Wednesday, January 4, 2012

4 Alasan Mengapa Windows 8 Akan Sukses

 Windows memang terlihat agak ketinggalan di dalam pangsa smartphone dan tablet yang saat ini dikuasai oleh produk Apple dan juga Android. Bagi Anda yang mengikuti berita teknologi, pasti Anda juga telah mendengar mengenai OS terakhir...

Yang sedang dikembangkan oleh Windows yaitu Windows 8 yang akan dirilis beta pada Februari 2012 tahun depan. Tentunya ada sesuatu yang membedakan Windows 8 dari iOS dan Android yang dapat menjadi kunci keberhasilan mereka di tahun depan.

1. Cross Platform arsitektur prosessor (ARM & x86)

Windows 8 dapat berjalan pada arsitektur prosessnr ARM (kebanyakan dipakai pada smartphone dan tablet) dan prosessor x86 (kebanyakan dipakai pada komputer pc).  Ini menjadi suatu terobosan yang luar biasa, karena di masa depan kita dapat melihat pengintegrasian antara komputer tablet dan PC yang lebih baik.

2. UI yang elegan

Tidak seperti kebanyakan tablet di luar sana yang mencontek UI dari iPad, Windows 8 mempunyai karakteristik tersendiri dan unik untuk design dari UI nya. UI indah dari Windows 8 ini menggunakan konsep “Tiles” yang jika diterjemahkan berarti ubin.  Di OS yang baru ini, Windows memang sepertinya mau bergerak jauh dari konsep icon yang sudah lama dipakai sejak dulu.  Dengan “Tiles” ini, pengguna dapat melihat sekilas konten yang ada di dalam folder atau suatu aplikasi.  Windows 8 juga mempunyai 2 UI yaitu tablet UI dan desktop UI yang pengguna dapat pilih dan ganti kapan saja.  Tentu saja fitur ini akan sangat membantu untuk pengguna yang memang sudah terbiasa dengan tampilan Windows 7.

3. Multitasking


Windows 8 memungkinkan penguna untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus secara paralel atau biasa disebut multitasking.  Memang konsep multitasking ini sepertinya dapat juga dilakukan oleh tablet-tablet lain termasuk iPad.  Namun jangan salah, iPad sendiri sebenarnya tidak dapat melakukan multitasking, hanya saja dibuat seolah-olah mampu menjalankan multitasking. iOS menyimpan state dari aplikasi yang ditutup dan jika dibuka kembali, iOS akan melanjutkan dari state terakhir kali aplikasi tersebut ditutup.  Lain halnya dengan Windows 8 yang memang didesain menggunakan konsep PC yang melakukan multitasking.

4. Aplikasi Windows 8 menggunakan HTML5

Aplikasi-aplikasi yang akan digunakan oleh Windows 8 akan menggunakan standard HTML5 yang memang adalah bahasa standard terbaru untuk web.  Penggunaan HTML5 ini akan membantu Windows untuk menjembatani aplikasi antara platform arsitektur yang berbeda dan juga antara tablet, smartphone dan juga PC yang saat ini masih sangat sulit dilakukan bahkan oleh Android dan iOS.

Melihat potensi-potensi dari Windows 8, sepertinya mereka tidak akan tertinggal terlalu jauh dari segi teknologi, bahkan mereka mungkin akan sukses bersaing dengan iOS maupun Android di pangsa smartphone dan tablet.(gadgetan)

No comments:

Post a Comment