Wednesday, November 2, 2011

Review: LG Optimus 3D, Pionir No.1 Smartphone 3D Di Dunia


Seperti kita ketahui bawha belum lama ini teknologi 3D (Tiga Dimensi) sudah banyak kita jumpai pada perangkat elektronik seperti TV, Tablet PC hingga Smartphone (ponsel pintar). Bila berbicara teknologi 3D di ponsel pintar maka LG lah pionir pertama kali yang me-implementasikan dunia 3D kedalam smartphone. Mereka menciptakannya pada perangkat smartphone dengan nama LG Optimus 3D. Sebenarnya LG telah merilis Optimus 3D sejak bulan Agustus lalu yang sudah tersedia dipasar di negara Singapur, sedangkan untuk di Indonesia baru saja di penghujung bulan Oktober ini. Salah satu promo yang menarik adalah LG memberikan potongan harga bagi pembeli yang melakukan pembelian selama dua hari berturut-turut disebuah Mal besar di Jakarta Barat.


Spesifikasi:
- CPU Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 processor, PowerVR SGX540 GPU, TI OMAP4430 chipset
- Dimensi 128.8 x 68 x 11.9 mm
- Berat 168 g
- Layar 3D LCD capacitive touchscreen, 16M colors
- Ukuran layar 480 x 800 pixels, 4.3 inches
- Layar kaca: Gorilla Glass
- Memori internal 8 GB storage, 512 MB RAM
- Memori external microSD, up to 32GB
- Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB
- Kamera Dual 5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash
- Fitur kamera: Stereoscopic photos & videos; geo-tagging
- Kamera depan: Ya
- OS Android OS, v2.2 (Froyo)
- LG 3D UI
- GPS
- Baterai Li-Ion 1500 mAh
Kelengkapan:
- Handset
- Baterai Li-Ion 1500 mAh
- Kabel Data Micro USB
- Adaptor Charger
- Earphone
- Kabel HDMI
- Cover


Teknologi 3D
Ponsel pintar yang telah mengusung teknologi 3D saat ini baru hanya LG Optimus 3D dan HTC Evo 3D (baca review disini). Mungkin dalam waktu mendatang akan muncul vendor-vendor lainnya menyusul menerapkan teknologi 3D kedalam produk-produk elektroniknya. Teknologi 3D yang disamatkan kedalam smartphone menggunakan teknologi Auto Stereoscopy yang mana kita dalam melihat tampilan 3D tanpa harus menggunakan kacamata khusus tiga dimensi, ya betul kita dapat melihat efek 3D dengan mata telanjang kita. Pada dasarnya konsep Stereoscopy adalah menampilkan dua gambar bertumpukkan menjadi satu didalam satu objek. Bila kita melihat kebelakang teknologi 3D sudah dimulai ada pada abad ke-19, ketika Sir Charles Wheatstone menggambarkan proses stereopsis: “pikiran merasakan obyek tiga-dimensi dengan menggunakan dua gambar berbeda diproyeksikan pada kedua retina”.


Sama seperti ponsel HTC Evo 3D, dimana bagi yang pertama kali melihat gambar/video 3D di smartphone ini akan merasakan sedikit pusing kepala, karena belum terbiasa atau belum mengerti selah untuk melihatnya dengan jarak pandang yang baik. Untuk mencegah terjadinya pusing kepala, ambilah sudut pandang yang dirasa sudah pas dan jangan melihat dengan sudut pandang yang berbeda lagi (jangan sering menggeser, memiring-miringkan layar ponsel didalam melihat gambar/video 3D). Efek 3D yang kita rasakan di LG Optimus 3D sangatkan benar-benar dapat dirasakan, dimana kita dapat melihat objek-objek yang seperti keluar dari layar kaca, dan untuk film objek-objek tersebut terlihat bergerak hingga berada seakan-akan mengambang diluar layar kaca. Hal demikian membuat kita sangat terhibur.


Kamera 3D
Bila kita ingin menggunakan kamera 3D nya, kita dapat langsung menekan tombol yang berada disamping sebelah kanan bawah, maka akan muncul tampilan kamera dilayar sudah dalam keadaan mode 3D. Didalam aplikasi kamera LG Optimus 3D juga terdapat switch untuk berpindah mode dari 3D ke 2D atau sebaliknya. Jadi dengan menggunakan LG Optimus 3D kita juga dapat membuat sendiri foto-foto 3D dan film 3D dengan hasil yang tidak mengecewakan alisa spektakuler. Sebaiknya untuk mengambil objek dalam mode 3D ambil jarak kurang lebih 1 meter dari lensa kamera, agar mendapatkan sudut pandang 3D yang pas. Sayangnya untuk auto fokusnya tidak sebebas HTC Evo 3D dimana kita dapat menyentuh dengan jari sisi bidang mana yang akan kita mau fokuskan. Kamera LG Optimus 3D menggunakan kamera 5 MP, sama juga dengan HTC Evo 3D.

Game 3D Dan Animasi 3D
LG Optimus 3D menyediakan tiga buah game 3D yang kita dapat seru untuk memainkannya, game-game tersebut adalah Lets Golf 3, Nova dan Asphalt 6. Dan juga menyediakan beberapa animasi 3D yang kita dapat melihatnya dari menu 3D Gallery. Bila kita ingin mendapatkan game-game 3D yang lainnya kita dapat mencarinya dari menu 3D Games, didalamnya LG berkerjasama dengan Gameloft didalam menyediakan game-game 3D seperti:
- Real Football 2011 3D
- Assassin Creed 3D
- Spider-Man: Total Mayhem 3D
- Shrek Kart 3D
- GT Racing Motor Academy 3D
- Modern Combat 2: Black Pegasus 3D
- Star Battalion 3D
- Avatar 3D
- Fishing Kings 3D
- Dungeon Hunter 2 3D
- N.O.v.A 2 3D
- Backtab 3D
- Eternal Legacy 3D
- Shadow Guardian 3D

Melihat game-game 3D yang disediakan cukup banyak, maka kamu-kamu yang ingin memiliki LG Optimus 3D tidak pernah akan  merasakan kehabisan konten untuk dimainkan, terlebih LG Optimus 3D menyediakan fitur ’3D Game Converter’ dimana kita dalam memainkan game-game 2D menjadi 3D, pernah membayangkan bagaimana bermain game Angry Birds dalam format 3D? di LG Optimus 3D kamu dapat melakukannya.

Casing Dan Rancangan Desain
Ponsel LG Optimus 3D memiliki rancangan desain yang solid.  Casing menggunakan bahan plastik dengan kualitas yang sangat baik. Dibagian belakang (tutup baterai) terbuat dari bahan plastik yang keset, sehingga bila kita menggenggam G Optimus 3D tidak akan merasa licin, karena bahan plastik yang keset membuat sangat nempel di genggaman tangan. i sisi atas terdapat lobang jak earphone dan tombol on/off, disebelah sisi kiri terdapat 2 lobang untuk USB dan HDMI ang mana kedua lobang tersebut terdapat tutupnya. Lalu disebelah sisi kanan terdapat tombol volume (pengeras suara) an juga tombol 3D untuk menampilan menu LG 3D UI. Untuk speaker terdapat dibagian belakang bawah. Dan juga untuk dua lensa dan satu flash led terdapat dibelakang. Bila dibandingkan dengan HTC Evo 3D maka LG Optimus 3D memiliki kepipihan yang lebih tipis, walau keduanya menyandang sebagai ponsel berkategori berat.

Layar Dan Tampilan Muka
Ponsel ini merupakan ponsel yang memiliki layar lebar yaitu 4.3 inches, sehingga didalam menikmati konten-konten 3D angat memuaskan. Disini juga LG menyediakan LG 3D UI yang mana kamu dapat melihat pilihan-pilihan menu yang dibuat G dalam format 3D juga (hal ini tidak ada pada HTC Evo 3D). Namun dalam segi layar HTC Evo 3D sedikit lebih unggul, yaitu memiliki 540 x 960 pixel (~256 ppi pixel density) sedangkan LG Otimus 3D hanya 480 x 800 pixel (~217 ppi pxel density).

Kualitas Suara
Bila di HTC Evo 3D memiliki SRS Virtual Surround, di LG Optimus 3D juga dilengkapi Dolby Digital Plus dan Equalizer sehingga kamu dapat mem-boost bass agar suara menjadi menggelegar bila kamu mnggunakan headphone.

Kelebihan:
- Fitur 3D (kamera, foto dan video) tidak banyak ponsel lain memiliki fitur ini
- LG 3D UI
- Dolby Digital Plus, Equalizer
Kekurangan:
- OS masih Android Froyo 2.2
- Suara speaker terasa sedikit sember

No comments:

Post a Comment