Thursday, August 25, 2011

BlackBerry terbaru dengan QNX dikabarkan dukung aplikasi Android


Gadgetan – Smartphone terbaru BlackBerry kabarnya akan mendapatkan dukungan dalam menjalankan aplikasi Android lewat BlackBerry terbaru QNX dari pembesutnya, RIM. Di tengah semakin ketatnya persaingan pasar smartphone, Research In Motion (RIM) rupanya terus berusaha untuk meningkatkan daya tarik BlackBerry dan menghidupkan kembali penjualannya yang dikabarkan sempat melambat. RIM berencana untuk mengaktifkan model terbaru BlackBerry untuk dapat menghadirkan dukungan ke ribuan aplikasi Android yang diharapkan dapat tiba pada tahun 2012 mendatang.
Dari rumor yang berkembang, smartphone BlackBerry akan diberikan dukungan perangkat lunak QNX baru dari RIM. Perangkat lunak QNX terbaru dari RIM ini dijadwalkan menjalankan berbagai aplikasi Android di smartphone BlackBerry. Untuk ketersediaan, seperti informasi yang dilansir Gadgetan melalui Bloomberg, dukungan perangkat lunak QNX baru ini diharapkan untuk tiba pada awal tahun 2012.
“BlackBerry akan berjalan pada perangkat lunak baru QNX RIM dan akan kompatibel dengan Android, RIM telah menyatakan rencananya untuk memperkenalkan BlackBerry QNX ini di awal tahun 2012″ ujar keterangan Bloomberg. Ada lebih dari 250.000 aplikasi yang tersedia di download dari Android Market Google, atau sekitar enam kali lebih banyak dibandingkan ketersediaan aplikasi di App World RIM.
Dari kabar terbaru, smartphone BlackBerry yang mengandalkan sistem operasi QNX atau sebuah sistem operasi yang dipakai pada tablet BlackBerry Playbook ini akan bernama BlackBerry Colt. Dalam beberapa pekan terakhir ini RIM telah menghadirkan jajaran smartphone terbarunya dengan andalan sistem operasi BlackBerry 7 yang dilengkapi dengan layar sentuh, bahkan ketersediaan dukungan untuk teknologi NFC seperti BlackBerry Bold 9900, 9930, BlackBerry Torch 9810, 9850, dan 9860, serta yang terbaru ada BlackBerry Curve 9350, 9360 dan 9370.
Namun mungkin RIM masih ingin bereksplorasi dalam penambahan smartphone dengan dukungan beragam aplikasi Android selain daripada dukungan aplikasi BlackBerry sendiri di BlackBerry App World.

No comments:

Post a Comment