Friday, August 19, 2011

HP Hentikan Sistem Operasi WebOS



 HP baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan perangkat WebOS, termasuk perangkat tablet touchpad yang baru saja dirilis dan semua ponsel webOS mendatang.

Berita ini cukup mengagetkan mengingat HP baru saja merilis tablet berbasis webOS pertamanya, TouchPad, ke pasaran 6 pekan lalu. Apalagi TouchPad disebut-sebut sebagai tablet yang merupakan pesaing kuat iPad di lini PC tablet.

Pengumuman datang sebagai bagian dari pemberitahuan bahwa HP adalah pembelian sebuah perusahaan perangkat lunak yang disebut Autonomous dan divisi PC-nya. Semua yang tersisa sekarang adalah iOS, Android dan Windows Phone 7. Dan kita juga semua tahu bahwa kini Blackberry OS telah beralih ke QNX.

Beberapa toko di Amerika telah berhasil menjual perangkat TouchPad namun itu tidak memberikan keuntungan yang siginifikan bagi HP dan karena itu HP akan meninggalkan WebOS.

HP membeli peranti lunak webOS dari perusahaan Palm pada tahun April 2010, dengan nilai akuisisi mencapai USD1,2 miliar. Dana itu menjadikan salah satu pembelian terbesar yang dilakukan oleh HP. Saat itu optimisme menyeruak, apalagi HP merupakan vendor PC nomor satu dunia.

No comments:

Post a Comment