Friday, April 1, 2011

Cloud Player, Layanan Musik Streaming Untuk Android

 Amazon baru saja memmberikan sedikit kejutan dengan meluncurkan layanan gratis Cloud Player yang memungkinkan bagi kita untuk mendengarkan musik streaming dari Cloud ke komputer atau perangkat Android.

Ini mungkin sebuah layanan yang akan banyak disukai pengguna namun akan membuat indsutri musik lain seperti Sony misalnya, menjadi merasa ketar-ketir.

Namun pihak Amazon memberi pernyataan kalau "Cloud Player adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pelanggan mengelola dan memainkan musik mereka sendiri Ini seperti sejumlah manajemen aplikasi media yang ada. Kita tidak perlu lisensi untuk membuat Cloud Player tersedia. Fungsionalitas penyimpanan MP3 untuk Cloud Drive adalah sama dengan jika pengguna menyimpan musik mereka ke hard drive eksternal atau bahkan iTunes."

Tentu saja, cerita yang lebih besar di sini adalah bahwa Amazon Cloud Player akan berhadapan secara head-to-head dengan layanan streaming musik Sony Music Unlimited yang muncul bulan lalu. Maklum, Sony tidak mau membiarkan Amazon menembus birokrasi di sini tanpa perlawanan dan ini juga dapat mempengaruhi layanan loker musik yang sama seperti mSpot dan MP3Tunes, meskipun pada skala yang lebih kecil.

Bahkan, Sony sudah menyatakan ketidaknyamanan dengan modus operasi perusahaan-perusahaan tertentu, sehingga kita mungkin akan melihat perseteruan diantara mereka. Dan kehadiran layanan Amazon ini cukup mengguncang dunia industri musik yang ada.

No comments:

Post a Comment