Monday, August 8, 2011

Review LG Optimus 2X, Processor Kencang, Layar Tajam, Kamera Indah


Yang tersirat dari ponsel pintah LG Optimus 2X adalah inovasi dual processor-nya, LG menciptakan inovasi pertama yang membuat ponsel pintar dengan dual processor. Inovasi membuat perhatian dunia kepadanya, yang kemudian vendor-vendor lain turut mengikutinya membuat ponsel pintar dengan dual processor juga. Saat ini bukan hanya LG Optimus 2X saja yang memiliki dual processor tetapi teman sekelasnya juga sudah mengusung dual processor yang sejenis.


LG Optimus 2X merupakan ponsel pintar yang tergolong tipis (walau bukan tertipis nomor 1 didunia). Disain yang bagus dengan menggunakan bahan material yang berkualitas baik dan solid. Dari bentuk, bobot dan disain, ponsel ini cukup nyaman di genggam. Dibagian sisi belakang terdapat bahan chrome yang tercetak logo Google. Tombol-tombol power, volume suara, lobang input earphone dan sambungan HDMI didisain dengan rapih dan manis.


Spesifikasi:
  • CPU Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 proccessor, ULP GeForce GPU, Tegra 2 AP20H chipset
  • Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran 480 x 800 pixels, 4.0 inches
  • Gorilla Glass display
  • Memori internal 8 GB
  • Kamera utama 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash
  • Kamera kedua (depan) 1.3 MP
  • OS Android OS, v2.2 (Froyo), upgradable to v2.3


Sebenarnya sedikit disayangkan, untuk LG Optimus 2X yang masih menggunakan sistem operasi Android versi 2.2 (Froyo) yang semestinya akan menjadi lebih galak lagi bisa menggunakan Android versi 2.3 (Gingerbread). Kenapa Gingerbread lebih baik dari pada Froyo? karena pada sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread) tersebut didalam hal penggunaan memorinya lebih ramping, sehingga ponsel pintar benar-benar terasa ringan dan cepat untuk sistem operasinya. Tapi walaupun demikian kecepatan dual processor sangat terasa.


Dengan menggunakan layar ukuran 4 inch membuat ponsel pintar ini tergolong memiliki layar besar. Sangat nyaman untuk memutar dan melihat film-film, melihat galeri foto. Warna-warna yang dihasilkan begitu cerah dan tajam, didukung dengan kualitas kaca Gorilla membat ponsel pintar ini nyaman untuk dioperasikan. Jari-jari yang membelai kaca layar begitu nyaman sekali, ditambah disain ponsel ini dibagian ujung sisi kiri dan kanan berbentuk sedikit lengkung menjadikan usapan–usapan jari-jari begitu nyaman (dirasa-rasa seperti lembut kacanya).

Lensa kamera belakang yang berkekuatan 8 MP sangat bagus dalam menghasikan foto-foto. Saat ini tak banyak memang ponsel pintar yang mengusung kamera 8 MP, jadi LG Optimus 2X sangat terdepan soal kualitas kameranya. Begitu juga untu memutar film-film sangat mulus dan lancar, hal ini karena didukung dual processornya. Dikarenakan permainan animasi begitu lancar di ponsel ini, maka widget weather (cuaca) bawaan asli LG nya dapat menampilan dengan halus untuk efek animasi cuaca seperti bila hujan makan di kaca akan terdapat bercak-bercak air dan terlihat gerimis, sedangkan bila cuaca sangat cerah maka akan tampi animasi singkat matahari berjalan dengan efek cahayanya.

Menurut penulis ponsel pintar LG Optimus 2X ini memiliki ketidak stabilan dengan sistem operasinya. Terbukti bahwa untuk pengaturan terang/redup (brightness) sering tidak berjalan, kita sudah mensetnya agar redup atau di set ke auto tetapi tetap saja layar mengeluarkan terang (brightness) yang begitu sangat kontras secara terus menerus, solusinya adalah kita harus menggunakan aplikasi tambahan lalu meng-installnya, aplikasi pengaturan cahaya dapat diunduh dari menu Market Android, gratis. Lalu kestabilan koneksi Wi-Fi akan menjadi mati (off) bila kondisi layar menjadi terkunci (lock screen), padahal dari menu setting kita sudah men-set agar koneksi Wi-Fi terus menyala walau kondisi apapun, solusinya juga harus menggunakan aplikasi tambahan, namun terkadang aplikasinya juga tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Bila kita membeli LG Optimus 2X, kita juga diberi kabel HDMI yang gunanya untuk mengkoneksikan ponsel LG Optimus 2X ke layar Televisi. Kita dapat bermain game atau memutar film serta melihat foto-foto melalui layar TV. Untuk fitur ini ponsel pintar lain belum banyak menyediakan sambungan HDMI, fitur ini merupakan salah satu unggulan dari LG Optimus 2X.

Kesimpulannya, ponsel LG Optimus 2X ini layak untuk kamu miliki, karena ponsel ini mengusung dual processor, layar lebar 4 inch serta warna layar yang cerah, menggunakan kaca Gorilla, dan menyediakan kamera dengan 8 MP. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, tidak banyak ponsel pintar lain memilikinya. Walau disayangkan sistem operasi yang digunakan masih Android Froyo dan terdapat sedikit ketidak stabilan pada sistem operasi terebut.

No comments:

Post a Comment