Tuesday, May 10, 2011

Isi Ulang Baterai Ponsel Dengan Suara

 Seorang ilmuwan asal Korea Selatan menemukan teknologi baru yang memungkinkan pengguna ponsel mengisi ulang baterainya hanya dengan menggunakan kekuatan suara.

Dr Sang-Woo Kim, seorang peneliti di Sungkyunkwan University, Seoul, yang mengembangkan teknologi itu. Teknik baru tersebut akan mengubah suara menjadi listrik sehingga handset akan terisi ketika seseorang sedang menelepon. Teknologi ini bahkan bisa menangkap energi dari suara musik ketika handset tidak dipakai untuk menelepon.

Teknologi ini menggunakan kawat seng oksida berukuran kecil yang diapit dua elektroda. Sebuah papan penyerap suara di atasnya akan bergetar ketika ada gelombang suara masuk dan mengakibatkan kawat seng oksida ini bergerak mengendur dan mengencang. Gerakan inilah yang menghasilkan arus listrik yang bisa digunakan untuk mengisi sebuah baterai.

Prototipe dari teknologi ini sudah diujicoba dan mampu mengkonversi suara sekuat 100db setara suara lalu lintas menjadi listrik sebesar 50 milivolt. Saat ini, target penelitian lanjutan Dr Kim adalah meningkatkan komposisi zinc oxide di antara dua elektroda guna menghasilkan lebih banyak listrik dari energi suara yang lebih kecil.

No comments:

Post a Comment