Tuesday, August 23, 2011

Windows 8 mendukung akses USB 3.0

Gadgetan – Microsoft belum secara resmi merilis sistem operasi Windows 8 yang kini kabarnya sedang dalam tahap pengembangan. Dalam tahap pengembangan tersebut, pihak dari Microsoft telah merilis sebuah video pengembangan Windows 8 terkait penggunaan USB 3.0. Dalam videonya di bawah ini, pihak development Microsoft menunjukan bahwa sistem operasi Windows 8 yang sedang dikembangkannya akan memberikan dukungan penuh terhadap akses data dari USB 3.0.

Pihak Microsoft menunjukan, ketika menggunakan USB 2.0 kecepatan yang akan didapatkan pengguna jauh dari harapan, sebuah kecepatan yang mungkin akan membuat pengguna merasa kesal menunggu ketika sedang mengirim data. Namun, dengan adanya dukungan penuh terhadap USB 3.0, dalam video demonya pihak Microsoft menampilkan pengiriman data yang tidak akan berlangsung lama.
Pengiriman data dengan menggunakan USB 3.0 dikatakan 10 kali lipat lebih cepat daripada USB 2.0, dan akan lebih menghemat waktu daripada harus menunggu pengiriman data yang terlalu lama. Dalam uji cobanya, data dengan kapasitas 2 GB bisa terkirim dengan mulus hanya dalam waktu beberapa detik saja. Bayangkan, mungkin butuh waktu bermenit-menit untuk mengirim data sebesar itu, dengan spesifikasi komputer yang tinggi sekalipun.
Banyak yang menduga, Windows 8 baru akan dihadirkan pada tahun 2012 mendatang bersamaan dengan hadirnya tablet PC berbasis Windows 8. Selain dari tahun 2012, ada pula yang berharap Windows 8 dapat tiba pada akhir 2011 ini.

No comments:

Post a Comment