Monday, August 22, 2011

Apple test jaringan 4G LTE di iOS 5

Gadgetan – Kabar terbaru mengenai Apple menyebutkan, Apple sedang melakukan test/pengujian koneksi jaringan 4G LTE di dalam Apple iOS 5. Apple iOS 5 sendiri merupakan sistem operasi terbaru untuk perangkat gadget keluaran Apple yang diperkenalkan pada awal Juni kemarin. Awal pekan lalu, Boy Genius Report bahkan telah mengklaim bahwa Apple telah menguji 4G LTE pada iPhone 4 dengan mitra operator seperti AT&T. BGR percaya bahwa ini berarti Apple juga sudah melakukan pengujian hardware LTE di lapangan dan diperkirakan akan datang smartphone Apple yang mendukung koneksi 4G LTE.

LTE sendiri adalah istilah nirkabel generasi berikutnya dari jaringan broadband 3G yang saat ini sedang digunakan oleh beberapa operator di AS seperti Verizon dan AT&T. Kecepatan data yang ditawarkan oleh LTE tersebut diperkirakan akan membawa dampak yang signifikan dibandingkan dengan jaringan yang sudah ada seperti pada iPhone 3G.
Dalam rumor, terselip sebuah file yang diduga sebagai  kode file plist LTE atau LTE.plist. Mengenai hal ini, situs Engadget beberapa waktu lalu juga telah menampilkan foto dari sumber yang menyatakan bahwa AT&T telah meng-install 4G LTE di sebuah toko ritel Apple . Dan akhir pekan lalu, Forbes telah melaporkan bahwa Apple telah mengeluarkan daftar pekerjaan kepada insinyur berkeahlian LTE untuk pengujian lapangan.
Adapun mengenai chipset LTE yang dipilih Apple untuk iPhone-nya diyakini adalah dari Qualcomm MDM9615. Jika rumor ini benar, sebentar lagi mungkin kita bisa melihat iPhone ataupun gadget Apple lainnya yang hadir dengan dukungan koneksi tercepat dari 4G LTE yang sudah mulai diadopsi oleh banyak operator di dunia, seperti kabar beberapa bulan lalu yang mengatakan bahwa operator XL di Indonesia juga tertarik dan sedang melakukan uji coba jaringan LTE. Sebelumnya, iPhone berkoneksi 4G juga dikabarkan hadir bersama dengan operator AT&T.

No comments:

Post a Comment