Monday, January 9, 2012

5 Alasan Harga Tablet Dipangkas

 Dihadapkan dengan penurunan penjualan, pembuat tablet datang dengan berbagai strategi untuk merayu pembeli. Termasuk pada perombakan desain, upgrade antarmuka dan inovasi teknologi, beberapa di antaranya memutuskan untuk memangkas harga tablet.

Dilansir IB Times, Minggu (18/1/2012), menurut analis penurunan harga tablet ini karena beberapa hal, yaitu:

1.Koreksi pasar: Menurut Avi Greengart, analis Current Analysis mengatakan hal ini karena beberapa tablet hanya belum dirancang dengan benar. "Jika Anda memiliki produk yang tidak kompetitif, Anda harus mengeluarkannya dan memindahkan persediaan yang ada. Dan salah satu caranya adalah dengan menurunkan harga,"jelas Greengart.

HP juga terlihat memangkas harga touchpad pada USD99 pada model 16GB, untuk meningkatkan penjualannya. Ini tidak membuat banyak perbedaan dan perusahaan pada akhirnya terpaksa menutup bisnis tablet pada akhir tahun lalu. Di tempat lain, RIM juga terlihat mengalami penjualan yang stagnan pada tabletnya.

"Anda tidak memotong harga untuk menciptakan pangsa pasar, tapi melakukannya untuk keluar dari pasar," ujar Greengart.

2.Strategi harga yang tidak tepat: Banyaknya tablet dengan menghadirkan berbagai macam harga juga menjadi alasannya, bahkan menurut Roger Entner dari Recon Analytics, sebagian besar tablet di pasar terlalu mahal.

3. Pemintaan vs Tantangan Penawaran: Apple bisa mempertahankan permintaan yang besar, dengan memproduksi perangkat tablet dalam jumlah yang besar. Sebaliknya, produsen kecil memiliki sumber daya yang terbatas untuk bisa memproduksi dalam jumlah besar.

4. Adanya Rival Tablet dengan harga murah: Amazon Kindle Fire dan Nook Tablet dari
Barnes & Noble, memiliki harga yang strategis yaitu SD199 dan USD249 pada masing-masing perangkat. Kuncinya di sini adalah memanfaatkan permintaan untuk perangkat tablet murah dan memasarkan konten aplikasi eksklusif pada konsumen.

Dengan alasan ini juga ada yang gagal untuk mengadopsi strategi tersebut, sehingga menempatkan para vendor tablet berada di bawah tekanan harga.

5.Upgrade Software
: Pembuat tablet di seluruh dunia sedang sibuk meluncurkan upgrade software, untuk bersaing dengan tuntutan perubahan pengguna dan menawarkan dukungan yang lebih baik dengan kinerja aplikasi. Sehingga ini akan membuat produk mejadi lebih tua, karena keterbatasan perangkat keras mereka dan ketidakmampuan untuk mendukung platform baru.(okezone)

 

No comments:

Post a Comment