Friday, September 23, 2011

Masalah Terbesar RIM: Besar Mulut, Tidak Ada Bukti

 Bukan tidak ada alasan kenapa para analis teknologi dan pasar kini ragu dengan masa depan RIM. Kasus terbaru tentunya tentang BlackBerry PlayBook. Proyek tablet pertama itu bahkan gagal di tahun awal penjualannya.

Laporan keuangan RIM untuk periode kuartal kedua 2011 menyebutkan RIM hanya mampu mengirim 200 ribu unit PlayBook.

Hal yang sama terjadi pada BlackBerry smartphone. Seperti halnya BlackBerry PlayBook, di kuartal yang sama penjualan BlackBerry smartphone juga merosot. Namun dalam hal ini para analis masih percaya pada ucapan co-CEO Jim Balsillie dan Mike Lazaridis bahwa RIM akan mampu mengirim 13,5 juta - 14,5 juta BlackBerry devices pada kuartal ketiga ini. Itu artinya RIM menaikkan target dari 10,6 juta unit di kuartal kedua kemarin.

Bagaimana RIM bisa yakin penjualan BlackBerry devices akan meningkat?

RIM percaya bahwa kuartal kedua 2011 (Jun-Aug, versi RIM) adalah waktu yang sangat singkat (3 minggu) bagi BlackBerry OS sebelum kuartal dua berakhir di 31 Agustus 2011. Perbaikan strategi bisnis dilakukan untuk kuartal ketiga ini dengan menurunkan harga BlackBerry PlayBook dan memberikan software update QNX OS. Namun analis dari JMP Securities, Alex Gauna, menyangsikan RIM akan berhasil di kuartal ketiga. Gauna menyebut PlayBook sebagai bentuk ‘limbah raksasa dari sebuah model produk yang belum rilis.’

Rasa pesimis para analis pastinya beralasan. Itu tak lain karena apa yang diucapkan co-CEO RIM selalu berbeda dengan kenyataan. RIM dianggap memiliki mulut besar namun tidak bisa membuktikan kesombongannya itu.

Di sini Anda bisa melihat bagaimana perjalanan sejarah RIM; apa yang disampaikan Balsillie selama conference call dan apa yang menjadi kenyataan:

15 September 2011:
“Kita mengalami peningkatan dan penurunan penjualan BB7 yang cukup berarti di Amerika Utara. Kami berencana untuk melipat-gandakan jumlah model BlackBerry yang dijual di Amerika dan meningkatkan jumlah carrier yang memasarkan produk kami. Itu akan meningkatkan posisi kami di masa mendatang. Kami yakin sekali BB7 akan memberikan hasil seperti yang telah kami targetkan.”

Fakta: masih proses

16 Juli 2011:
“RIM rilis PlayBook pada kuartal pertama 2011 di online store di seluruh Amerika termasuk Best Buy,Staples, Office Depot dan masih banyak lagi. Kami telah mengirim 500 ribu unit di kuartal pertama ini. PlayBook menawarkan kekuatan, mudah dijangkau dan layanan web yang kuat. PlayBook adalah produk penting RIM bukan hanya karena pertumbuhan tablet yang dijanjikan namun juga karena PlayBook adalah tablet pertama kami dan merupakan BlackBerry device pertama berbasis QNX yang akan menjadi inti dari smartphone BlackBerry di masa mendatang.”

Fakta: RIM hanaya mengirim 200.000 PlayBooks pada kuartal kedua 2011 yang berakhir August.

28 April 2011:
“Kami menyebut BlackBerry 6.1, 7.0 sebagai BlackBerry 7.0 karena itu adalah upgrade besar dari 6.0. Perbaikan grafis, browser dan web experience, touchscreen baru yang lebih sensitif, akselerasi grafis untuk gaming, hardware yang lebih cepat, memory lebih tinggi dan perbaikan umur baterai. Playbook adalah tablet sakti baik untuk konsumen maupun enterprise. Kami yakin bisa sukses dengan PlayBook dalam jangka panjang.”

“Anda akan melihat sebuah platform yang sangat kuat di BlackBerry World minggu depan, untuk smartphone, untuk tablet, untuk konsumen dan enterprise. Tim kami telah bekerja keras untuk membuat platform tersebut sempurna.”

Fakta: BlackBerry World ditunda dan hal-hal yang dijanjikan seperti kompabilitas Android dengan PlayBook masih harus menunggu sampai Oktober. Balsillie mengatakan RIM bisa mencapai sekitar $7.50 per saham dalam untuk tahun fiskal 2011. Sementara para analis yakin dengan $4,91 per saham.(gopego)

No comments:

Post a Comment