Wednesday, January 4, 2012

Sony hasilkan listrik baterai dengan kertas dan karton bekas


Gadgetan – Apakah Anda mempunyai banyak koran bekas ataupun kardus bekas yang tidak terpakai dan selalu dibuang?  Tahukah Anda kalau semua itu dapat dijadikan energi listrik?  Baru-baru ini peneliti dari Sony memperlihatkan teknologi daur ulang yang mampu menghasilkan listrik dari produk selulosa seperti kertas maupun karton bekas, tanpa dibakar ataupun menghasilkan polusi.

Cara kerja dari teknologi daur ulang ini sangatlah alami dengan menggunakan cairan enzim selulase yang ditemukan pada rayap pemakan kayu untuk menghancurkan produk selulosa yang kemudian akan menghasilkan glukosa-glukosa dan beberapa enzim lain. Hasil dari glukosa dan enzim ini dapat mengikat elemen elektron dan ion hidrogen yang digunakan untuk mengisi baterai.
Teknologi ini tentunya masih terlalu awal dan belum dapat digunakan untuk mengisi perangkat elektronik dengan daya serap tinggi.  Saat ini teknologi daur ulang ini hanya mampu digunakan untuk mengisi baterai seperti Walkman Sony dan perangkat elektronik kecil lainnya.  Tentunya tidak seperti baterai lain yang menggunakan zat-zat kimia yang beracun, teknologi hijau ini diharapkan dapat terus berkembang dan dapat digunakan untuk menggantikan baterai dan sumber energi kita di masa depan.

No comments:

Post a Comment