Tuesday, January 17, 2012

Tablet Windows 8 Harganya Terlalu Mahal?

 Tablet Windows 8 di jagokan untuk menjadi saingan sesungguhnya untuk dominasi iPad di pasar tablet. Tablet Windows 8 yang menggunakan prosesor Clover Trail dari Intel akan mengalami sedikit masalah yang berkaitan dengan harga jual.

Tablet Windows 8 yang menggunakan prosesor Clover Trail dari Intel akan mengalami sedikit masalah yang berkaitan dengan harga jual. Dikatakan kalau tablet Windows 8 - Intel akan berharga di atas 599 dolar. Dengan range harga yang termasuk premium, akan membuat banyak pabrikan lebih memilih untuk menggunakan ARM ketimbang x86.

Jika Intel dan Microsoft menurunkan harga, maka hal tersebut akan sangat merusak harga pada pasar PC dan menurunkan gross margin untuk performa mereka. Jika mereka mengambil langkah sebaliknya dan memihak para konsumen, maka ada kemungkinan strategi tersebut akan membantu mereka meningkatkan pangsa pasar dari tablet Windows 8.

Para vendor pun bisa jadi akan beralih ke chipset berbasis ARM yang diproduksi oleh Nvidia, Qualcomm dan Texas Instrument bila Intel bersikeras untuk tidak menurunkan harga dari platform Clover Trail-W, alasannya sudah jelas yaitu untuk penghematan biaya produksi. Microsoft sendiri pernah mengatakan kalau meski sama-sama menggunakan Windows 8, komputer berbasis ARM dan x86 akan menggunakan aplikasi yang berbeda, yang artinya aplikasi yang dibuat untuk ARM tidak akan kompatibel untuk x86 dan sebaliknya.

Masih dimungkinkan Microsoft dan Intel untuk merevisi keputusan mereka, seperti diketahui bahwa produsen perangkat non-Apple masih akan kesulitan untuk bersaing dengan Apple di pasar tablet.

 
< Prev  

No comments:

Post a Comment