Thursday, May 12, 2011

Microsoft Resmi Beli Skype Seharga USD 8,5 Miliar

 Microsoft akhirnya resmi membeli Skype seharga USD8,5 miliar setelah sebelumnya Facebook dan Google juga berusaha mendapatkan Skype. Skype didirikan pada 2003 dan dibeli eBay Inc pada 2005 seharga 3,1 miliar Dolar AS.

Skype merupakan layanan voice berbasis internet protocol (VoIP). Layanan ini memang mengundang banyak perusahaan besar, karena layanan VoIP diprediksi akan booming di masa depan. Tahun 2010 Skype memiliki 124 juta pengguna, dengan 8,1 juta pengguna berbayar.

Setelah CEO Microsoft Steve Ballmer dan CEO Skype Tony Bates mengumumkan secara resmi akuisisi tersebut, banyak yang berharap besar akan akuisisi ini. Skype selanjutnya akan menjadi unit bisnis baru di Microsoft. CEO Skype Tony Bates tetap dipertahankan. Namun, ia kini mendapat jabatan baru Presiden Microsoft Skype Division dan akan bertanggung jawab langsung kepada Steve Ballmer.

Membeli Skype memang menjadi jalan buat Microsoft untuk menjadi nilai tambah untuk meningkatkan lagi image software buatannya. Dalam waktu bersamaan sekaligus mengambil peluang di industri smartphone yang sedang berkembang pesat. Meski Windows masih mendominasi pasar software komputer, produk Microsoft lainnya seperti Bing dan smartphone berbasis Windows Phone masih jauh ketinggalan dengan para pesaingnya.

No comments:

Post a Comment