Friday, April 1, 2011

Scanning Antivirus dan malware gratis



 


Atau suka mencoba program dengan crack atau patch atau KeyGen yang disebar melalui Internet.
Sekali lagi kami peringatkan , berhati hati bila mengunakan software atau situs kelas merah. Karena tidak semua yang gratis memang gratis. Atau terlihat aman ternyata ada maksud tertentu.
Situs kelas merah biasanya memasukan malware, trojan dan virus lainnya.
Dimana saja peredaran virus dan malware disebarkan di Internet :
  • Ketika user membuka halaman sampai mencoba membuka file video. Area ini paling tidak aman, karena secara tidak langsung computer sengaja dibawa ke daerah berbahaya. Hasilnya bisa saja computer terinfeksi malware sampai virus. Jebakan yang paling panas ketika sebuah situs menawarkan video "dalam tanda petik". Ketika di-click, computer diminta mendownload file Codec yang biasanya berbentuk Exe. File ini biasanya disisikan virus atau memang sebuah virus. Salah satu serangan virus sampai malware yang disebarkan via Internet mengunakan trik seperti ini. Dengan meminta pengunjung untuk mendownload, dan menginfeksi computer dengan driver codec video palsu. Cara tersebut menjadi sangat efektif untuk menyebarkan malware dan virus..
  • Masih bertahan sampai saat ini. Mengunakan program crack atau patch yang disebarkan melalui jaringan P2P sampai free hosting ternyata banyak terkait dengan penginfeksian malware. Secara tidak disengaja, sebenarnya anda sudah menyuntikan virus atau malware kedalam computer anda sendiri dengan memakai patch atau crack yang disebar via internet. Cara yang digunakan beraneka ragam. Misal, anda mencari KeyGen atau Patch, program program pembuka versi trial menjadi versi full bisa saja disuntikan program malware tertentu. Bahkan KeyGen ataupun Patch Antivirus menjadi ajang penyuntikan virus dan malware.
Mungkin menjadi pertanyaan, mengapa para kriminal menyebarkan virus dan malware di daerah tersebut. Jelasnya, daerah tersebut merupakan daerah favorit bagi pengemar program copian. Baik game gratis, software gratis sampai tool gratis dan gambar serta video gratis dalam tanda petik. Sarana P2P seperti Bittorrent misalnya, memiliki koneksi user paling banyak. Tidak heran penyebaran melalui media ini akan efektif menyebarkan virus atau malware.
Anda sering kali tidak mengetahui kapan computer telah terinfeksi oleh malware. Sementara Antivirus anda jarang diupdate, atau si virus sudah lebih dahulu masuk ketika anda sedang menginstall software antivirus ke computer.
Baik malware dan virus, keduanya memang sulit dibedakan. Malware umumnya digunakan untuk pekerjaan ringan atau sebagai sarana menginfeksi computer dengan virus dan malware lain. Malware biasanya memiliki tugas tertentu, dan selalu memeriksa melalui koneksi internet anda. Bisa saja malware ditidurkan sementara waktu , dan menunggu tugas untuk aktif dari si pembuatnya. Atau sekedar menampilkan iklan tertentu.
Malware biasanya berbentuk program atau script kecil yang masuk kedalam computer tanpa diketahui pemiliki computer. Media inilah yang memiliki tugas khusus lebih besar seperti mengambil virus dan program malware lain untuk kembali menginfeksi computer. Kategori kerusakaan malware ringan biasanya tidak ada, kecuali menganggu kinerja program pada computer dan mengambil sedikit koneksi computer.
Sementara virus yang disebarkan melalui program copian seperti crack dan patch paling banyak menginfeksi computer. Mengapa, karena banyak orang merasa ingin mencoba dan melihat seperti apa kemampuan sebuah program sebelum membeli. Lalu mencari crack dan patch untuk membobol kunci dari program trial menjadi asli dan berfungsi penuh. Hasilnya computer akan terinfeksi virus oleh program pembuka kunci yang biasanya dikenal sebagai Patch atau Crack.
Tidak percaya cobalah software pemeriksa computer dibawah ini

Bila anda menganggap program program didalam computer anda aman

Computer anda aman. Tunggu dulu, cobalah gunakan software gratis dibawah ini. Dan luangkan waktu untuk memeriksa computer anda.

Norman Malware, mampu menditeksi virus dan malware gratis. Software Norman Malware memiliki ukuran besar layaknya software Antivirus dan Antimalware, tetapi memberikan kemudahan bagi penguna untuk mencari file apa saja yang terindikasi adanya virus dan malware didalam computer.
Norman Malware akan langsung menghapus file yang dicurigai sebagai virus atau malware tanpa peringatan dari pemiliki computer. Norman Malware hanyalah sebuah scanning virus dan malware yang ada didalam computer, dan dibagikan dengan gratis Perlu diingatkan - Norman Malware akan menghapus file program yang terindikasi sudah terinfeksi virus atau malware. Norman Malware bisa diprioritaskan untuk membersihkan computer secara manual

www.norman.com/Virus/Virus_removal_tools/en
Stinger, memiliki kemampuan daya jelajah lebih kecil atau hal yang penting saja untuk diperiksa. Hanya mampu mendiktesi malware dan virus skala besar yang dianggap kategori berbahaya. Cukup bagus, tetapi kalah kemampuanya bagi penguna biasa yang sering keluar masuk daerah merah di jalur Internet.

McAfee AVERT Stinger

Filseclab Twister AntiVirus Trial (90 hari gratis). Salah satu antivirus gratis untuk menangani Virus, Trojan sampai Malware, Keylogger dan lainnya. Dibawah ini kemampuan dari Twister
· Twister Anti-TrojanVirus can detect and remove Trojan horses, Spyware, Viruses, Hackers, Adware, Keyloggers and other harmware.
· The advanced harmful-websites detection technology can block most web-viruses and script-viruses.
· Realtime protection will automatically monitor every file access against the trojans, spyware and viruses threats.
· Virus definition update and automatic update supported.
· Windows Security Center supported.
· Supports right-click scan from Windows Explorer context menu.
· Supports compressed files scan.
· Registry realtime protection will block and fix the harmware to vandalize your Windows registry.
· Registry Fix Tools can quickly fix a lot of problems about Windows and Internet Explorer.
· Spyware Removal Assistant can force clean the stubborn trojans and spyware that the other removal tools cannot.
· The Behavior Analysis Technology can detect the unknown trojans and spyware better.
· The Windows Trust Verification can raise the anti-rate and reduce the mis-rate.
· The virus immunity feature can anti-unknown viruses like as biological immunity technology.
· The scheduled scan supports automatic scan at specified time.
Download Filseclab.com/eng/products/twister.htm
avast! Home Edition (60 hari gratis). Satu lagi untuk yang serius menangani virus. Avast diberikan gratis dengan versi Trial selama 60 hari.
Download : Avast! 4 Home - English version
AVG Anti-Virus . Untuk menditeksi virus, dapat mengunakan AVG, walaupun kurang kurang lengkap, tetapi versi gratis sudah dapat menditeksi adanya virus pad computer dan mendapatkan update.
Download : AVG Anti-Virus


Antivirus via web base, sebagai alternatif memeriksa computer.
Anda mau yang gratis, masih ada lagi. Perusahaan antivirus menyediakan scanning gratis untuk memeriksa computer anda. Dibawah ini nama nama situs yang memberikan pemeriksaan gratis melalui online web scanning antivirus.



Kata Akhir.

Jangan pernah merasa aman bila anda mengunakan antivirus, khususnya antivirus anda tidak pernah diupdate atau hanya terlindungi dengan versi Gratis. Kedua bedakan fungsi antivirus dan Antimalware. Bila anda ingin membeli antivirus, belum tentu computer mendapatkan pengamanan secara maksimal terhadap malware dan sebaliknya. Gunakan software dengan kombinasi keduanya untuk keamanan maksimum
Malware berbeda dengan virus, karena Malware bersifat membantu dan umumnya menganggu tetapi tidak merusak. Dan dibuat untuk tujuan khusus dari sekedar mencuri data pribadi, sampai menginfeksi computer sebagai sarana iklan sampai tugas untuk mendownload program lain.
Sementara Virus bisa bisa dimanfaatkan sebagai program nakal dengan tujuan beragam. Baik sekedar mencuri data pribadi, membuka pintu bagi computer lain agar bisa menyusup kedalam computer anda dan sebagainya.
Sekali lagi, Malware dan Virus sangat sulit dibedakan. Sekarang antara virus dan malware terlihat hampir mirip tetapi berbeda fungsi. Untuk mudahnya, Virus biasanya memiliki tugas lebih besar dari pembuatnya.
Untuk keamananan computer anda :
  1. Upayakan memerika computer dan mengupdate Antivirus anda secara rutin, gunakan juga anti malware software atau software yang memiliki kedua fitur tersebut.
  2. Gunakan software Asli khusus untuk antivirus
  3. Bila tidak mau membeli software asli, media gratis seperti scanning gratis baik dari tool maupun website akan sangat membantu. Walaupun belum tentu computer anda bisa kebal dari serangan virus.
  4. Bila data pada computer dan data pribadi sangat penting. Jauhi computer dari jalur berbahaya seperti tidak mencoba coba program crack dan patch. Atau mendownload file aneh dari P2P yang beresiko.
  5. Terakhir, tidak ada antivirus yang ampuh dan mampu menangani semuanya.

No comments:

Post a Comment