Friday, September 23, 2011

Review HTC Chacha, Menambah Pengalaman Ber-facebook

Pada awalnya ponsel HTC Chacha ini dirumorkan sebagai ponselnya Facebook, namun pada akhirnya tidak demikian. HTC Chacha bukan ponsel besutan dari Facebook dan bukan juga ponsel khusus Facebook. Melainkan HTC Chacha adalah sebuah ponsel untuk dapat menambah pengalaman kamu untuk ber-facebook. Kenapa dikatakan demikian? ya lihat saja ponsel ini memiliki satu tombol khusus untuk mengakses layanan Facebook. Tombol Facebook tersebut berada diposisi bawah setelah tombol-tombol keyboard QWERTY.


Sebagai ponsel kelas menengah, ponsel ini layak untuk dimiliki, kenapa? karena dengan harga kelas menengah fitur yang didapat sangat komplit seperti ponsel-ponsel papan atas. Di HTC Chacha ini memiliki keyboard QWERTY sungguhan, memiliki layar sentuh (touch screen), tedapat dua kamera depan dan belakang, dan mengusung OS terkini yaitu Android 2.3 Gingerbread. Tidak banyak ponsel pintar memiliki  kelengkapan fitur seperti ini dengan harga kelas menengah.
Berikut spesifikasi HTC Chacha:
- CPU 800MHz Qualcomm MSM7227 processor, 512MB RAM
- 114.4 x 64.6 x 10.7 mm
- Keyboard QWERTY
- Layar TFT capacitive touchscreen, 256K colors
- Ukuran Layar 480 x 320 pixels, 2.6 inches
- Gorilla Glass display
- Berat 120 g
- Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB
- Kamera belakang 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash
- Kamera depan VGA
- Stereo FM radio with RDS
- Baterai Li-Ion 1250 mAh
- Android OS, v2.3 (Gingerbread)
- HTC Sense 2.1 UI
- GPS


Casing Dan Rancangan Desain
Ponsel HTC Chacha bila digenggam dapat dirasakan bahwa ponsel ini pas ukurannya (tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar). Walau casing terbuat dari material plastik tapi kualitasnya sangat baik (tidak terlihat murahan). Ponsel ini tersedia dua pilihan warna putih dan warha hitam. Dengan rancangan desain paduan 2 warna pada setiap casing (untuk putih dipadu dengan silver, dan juga untuk hitam dipadu dengan abu-abu) membuat penampilan HTC Chacha menjadi menarik untuk dilihat. Kemudian bingkai dari layar kaca yang berwarna hitam juga menambah sexy ponsel ini. Menurut penilis karena casing terbuat dari plastik solid berkualitas kuat, membuat penutup baterai dibelakang sedikit sulit untuk dibuka, perlu extra tenaga untuk membukanya. Untuk speaker diletakan dibagian belakang berdekatan dengan posisi kamera,  hal ini agar sewaktu ponsel diletakan di meja posisi speaker tidak tertutup, melainkan ada sedikit celah karena tonjolan kamera, dengan celah tersebut membuat suara nyaring berbunyi. Bodi ponsel ini sedikit melengkung, mungkin difungsikan agar jarak pandang ke layar dan penggunaan keyboard menjadi nyaman.


Layar Dan Tampilan Muka
Walaupun ukuran layarnya hanya sebesar 2.6″ namun cukup mempuni untuk menampung semua kebutuhan mulai dari penempatan icon-icon, widget dan bar notifikasi. Karena HTC Chacha telah dilengkapi dengan HTC Sense 2.1 User Interface maka tampilannya pun menjadi cantik. 7 halaman (home screen) dapat dihiasi dengan berbagai widget sentuhan dari HTC seperti Weather (ramalan cuaca), Facebook, Twitter, Calendar, Clock, Messages, Contact Phonebook, dsb (tersedia 42 widget dari HTC). Sentuhan layar begitu responsif. Dengan OS Android Gingerbread menjadikan ponsel ini semakin ringan dalam kecepatan.

Keyboard QWERTY
Tidak banyak ponsel pintar memiliki tombol-tombol keyboard yang enak untuk dipijit/ditekan, tapi untuk HTC Chacha ini tombol-tombol keyboardnya sangat baik membuat pengetikan-pengetikan menjadi nyaman. Satu tombol dibawah yang berlogokan Facebook, bila kita menekannya maka akan langsung muncul menu “Post to My Wall-nya Facebook”, sehingga dengan demikian kita dapat terus selalu aktif dalam meng-update sesuatu di Facebook. Memang diharapkan pengguna ponsel HTC Chacha ini adalah para aktifis-aktifis pengguna Facebook. Sungguh disayangkan bila pengguna HTC Chacha ini seseorang yang tidak gemar bermain Facebook. Tapi rasa-rasanya siapa sih yang tidak main Facebook pada zaman sekarang? hampir semua dari  kita main Facebook!

Kamera
Walau sosok HTC Chacha tergolong mungil, tapi soal kamera tidak tergolong rendah, kamera belakang berbekal 5MP, bisa dikatakan cukup jarang ponsel mungil kelas menengah memiliki kamera 5MP, tapi HTC Chacha memilikinya. Kamera dilengkapi dengan fitur Auto Focus, dan cara pengaturan fokus nya pun cukup mudah hanya dengan sentuhan jari untuk meletakan posisi fokus yang kita inginkan. Disertai dengan lampu cahaya (led flash) dan terdapatnya kamera depan membuat HTC Chacha tidak ketinggalan soal kamera, bisa dibilang cukup terdepan. Dengan kelengkapan kamera seperti ini sangat mendukung kamu dalam hal meng-update foto-foto di akun Facebook kamu. Sungguh asyik!


Web Browser
Dari segi fungsi HTC Chacha dalam hal menjelajah web internet tidak ada masalah berarti, karena dukungan OS terkini dan layar sentuh membuat kita dengan mudah mengoperasikannya, seperti melakukan membuka tab baru, zoom in/out, geser-geser halaman dengan jari. Namun karena ukuran layar yang tidak besar (bukan kategori ponsel berlayar penuh dibagian bodi sisi depan) sehingga berkesan ruang sempit.

Kesimpulan
HTC Chacha ini sangat pas untuk para kawula muda yang gemar dan aktif akan jejaring soial seperti Facebook-an atau Twitter-an. Bentuk yang mungil mudah disimpan didalam kantong saku, papan ketik QWERTY yang sangat nyaman memudahkan dalam mengetik tulisan, serba praktis dan cepat.
Kelebihan:
- Fitur lengkap: keyboard QWERTY, layar sentuh, Kamera belakang 5MP, kamera depan VGA, OS Android Gingerbread
- Bentuk mungil, mudah dimasukkan dalam kantong saku, praktis
Kekurangan:
- Layar kecil, sehingga isi layar terlihat padat dan sempit.

No comments:

Post a Comment