Wednesday, August 17, 2011

Touchscreen plus Qwerty

Acer beTouch E210, Android Froyo


Setelah menggebrak dengan dua smartphone Android (Acer Liquid & Acer Liquid Metal) serta dua tablet PC perdananya (Acer Iconia Tab A500 & Acer Iconia Tab A100) di tanah air, Pabrikan komputer asal Taiwan yang nampaknya juga akan serius terjun ke industri ponsel ini pun kembali mengenalkan smartphone terbarunya, yakni Acer beTouch E210.
Disain & Interface
Menariknya, ponsel pintar yang dibanderol dengan harga terjangkau (sekitar Rp 1,5 jutaan) ini menawarkan konsep disain yang cukup inovatif. Selain didukung keypad QWERTY, Acer beTouch E210 ternyata juga mengusung layar sentuh (Touchscreen) resistif 256k warna, 320×240 piksel seluas 2.6 inci plus TrackPad navigation. Sayang, layar jenis ini terasa kurang responsif saat digunakan untuk mengakses menu menggunakan metode sapuan layar (sentuh).
Konstruksi disainnya sepintas mirip BlackBerry Onyx, yang memiliki lekuk bodi dan lis chrome khusus di sudut atas dan sekeliling bodi. Material cover menggunakan bahan plastik glossy, yang bagian belakan terasa agak kesat. Dimensinya 116x63x12mm dan berat 109gr. Cukup kompak dan ringan untuk ukuran smartphone.
Soal daleman, Acer beTouch E210 didukung sistem operasi Android 2.2 Froyo, dengan prosesor Qualcomm MSM7227 600MHz plus memori 256MB RAM, 512MB ROM dan slot microSD up to 32GB. Alhasil, interface utamanya tak jauh beda dengan antarmuka ponsel Android Froyo kebanyakan. Termasuk tersedianya 5 homescreen yang bisa dijejalkan widget menu/aplikasi favorit.
Internet & Konektivitas
Buat yang hobi berkelana di dunia maya, Acer beTouch E210 sudah didukung dengan jalur data HSDPA, dengan speed maksimal hingga 7.2 Mbps. Otomatis untuk browsing, downloading serta streaming video bakal lebih cepat. Sayang, untuk proses zooming tampilan browser tak bisa menerapkan metode pinch (cubit layar). Jadi, harus menggunakan cara ‘double tap’ atau memanfaatkan tombol virtual zoom.
Selain mengandalkan akses HSDPA, Acer beTouch E210 juga menawarkan pilihan lain untuk menikmati internet yakni menggunakan koneksi WiFi 802.11 b/g yang juga bisa dijadikan sebagai hotspot WiFi. Sementara, buat keperluan transfer file atau mengkoneksikannya ke perangkat lain semisal PC, Acer beTouch E210 menyediakan Bluetooth dan kabel data microUSB.
Multimedia
Sektor ini, Acer beTouch E210 menyediakan kamera 3.2 megapiksel, saying tanpa LED flash. Soal kualitas, lumayan baik. Apalagi, dilengkapi dengan mode pengaturan yang komplit. Ada white balance, brightness, timer, color effect, ISO, exposure, digital zoom, serta geo-tagging. Selain foto, kamera ponsel ini juga bisa untuk merekam video dengan resolusi maksimal 720×480 piksel berformat MPEG4. Catatan tambahannya, konsumen juga bisa memanfaatkan kamera ini untuk scanner barcode dan QRcode, tentunya dengan bantuan aplikasi khusus.
Hiburan lain yang disediakan ponsel ini diantaranya music player, yang dilengkapi dengan fasilitas repeat, shuffle, playlist dan bisa beroperasi secara multitasking. Sayang, output audio yang terpancar dari speaker di bagian belakang bodi terasa kurang maksimal dan kurang lantang.
Alternatif lain,ada radio FM, Nemo Player (membuka foto, video dan audio), Spinlet (aplikasi streaming musik), YouTube juga Media Server, yakni fasilitas untuk berbagi file (audio, video, foto) dengan perangkat lain via koneksi WiFi.
Office & Aplikasi Khusus
Buat para pebisnis atau pekerja kantoran, Acer beTouch E210 menyediakan Document to Go. Sayang, hanya versi free yang hanya bisa untuk membuka file Office (word, excel, power point) tanpa bisa mengedit atau membuat file baru. Namun, untuk yang lebih komplit, bisa membelinya di Android Market.
Acer beTouch E210 juga menyediakan fitur RoadSync untuk sinkronisasi Email, attachment file, contact serta calendar secara wireless via Microsoft Active Sync. Buat mendapatkan update berita dan cuaca secara online dan real time, beTouch juga menyediakan fitur News & Weather. Tak ketinggalan, smartphone ini pun menanamkan navigasi digital (GPS/A-GPS) plus peta digital buatan Google (Google Maps).
Nah, untuk membedakannya dengan ponsel Android kebanyakan, Acer beTouch E210 punya fitur bawaan khusus. Seperti Acer Setting (WiFi, Bluetooth, GPS, Phone, Network, Ringtone, Brighness, Screen Timeout). Ada juga Acer Registration dan Acer Sync (singkronisasi Contact, Calendar, Foto, Video dengan PC/Notebook).
Baterai
Soal kinerja baterai Lithium ion 1300 mAh yang disediakan Acer beTouch E210, sanggup menyediakan daya ‘hidup’ hingga lebih dari 7-8 jam untuk pengoperasian secara terus-menerus.
Spesifikasi:
Jaringan: Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz)/HSDPA; Dimensi: 116x63x12mm; Berat: 109gr; Layar: 2.6 inci, TFT Resistive touchscreen 256k warna, 320×240 piksel; OS: Android 2.2 Froyo; Prosesor: Qualcomm MSM7227 600MHz; Memori internal: 256MB RAM, 512MB ROM; Memori eksternal: microSD up to 32GB; Transfer data: HSDPA 7.2Mbps, HSUPA 2Mbps, EDGE, GPRS; Kamera: 3.2 MP, Digital zoom, video recorder; Messaging: SMS, MMS, Email, Push Mail; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g, Bluetooth 2.1 with A2DP, kabel data microSD, audio jack 3.5mm; Browser: HTML; Fitur lain:  Facebook, TwitDroyd (Twitter), Picasa, GPS/A-GPS, Google Search, GMail, Google Maps, Latitude, Navigation, Places, Android Market, Modem, Java, Calendar, Calculator, Clock, Audio/video player, radio FM, Voice recorder; Baterai: Lithium ion 1300 mAh

No comments:

Post a Comment