarik. Bentuk batangan dan layar sentuhnya hadir dengan ukuran tipis dan ramping, 107 x 59 x 13,4 mm yang membuatnya mudah disimpan dalam saku. 

Selain itu, fitur khas lain yang juga dihadirkan dalam ponsel ini ialah Motoblur UI dengan Live widget. Untuk fasilitas bertelepon, Motorola DEFY juga dilengkapi Crystal Talk Plus yang berfungsi menyaring suara bising pada background, sehingga saat menerima atau melakukan panggilan telepon pengguna tak perlu berteriak, karena suara dapat terdengar lebih jernih. 

Motorola DEFY membawa Sistem Operasi Android v2.1 (├ęclair) dengan prosesor TI OMAP3610 800MHz. Sementara untuk koneksi data, DEFY juga didukung jaringan HSDPA, 7.2 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, serta DLNA (Digital living Network Alliance) yang memungkinkan pengguna berbagi konten dengan perangkat lain yang kompatibel, seperti HDTV, konsol game, dan PC. 

Kamera Memadai 
Untuk melayani kebutuhan hiburan pengguna, Motorola DEFY memiliki berbagai macam fasilitas yang cukup menjanjikan. Seperti untuk menambah koleksi foto pribadi dan merekam momen berharga bisa memanfaatkan kamera 5 megapiksel lengkap dengan LED flash, autofocus serta kemampuan rekam video. 

Sedangkan untuk fitur audio, selain perangkat standar radio FM, hadirnya Connected Music player bisa digunakan untuk mengakomodir hobi para pencinta musik Motorola DEFY. Di mana dalam fitur ini, pengguna dapat menemukan, membeli, dan mendown-load musik secara langsung dari ponsel. 

Tak hanya itu, pengguna juga dapat berburu lebih dari 70.000 aplikasi, widget, dan permainan langsung dari Android Market sekaligus menikmati akses mudah menuju layanan Google, seperti Google Search, Google Maps, dan Gmail. 

Untuk menyimpan berbagai keperluan data, Motorola DEFY menyediakan memori internal berkapasitas 2GB dan 512 MB RAM. Sedang untuk menambah kapasitas tampungan data, bisa memanfaatkan eksternal memori dengan microSD hingga 32GB.
 
Dengan menggunakan standar baterai Li-Po 1540 mAh, ketangguhan masa siaga Motorola DEFY diklaim hingga 240 jam dan waktu bicara hingga 6 jam 40 menit. Belum diketahui pasti mengenai harga jual ponsel ini. Namun, untuk ketersediaannya, Motorola DEFY dikabarkan hadir pada Kuartal IV ini di Amerika Serikat melalui T-Mobile.

Vodafone 553 Slider yang Mendukung Fitur Messaging

VARIASI ponsel yang bakal hadir dari Vodafone kali ini agak berbeda dengan seri sebelumnya. Boleh jadi ini produk pertama yang memadukan fitur layar sentuh dengan keyboard Qwerty geser samping. Dengan kemampuan mobile internet dan fitur pesan, vendor ini memperkenalkan ponsel anyar berlabel Vodafone 553.

Berbeda dengan saudaranya seri 945 yang diperkenalkan berbarengan, beberapa spesifikasi Vodafone 553 cenderung standar dan tampak ditujukan untuk segmen menengah-bawah atau komunitas anak muda. Hal itu terdeteksi lewat bentuknya yang lebih stylish dan atraktif. Vendor juga merilisnya dengan pilihan warna menarik seperti putih, hitam, silver, dan pink.

Dengan gaya simpel dan ramping, dimensi yang dimiliki Vodafone 553 sekitar 108 x 53 x 14,9 mm. Untuk tampilan visualnya, ponsel ini menempatkan layar TFT resistive touchscreen berkedalaman 256.000 warna dengan kapasitas 2,8 inci.

Layaknya ponsel anak muda, Vodafone 553 juga menyediakan sarana lengkap untuk hiburan online. Aplikasi Facebook dan Twitter dihadirkan untuk update dan memantau status via jaringan sosial. Sedang Gtalk, Yahoo Messenger, ICQ juga terintergrasi untuk fasilitas chatting dengan sesama teman. Kabarnya ponsel ini juga mendukung versi upgrade browser Operamini 5.0.

Hadirnya keyboard Qwerty memang bukan tanpa alasan, fitur ini berfungsi untuk membantu pengguna mengetik pesan lebih cepat dengan dua tangan, entah untuk mengetik pesan saat chattingan atau lainnya. Fasilitas messaging yang dimiliki Vodafone 553 juga cukup komplet, meliputi SMS, MMS, Email, dan IM. Untuk mengakomodir penyimpanan nama dan kontak rekan pengguna, ponsel ini mampu menampung hingga 1.000 entry dengan photo call.

Kamera 2 Megapiksel
Untuk sarana hiburan dan multimedia, Vodafone 553 punya fasilitas beragam meski untuk kualitas terkesan biasa saja. Seperti untuk sarana fotografi, ponsel ini hanya berbekal kamera 2 megapiksel dan resolusi 1.600 x 1.200 piksel. Opsi video record juga dapat dijalankan bila ingin mengabadikan gambar bergerak.

Mendengarkan musik kesukaan dalam playlist juga dapat dilakukan dengan perangkat MP3 player. Sementara menyimak informasi terkini lewat ponsel apat diakses dengan perangkat radio FM.

Untuk menghadirkan koneksitas internet, Vodafone 553 memfasilitasinya dengan jalur GPRS dan EDGe kelas 12. Sedangkan untuk transaksi data via PC dan ponsel, perangkat nirkabel bluetooth dan kabel data siap diandalkan.

Untuk daya simpan data memori internal yang disediakan Vodafone 553 tergolong minim, sekitar 50MB. Buat yang mau menambah kapasitas agar dapat menampung data lebih maksimal, Vodafone menyediakan slot kartu untuk ekspansi eksternal memori hingga 8GB.

Baterai Li-Ion 900 mAh digunakan untuk pasokan daya dan mendukung kinerja Vodafone 553. Belum diketahui pastinya berapa harga ponsel ini akan dijual. Namun, dari informasi yang didapat, Vodafone 553 dikabarkan meluncur pada Kuartal IV 2010.

Nokia E7 Communicator dengan Teknologi Mumpuni

SELANG beberapa waktu absen meluncurkan ponsel seri Communicator, Nokia akhirnya memperkenalkan lagi varian Communicator terbaru yang betajuk Nokia E7. Ponsel yang ditujukan bagi kalangan pebisnis ini diperkenalkan kali pertama dalam ajang Nokia World 2010 yang berlangsung di London, Inggris.

Seperti layaknya ponsel bisnis, Nokia E7 juga dilengkapai fitur yang menunjang kinerja kantoran seperti Microsoft Exchange Active Sync untuk mengakomodir segala akses email, baik korporat maupun pribadi secara langsung dan aman. Tak ketinggalan Adobe Reder untuk membuat, mengedit, berbagi dokumen kantor, dan melihat file PDF.

Tak seperti Communicator jadul yang berbodi bongsor dengan bentuk lipat, Nokia E7 hadir dalam desain lebih modern berupa slider Qwerty. Meski tergolong besar dengan ukuran 123,7 x 62,4 x 13,6 mm dan berat 176 gram, namun E7 memadunya dengan layar AMOLED capacitive touch screen seluas 4.0 yang membuatnya terlihat ciamik dan profesional. Teknologi Nokia ClearBlack untuk layar sentuhnya membuat tampilan visual ponsel ini jadi lebih optimal meski dipakai di luar ruang.

Sejumlah fitur dengan dukungan teknologi jempolan juga dihadirkan demi kinerja ponsel yang lebih maksimal. Sebut saja seperti OS Symbian^3, ARM 11 680 MHz processor, HSDPA, 10.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps, Wi-Fi serta koneksi nirkabel terbaru Bluetooth v3.0. Sedangkan untuk menyimpan berbagai file dan dokumen berkapasitas besar, tak tanggung-tanggung memori internal yang siap digunakan mencapai 16GB dengan 256 MB RAM, 1 GB ROM.

Untuk layanan navigasi, Nokia E7 mengandalkan Nokia Ovi Maps dengan panduan fitur peta dan suara. Juga buat yang ingin segera update status di jaringan Facebook dan Twitter, bisa mengaksesnya langsung lewat layar utama. Dark grey, silver white, hijau, biru dan oranye adalah varian warna yang dimiliki ponsel ini.

Multimedia Berkualitas
Menilik sarana hiburan yang dimiliki Nokia E7 datang dengan sejumlah fasilitas ciamik. Untuk membidik obyek dan kemampuan menghasilkan gambar tajam, tersedia kamera 8 megapiksel dengan dual LED flash atau sarana perekam video kualitas High Definition (HD).

Nokia E7 juga membenamkan fitur TV Out, lewat port HDMI pengguna dapat menikmati sarana audio mumpuni berkat dukungan Dolby Digital Sound. Sementara untuk fasilitas musik, pengguna dapat mendengarkan lagu kesukaan dalam playlist player MP3 dan menyimak informasi via radio FM.

Daya energi ponsel ini diperkuat baterai Li-Ion 1200 mAh dengan ketahanan 480 jam waktu siaga dan 5 jam bicara. Buat yang tak sabar menantikan kehadiran ponsel ini, bersiap saja karena pada Kuartal IV 2010 Nokia E7 dijadualkan rilis dengan kisaran 635 dolar AS atau atau sekitar Rp 5,8 juta.

Tuesday, December 14, 2010

Agar BlackBerry Anda Lebih Tangkas

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan kinerja BlackBerry Anda dan memakainya secara lebih efisien. Setelah Anda melakukan serangkaian optimal­isasi, yakinlah bahwa BlackBerry Anda akan bekerja lebih cepat dan memadukan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi Anda. Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan perangkat BlackBerry Smartphone Anda:

Optimalkan OS
Update BlackBerry OS (Operating Sistem) Anda sesegera mungkin. Langkah ini akan memulihkan banyak kesalahan dan meningkatkan efisiensi BlackBerry OS. Anda bisa juga mempercepat kerja BlackBerry Handheld dengan beberapa cara. Pertama, upgrade Blackberry OS Anda dengan OS terakhir. Kedua, pastikan Anda tak mengaktifkan aplikasi-aplikasi di background. Jika Anda mengaktifkannya, off-kan. Gunakan tombol Esc untuk meng-off-kan aplikasi, bukan dengan menggu­nakan tombol merah (Red End). Ketiga, enyahkan aplikasi yang Anda tidak perlu­kan. Untuk menghapuskan sepenuhnya aplikasi-aplikasi dari BlackBerry Handheld Anda, pilih Options > Advanced Options > Applications, kemudian blok (highlight) aplikasi yang Anda akan hapus, klik tom­bol Menu dan pilih Delete. Keempat, off-kan Content Compression dan Content Protection dengan mengklik Options > Security Options > General Settings. Ke­lima, lakukan setting Key Rate ke posisi Fast, dengan memilih Options > Screen/ Keyboard. Terakhir, letakkan sesedikit mungkin ikon pada tampilan home di BlackBerry Handheld Anda. Langkah ini memungkinkan pemuatan menu utama dan switching ke posisi horizontal ber­langsung lebih cepat.

Optimalkan Memori
Terlalu banyaknya muatan di memori aplikasi acap jadi biang keladi melambat­nya aksi maupun respons dari perangkat BlackBerry Anda. Biasanya, ini terjadi karena pengguna mengunduh terlalu banyak aplikasi yang kemudian ‘bersemayam’ di memori aplikasi. Langkah terbaik untuk mengoptimalkan kinerja memori BlackBerry adalah dengan menyisakan sebanyak mungkin ruang kosong dalam memori tersebut. Sisakan ruang setidaknya 400KB pada memori aplikasi.

Nah, untuk mengoptimalkan memori di BlackBerry Handheld Anda, hapus ap­likasi yang Anda tidak butuhkan. Hapus email dan pesan MMS usang, terutama pesan berlampiran. Jika Anda baru saja meng-update peranti lunak BlackBerry Smartphone melalui jaringan nirkabel, hapus versi sebelumnya, yang masih bercokol di BlackBerry Anda. Kosongkan cache pada BlackBerry Browser. Hapus kontak-kontak yang sudah tercatat di ad­dress book Anda. Hapus juga aplikasi dan bahasa yang tak Anda gunakan. Jika me­mungkinkan, instal dan gunakan memory card untuk menyimpan file musik, gambar, dan lainnya.
Ubah juga opsi untuk pesan-pesan email, entri kalender, dan media files, agar menggunakan lebih sedikit memori di BlackBerry Smartphone. Lakukan langkah sebagai berikut:
  • Kurangi masa menyimpan pesan dan entri kalender di BlackBerry Smart­phone Anda.
  • Jika mau mengubah kualitas gam­bar yang Anda buat dengan fitur kamera di Blackberry Anda, lakukan setting ke po­sisi Normal.
  • Jangan meneruskan pesan ke Black­Berry Device yang tersambung ke kom­puter Anda.
  • Terimalah bagian pertama saja dari email panjang.
  • Turunkan kualitas gambar pada browser.
  • Terakhir, kosongkan cache pada BlackBerry Browser dari waktu ke waktu.
Jika memori Anda sudah cukup terbe­bani berbagai aplikasi, ‘tumpukan’ e-mail maupun file, dan Anda tak mau mengha­pusnya karena satu dan lain hal, Anda sebagai pengguna BlackBerry masih bisa memanfaatkan aplikasi untuk mengelola ruang memori Anda secara lebih baik. Efeknya, aplikasi bisa lebih mengopti­malkan memory pada BlackBerry Anda. Silakan mengunduh aplikasi ini di http:// www.box.net/shared/xo4s3dzgjv.

Optimalkan Performa Baterai
Daya baterai yang dengan cepat menu­run (drop) acap menjadi salah satu satu faktor yang melambatkan kinerja perang­kat BlackBerry Anda. Nah, untuk mence­gah hal ini terjadi, ikuti petunjuk berikut ini:
  • Saat Anda tak membutuhkan GPS dan bluetooth, nonaktifkan kedua fitur itu.
  • Jika tak ada hotspot pada lokasi di mana Anda berada, nonaktifkan aplikasi koneksi Wi-fi. Karena pengaktifan koneksi Wi-fi termasuk faktor penting yang me­mengaruhi performa baterai. Jika Wi-Fi terus-menerus mencari sinyal, akan mem­buat daya baterai menurun dengan relatif cepat.
  • Setting nada getar dan volume suara pada tingkat relatif tinggi juga menurunkan daya baterai dengan cepat. Jadi, laku­kan setting nada getar dan volume suara ke tingkat seperlunya saja.
  • Jangan mengaktifkan banyak aplika­si di background, karena akan menyebab­kan daya baterai melorot dengan cepat pula.
  • Terakhir, matikan BlackBerry Anda, atau setting ke mode Airplane jika tidak ada sinyal pada lokasi di mana Anda be­rada. Ingat, bagaimanapun BlackBerry Anda membutuhkan energi untuk mencari sinyal. Jika Anda membiarkan perang­kat di ponsel Anda terus-menerus men­cari sinyal, ini berarti Anda memaksanya bekerja lebih berat sehingga menyedot lebih banyak energi dari baterai. Lebih parah lagi, daya baterai itu terbuang per­cuma bila memang tak ada sinyal di lokasi Anda.

Optimalkan Kecepatan Mengirim SMS & MMS
Lakukan setting mode T9 ke posisi enable. Jika T9 dalam posisi enable, Anda akan bisa mengetik secara lebih cepat dan mudah dengan menyentuh sedikit saja tombol mungil di BlackBerry Anda. Untuk setting T9 ke posisi enable, pilih Options > Language > Input Options > Uncheck both Predictive Input and Spell Check, kemudian klik opsi yang Anda ke­hendaki.

Berikutnya, lakukan setting periode in­terval tap dan hover. Anda bisa melakukan settting periode tap interval dan hover sesuai kebiasaan personal Anda. Tap interval adalah durasi antara klik hingga register dengan double tap (ketukan ganda), sama dengan melakukan double click pada PC. Anda bisa mengonfigurasinya pada level antara 100-500. Lazimnya tap inter­val berada di angka 300. Periode hover adalah durasi sejak benda tertentu atau jari Anda menyentuh permukaan layar sampai mendapat respon dari perangkat BlackBer­ry Anda. Skor hover yang lebih tinggi akan membuat periode hover lebih lama, dan ini berarti Anda harus meletakkan jari Anda lebih lama pada obyek sampai tindakan atau instruksi Anda itu mendapat respon dari perangkat BlackBerry.

Periode hover yang normal berada pada level 200. Lakukan setting tap in­terval dengan memilih Options> Screen/ Keyboard>Key Rate, Tap Interval, Hover Period, dan Swipe Sensitivity. Sebagai gambaran, setting normal pada BlackBer­ry Storm 9500 adalah: Tap Interval 300, Hover Period 200, dan Swipe Sensitivity pada level High (6).

Nah, sekarang bagaimana mengirim foto/video MMS pada BlackBerry dengan relatif cepat dan efektif? Anda mungkin sudah mengetahuinya. Jika belum, ikuti petunjuk berikut ini: pilih SMS And MMS > klik Compose MMS > pilih kontak tujuan SMS/MMS Anda > klik Subject, masuk­kan judul > Scroll ke bagian input teks di layar, masukkan teks > tekan BlackBerry key, klik opsi yang Anda kehendaki (misalnya Attach Picture) > pilih file media yang Anda kehendaki > Tekan BlackBerry key, klik Send, maka Anda telah selesai mengirim pesan MMS berupa gambar/ foto atau video dengan BlackBerry Smart­phone.

Optimalkan Kecepatan Proses Pemanggilan
BlackBerry menyediakan opsi panggilan cepat (speed dial) bagi penggunanya.
Untuk melakukan setting speed dial, tekan tombol BlackBerry Handheld Phone > View Speed Dial List > lakukan ketukan (tap) ringan untuk memilih slot speed dial eksisting yang Anda mau ubah > ke­mudian tekan tombol BlackBerry > Move > lakukan tap ringan untuk memilih slot blank speed dial yang Anda mau geser > Tekan tombol BlackBerry > Show Key­board > ketuk tombol return, kemudan escape > periksa dengan Phone key > View Speed Dial List, untuk mendapatkan konfirmasi apakah Anda sudah berhasil melakukan perubahan yang Anda kehen­daki.

Memperpanjang Umur Baterai HTC Hero

DENGAN dukungan antarmuka pengguna Sense, ponsel pintar HTC Hero pu­nya kelebihan dibanding ponsel pintar lain sekelasnya. Namun, Hero juga punya kelemahan, di antaranya dalam hal daya tahan baterai. Bagaimanapun kekuatan baterai standar Hero tak bisa dikatakan superior untuk menyangga operasional berbagai fitur yang melekat pada ponsel pintar ini. Namun, Anda bisa menjadi­kan baterainya lebih tahan lama, dengan mengikuti beberapa tips dari Gamaze. com di halaman ini. Tips ini tak spesifik untuk HTC Hero, jadi Anda bisa mengap­likasikannya pada ponsel lain.

  1. Nonaktifkan Big EVIL (Always On Mo­bile Data Connection). Fitur ini menyedot banyak daya baterai. Padahal, Anda tak memerlukannya setiap saat. Sebagai gambaran, Anda tentu tak butuh koneksi data di malam hari, ketika Anda tidur dan tak memakai ponsel sama sekali. Oleh sebab itu, Anda akan menghemat banyak daya dengan mematikan pilihan Enable always-on mobile data pada menu Mobile Network Settings.
  2. Nonaktifkan GPS dan Wireless Net­work Usage. Apakah Anda setiap saat membutuhkan GPS? Tentu tidak. HTC menggunakan triangulasi jaringan nirka­bel untuk mempercepat proses penampilan gambar-gambar GPS pada ponsel Anda. Sebagian orang menganggap fitur itu bermanfaat, namun fitur GPS di ponsel Anda sebenarnya sanggup menampilkan sendiri gambar-gambar tersebut. Maka sebaiknya Anda menonaktifkan Wireless Network Usage pada menu Location.
  3. Jika Anda mengaktifkan opsi transfer Background Data, ponsel akan secara per­manen terhubung dengan server-server Google, dan ini memerlukan daya baterai lumayan besar. Jadi, saat Anda tak meng­gunakan layanan-layanan Google, seperti Gmail, Calendar dan Contacts, sebaiknya nonaktikan opsi transfer Background Data pada Data synchronization/Google menu.
  4. Nonaktifkan fungsi update push e-mail/weather updates/Facebook dan Twit­ter. Lagi-lagi ini berkaitan dengan koneksi data. Kalau mau berhemat daya baterai, kurangi waktu Anda untuk mengecek server email guna memastikan ada atau tidak email baru. Anda bisa melakukannya me­lalui opsi Set Download Frequency pada menu Mail service’s Settings. Anda juga dapat menonaktifkan fitur update cuaca via opsi Weather application setting.
  5. Integrasi layanan Facebook, Twitter, dan Flickr (serta jejaring sosial lainnya) juga membutuhkan daya baterai relatif besar. Meski opsi ini bermanfaat, ponsel Anda akan terus-menerus menyedot ener­gi karena ‘dipaksa’ setiap saat mengecek server untuk membuat update. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan melaku­kan setting waktu update berbeda. Untuk memodifikasi setting Twitter, misalnya, pilih Menu/Settings dan ubah frekuensi Send & Receive sesuai kebutuhan Anda.
  6. Nonaktifkan koneksi Wi-Fi dan Blue­tooth jika tak sedang digunakan. Opsi ini terdapat dalam menu Wireless Controls.

Selamatkan Mata Anda!

BERINTERAKSI dengan layar ponsel mungkin termasuk pengalaman menyenangkan bagi Anda. Tapi, hati-hati, mata Anda mungkin terlalu lelah atau sebenarnya tak cukup kuat untuk berinteraksi dengan layar ponsel dalam tempo relatif lama.

Menurut Dr. Jeffrey Anshel, pakar kesehatan mata dan penulis buku Smart Medicine for Your Eyes, belakangan ini makin banyak orang menghabiskan wak­tu lebih lama untuk fokus pada layar per­angkat digital/elektronik seperti ponsel, komputer, dan TV. Padahal, aktivitas ini berpotensi menyebabkan digital eye atau kerusakan mata permanen karena terlalu lama kontak dengan layar dari perangkat-perangkat digital.

Berikut ini tips dari Dr. Anshel agar mata Anda tetap sehat dan terhindar dari digital eye:
  1. Seringlah berkedip, tarik napas pan­jang, dan istirahatkan mata Anda. Saat mata Anda menatap layar komputer atau layar ponsel, Anda berkedip 2-3 kali lebih jarang ketimbang dalam situasi normal. Ini bisa menyebabkan Anda mengalami dry eye alias kekeringan mata. Hati-hati, kondisi ini berpotensi menyebabkan mata Anda mengalami kerusakan permanen. Jadi, sering-seringlah berkedip, sesekali tarik napas panjang untuk ’melepas’ kon­sentrasi mata Anda dari layar dan sesekali pula alihkan pandangan ke obyek di luar layar ponsel/komputer/TV Anda.
  2. Gunakan rumus 20/20/20. Setiap 20 menit, alihkan pandangan ke obyek ber­jarak setidaknya 20 kaki (sekitar 6 meter) dari mata Anda selama 20 detik.
  3. Konsultasi dengan dokter mata. Dok­ter akan tahu apakah mata Anda punya cu­kup ’kekuatan’ untuk berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/televisi dalam tem­po relatif lama. Jika mata Anda tak cukup kuat, dokter mungkin menyarankan Anda menggunakan lensa kontak atau kaca­mata setiap kali berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/TV, guna mengurangi tekanan terhadap mata dan menghindari kerusakan mata permanen.
  4. Lakukan pemeriksaan berkala untuk memonitor efek kontak mata dengan layar ponsel/komputer/TV terhadap tingkat ke­sehatan mata Anda dari tahun ke tahun.
  5. Tekanan terhadap mata acap ter­jadi akibat kondisi pencahayaan. Kondisi yang menyilaukan, atau kurang cahaya bisa merusak mata Anda. Jadi, sesuai­kan pencahayaan di ruang tempat Anda melakukan kontak dengan layar ponsel/ komputer/TV.

Mencegah Iritasi karena Gadget

TAK jarang pengguna ponsel terlalu asyik mengotak atik gadgetnya hingga lupa waktu. Saat itulah pengguna gadget biasanya mengabaikan kesehatan matanya. Tak terasa mata memerah karena hanya terfokus pada gadget dan tak diimbangi dengan sesekali melihat hijau dedaunan atau sejenak mengalihkan dan mengistirahatkan mata.

Namun, jika akhirnya merasakan mata Anda nyeri akibat memelototi gadget, yang terkadang sambil tiduran di ranjang, dengan hanya 2-3 jam tidur lalu berinteraksi lagi dengan gadget, ada baiknya Anda me­nyimak penelitian Dr. Jeffrey Anshel ini.

Di penelitiannya Dr. Anshel mengambil responden muda-mudi Amerika Serikat yang berinteraksi dengan gadgetnya, bah­kan saat mereka baru bangun tidur. Ber­dasarkan penelitian itu diketahui bahwa LCD backlit pada gadgetlah yang sebenarnya sangat berpotensi ‘menyakiti’ mata. Pasalnya, otot mata menjadi mudah lelah karena radiasinya. Berikut tips dari Dr. An­shel agar mata tetap segar saat Anda ber­interaksi dengan gadget.

1. Kedipkan Mata Sesering Mungkin
Saat berinteraksi dengan gadget, mata Anda harus berkedip 2-3 kali mata normal. Hal ini untuk menghindari kekeringan pada mata. Sempatkan juga untuk beristirahat saat mata mulai lelah. Jangan dipaksakan.

2. 20/20/20
Yang dimaksud dengan 20 tiga kali adalah: setiap 20 menit alihkan pandangan pada objek yang jaraknya 20 kaki dari posi­si Anda, kemudian selama 20 detik alihkan pandangan Anda dari gadget yang Anda genggam pada objek yang berbeda dari tempat di mana Anda asyik dengan gadget Anda.

3. Sempatkan Konsultasi dengan Dokter
Bagi Anda yang dalam sehari berkutat di kantor, rutin sepekan di depan monitor komputer atau laptop, sebaiknya Anda minta saran dokter guna mendapatkan lensa antiradiasi yang cocok dengan kon­disi mata Anda. Hal ini untuk mencegah mata Anda terpaksa menggunakan kaca­mata silinder. Sebab, ketika Anda sudah harus bekerja dengan memakai kacamata silinder, tak hanya kenyamanan Anda yang berkurang. Lebih dari itu, produktivitas Anda juga akan ikut menurun. Padahal, usia Anda masih sangat produktif. Tentu, Anda tak ingin mengalami hal tersebut.

4. Sesuaikan Cahaya Ruangan
Langkah keempat atau langkah terakhir adalah, saat berinteraksi dengan LCD backlit, ruangan tempat Anda bekerja ha­rus diterangi cahaya yang cukup. Misalnya menyalakan lampu meja atau lampu ka­mar yang menyoroti gadget atau monitor laptop Anda. Langkah ini adalah upaya mencegah agar mata tak menerima sorotan langsung dari LCD backlit. Jika saat ini Anda masih membiarkan mata mendapat cahaya secara langsung dari backlit, mata Anda akan cepat lelah.

Menghemat Baterai Ponsel Pintar

MEMBANDINGKAN baterai pada ponsel standar dengan ponsel pintar memang tak lazim. Sebab, baterai pada ponsel standar bisa bertahan tiga hari jika dicharge penuh, sedangkan pada ponsel pintar atau smartphone harus diisi setiap 24 jam bahkan lebih sering.
Penggunaan baterai lithium-ion pada laptop atau smartphone, secara teknologi bisa ditingkatkan untuk mendapatkan daya tahan yang lebih lama dengan cara sebagai berikut:

Pilihan Jaringan
Umumnya ponsel CDMA butuh energi lebih banyak dari pada ponsel GSM. Jika baterai pada ponsel CDMA Anda cepat habis, boleh saja Anda pertimbangkan untuk mengganti dengan ponsel GSM. Na­mun, hal ini bisa saja bertentangan dengan kepentingan Anda yang membutuhkan ponsel CDMA untuk melakukan komuni­kasi lokal.

Redupkan layar
Layar yang terang membutuhkan energi dari baterai yang tinggi. Maka, turunkan tingkat daya terang pada layar LCD ponsel Anda. Gunakan perangkat peredupan oto­matis yang bisa mendeteksi tingkat cahaya dalam satu ruangan jika ponsel dilengkapi dengan fitur itu. Begitu juga saat memutar musik, Anda bisa merendahkan volumenya agar baterai bisa lebih tahan lama.

Kontrol Wi-Fi
Matikan aplikasi Wi-Fi atau Bluetooth jika berada di luar wilayah hot spot. Dengan terus mengaktifkan Wi-Fi atau Bluetooth, ponsel akan terus menggunakan energi baterai untuk mencari sambungan Wi-Fi atau Bluetooth. Jadi, atur ponsel pada mode sleep ketika Wi-Fi dan Bluetooth sedang tak Anda gunakan. Pada iPhone, Anda bisa mengaturnya lewat fitur’setting. Pada BlackBerry gunakan Manage Con­nections.

Periksa Kondisi Sinyal
Di lokasi yang sinyalnya lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal SIM card. Maka akan lebih banyak energi habis terpakai. Jika berada di lokasi seperti itu, matikan aplikasi 3G. Gunakan jaringan EDGE yang membuat akses inter­net lebih lambat tapi tak akan memenga­ruhi kualitas panggilan.

Cek Email
Matikan mengecek email secara otoma­tis, juga matikan pengaturan push email ketika ada email masuk. Keduanya sangat boros energi. Dengan mengecek email se­cara manual, baterai ponsel pintar Anda akan lebih tahan lama.

Nonaktifkan Animasi
Semakin panas ponsel pintar Anda, maka semakin banyak energi yang terpakai. Salah satu penyedot energi paling bo­ros adalah animasi Flash. Yakni teknologi canggih di balik banyaknya video online dan iklan animasi. Untuk menjaga daya tahan baterai, nonaktifkan fasilitas Flash pada ponsel pintar Anda

Akses Internet Cepat via Ponsel

KEMUDAHAN untuk mengakses internet melalui ponsel membuat Anda lebih nyaman berselancar di dunia maya. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Bahkan, sambil berbaring di tempat tidur. Berikut ini beberapa tips mengakses internet secara lebih cepat dengan ponsel Anda, agar lebih nyaman lagi:

1. Pilih mesin pencari yang kompatibel dengan ponsel Anda, misalnya Netfront, Explorer, dan Opera mini.
2. Untuk menambah kecepatan brows­ing, matikan gambar, suara, dan animasi.
3. Akseslah situs-situs web versi mobile, agar situs lebih cepat terbuka dan biaya koneksi GPRS Anda lebih murah.
4. Jangan terlalu banyak membuka ap­likasi selama berselancar, untuk menghe­mat daya baterai ponsel Anda.
5. Hindari serangan virus dengan tak mengikuti instruksi unduh yang muncul tiba-tiba.
6. Simpan alamat web favorit Anda dalam file bookmark. Gunakan daftar dalam book­mark untuk kembali secara langsung ke si­tus tersebut dan mengoptimalkan efisiensi selama online.
7. Perhatikan durasi jika Anda menggu­nakan teknologi GPRS untuk berselancar. Sebab GPRS menggunakan sistem durasi, bukan besaran data.
8. Gunakan Google sebagai mesin pen­cari, dan perkirakan ukuran file yang Anda akan unduh.
9. Jika Anda blogger, sebaiknya gunakan feed reader di setiap blog favorit Anda. Langkah ini memungkinan Anda menghe­mat penggunaan bandwidth.

Menghapus Aplikasi Bawaan pada Ponsel Android

PONSEL pintar berbasis sistem pengoperasian (operating system/OS) Android biasanya kaya aplikasi bawaan (pre-installed). Masalahnya, jika Anda tak memerlukan salah satu atau lebih aplikasi bawaan ini, Anda tak bisa dengan cepat menghapusnya, atau menggantinya dengan aplikasi lain yang Anda butuhkan.

Pabrikan ponsel biasanya melakukan penyesuaian atas Android OS untuk di­tanam pada ponselnya, agar gadget dari pabrikan itu memiliki keunikan dibanding ponsel berbasis Android keluaran pabrikan lain. Di samping itu, penyesuaian di­lakukan untuk memasukkan aplikasi-ap­likasi dari pihak ketiga ke dalam ponsel.

Satu hal yang tak dipahami kebanyakan pengguna ponsel Android adalah aplikasi-aplikasi itu ditanam langsung ke tubuh Android OS, bukan pada kartu memori di ponselnya. Artinya, jika Anda mau menghapus aplikasi bawaannya, Anda akan menghadapi pesan bahwa permintaan Anda ditolak atau Anda tak diizinkan melakukannya. Anda perlu lebih dulu mendapatkan izin untuk melakukan perubahan pada area di mana aplikasi-aplikasi itu tertanam.

Untuk mengakses area pada Android OS di mana aplikasi-aplikasi bawaannya tersimpan, Anda perlu melakukan penelusuran (rooting). Pada dasarnya, proses rooting pada ponsel Android memberi Anda akses Super-User (SU) ke Android OS, yang memungkinkan melakukan perubahan di mana Anda tak memerlukan izin untuk itu. Perubahan itu termasuk un­tuk menginstal aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses penelusuran. Proses rooting ini cukup merepotkan.

Namun, salah satu opsi yang Anda miliki sebagai pengguna ponsel pintar Android adalah menghentikan dan me­nyembunyikan aplikasi-aplikasi bawaan Android yang tak Anda butuhkan dan tak bisa Anda hapus, tanpa melakukan root­ing.

Untuk itu hal pertama yang perlu dilaku­kan adalah menghapus semua widget dan pintasan ke aplikasi yang Anda mau sembunyikan dari main screen di ponsel Anda. Caranya, Anda cukup mengetuk dan menahan sambil menggeser widget/ pintasan itu ke ikon tempat sampah. Se­lanjutnya, unduh dan instal aplikasi yang dinamai Advanced Task Killer. Aplikasi Android ini memungkinkan Anda menia­dakan proses-proses (program running) pada aplikasi-aplikasi yang tak Anda gu­nakan. Anda juga bisa melakukan set-up aplikasi untuk melenyapkan secara oto­matis aplikasi Android yang tak Anda per­lukan ketika ponsel Android Anda melaku­kan booting.

Jika Anda sudah selesai dengan proses di atas, maka Anda tak akan melihat lagi aplikasi-aplikasi yang tak Anda gunakan pada drawer aplikasi Android OS Anda.

Nah, selanjutnya, Anda bisa melaku­kan uninstal aplikasi bawaan (yang tak diproteksi) dari OS Android, tanpa harus melakukan rooting yang cenderung mere­potkan. Namun, untuk itu Anda perlu lebih dulu mengunduh dan menginstal aplikasi gratisan dari Android Market. Silakan ma­suk ke Android Market, unduh dan instal program yang dinamai ’uninstaller’.

Jika program itu sudah terinstal di pon­sel Anda, maka program tersebut akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang telah terinstal pada ponsel Anda dan opsi un­tuk menghapus aplikasi bawaan Android yang tak terproteksi dari ponsel Anda.

Ingat, satu-satunya alasan yang Anda butuhkan untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan itu adalah mengurangi muatan pada kartu memori di ponsel Anda.

5 Trik Praktis Mengoperasikan Ponsel Android

BELAKANGAN ini kian banyak ponsel pintar berbasis sistem pengoperasian (operating system/OS) Android beredar di pasar. Ini OS mutakhir dan menawarkan banyak manfaat. Namun, penggunanya perlu menguasai sejumlah trik untuk memperoleh keuntungan optimal dari OS tersebut. Berikut ini beberapa tips dan trik praktis untuk membantu Anda mendapat­kan keuntungan lebih besar dari ponsel berbasis Android.

Trik 1: Memutar File MPEG-4 H.264
Ponsel yang dijalankan dengan Android sudah ditanami perangkat untuk pemu­taran video. Perangkat ini memungkinkan Anda memutar file MPEG-4 H.264 dengan performa lebih smooth di layar ponsel ber­basis Android. Anda bisa mendapatkan setting-setting untuk memutar file MPEG-4 pada ’Video Player’ Android standar yang, sayangnya, mesti Anda unduh dulu dari An­droid Market. Maklum, Android tak dileng­kapi video player. Jangan khawatir, Video Player ini bisa Anda unduh secara gratis dari Android Market dan hanya memerlukan proses pengunduhan beberapa detik saja.

Trik 2: Menggunakan Google Search
Ada ikon pada layar ponsel berbasis Android yang akan membawa Anda ma­suk ke halaman Google Search. Ini fitur untuk melakukan pencarian dengan cepat di Internet. Namun, Anda juga bisa me­manfaatkan fitur tersebut untuk keperluan lain. Misalnya, jika Anda sedang berada di website yang dibangun oleh Google, seperti YouTube, Anda bisa mengklik ikon itu untuk mencari website lain dari Google, dengan mengetik pada kotak pencarian yang muncul kemudian.

Trik 3: Menggunakan Tombol Pintasan
Selama Anda mengetik, jika ingin meng­gunakan huruf dengan font/karakter khu­sus, menghapus satu baris teks sekaligus, menggunakan huruf kapital saja, atau menggunakan fungsi-fungsi lain, berikut ini petunjuk agar Anda bisa melakukannya dengan cepat dan tidak repot: .
1. Memasukkan font/karakter khusus: tekan ALT + sSpacebar.
2. Memblok (highlight) teks: tekan Shift dan gulirkan Trackball.
3. Menggunakan huruf kapital saja: tekan Shift dua kali.
4. Menghapus baris teks di mana kursor berada: tekan ALT + Delete.
5. Memindahkan kursor ke bagian awal atau akhir teks: tekan Alt dan pada saat yang sama gulirkan Trackball.
6. Memasukkan tab space: tekan Alt + Q.

Trik 4: Memasukan file ke SD Card
Untuk memasukan file (dokumen) ke dalam SD Card di ponsel Anda, sambung­kan ponsel dengan PC/laptop menggu­nakan kabel USB. Selanjutnya, tarik ke bawah notification bar di bagian paling atas home screen pada ponsel Anda. Pilih USB connected, kemudian pilih tombol mount, sampai muncul pop-up windows atau removable disk di PC/laptop Anda. Nah, berikutnya, salin file ke SD Card di ponsel Anda.
Setelah file tersimpan di SD Card, Anda bisa menghilangkan tampilan mapping SD Card di PC/laptop dengan menarik ke bawah notification bar pada bagian paling atas home screen di ponsel Anda, kemu­dian pilih turn off USB storage dan, tera­khir, tekan tombol off.

Trik 5: Meneruskan SMS dengan Cepat
Untuk meneruskan dengan cepat SMS yang Anda peroleh, tekan dan tahan pesan yang akan Anda teruskan hing­ga muncul menu pilihan Forward SMS. Setelah itu, masukkan nomor tujuan