Friday, April 1, 2011

BlackBerry Playbook mampu menjalankan aplikasi Java dan Android

RIM berencana untuk mengumumkan harga dan tanggal peluncuran dari Blackberry Playbook minggu ini. Namun sekarang RIM membuat pengumuman resmi bahwa Blackberry Playbook akan mendukung aplikasi dari Java dan Android.

Sebenarnya kemampuan ini bukan berasal dari BlackBerry Playbook, melainkan dari "App players" yang merupakan aplikasi run-time environment yang akan menjalankan aplikasi-aplikasi dari Java dan Android 2.3 pada BlackBerry. Aplikasi ini juga akan tersedia di Blackberry App World pada musim panas ini.
 

RIM juga mengumumkan bahwa mereka akan merilis native Blackberry OS SDK (NDK) bagi developer sehingga dapat menciptakan aplikasi untuk BlackBerry Playbook dengan bantuan QNX POSIX library and C/C++ application development platform dan BlackBerry Playbook juga didukung HTML5, Flash, dan AIR support. RIM juga terikat dengan Ideaworks Labs dan Unity Technologies untuk menawarkan engines pada developer game untuk mengembangkan game pada BlackBerry Playbook.

“App Players” dan NDK untuk Blackberry Playbook akan dipamerkan pada BlackBerry World di Orlando, Florida pada tanggal 3 Mei sampai 5 dari 2011.
 

No comments:

Post a Comment