Wednesday, March 2, 2011

HP TouchPad, Tablet PC WebOS

Akhirnya apa yang ditunggu dari Hewlett-Packard muncul secara resmi. Adalah tablet HP TouchPad, yang digarap dengan sistem operasi WebOS. Awalnya, tablet PC ini dirumorkan dengan nama HP Topaz, tapi kini sudah jelas sudah.
Ada sesuatu yang menarik dengan TouchPad, dimana memiliki fitur apik yang mampu berkolaborasi secara ‘unik’ dengan ponsel. Nantinya, bila pengguna menerima panggilan telpon maka tinggal pencet (tab) menu Pre 3 di tablet, maka panggilan telpon tadi akan langsung ditransfer dari ponsel ke TouchPad via Bluetooth.
Tampil dengan prosesor dual-core plus sistem operasi WebOS, yang jelas mendukung akses multitasking. Alhasil, pihak pabrikan mengklaim bahwa HP TouchPad nantinya akan bisa melibas para pesaingnya. Sektor layar TouchPad memakai display sentuh 9,7 inci, dengan resolusi 1024×768 piksel. Untuk ‘otak’ seperti yang sudah disebutkan tadi, menanamkan prosesor Qualcomm Snapdragon Dual-core APQ8060, dengan clock speed 1,2 GHz.
Layar sentuhnya nyaman dipakai untuk alani aksi multitasking. Malahan, dalam hal jelajah alam maya, browser TouchPad sudah mendukung Flash 10.1.
Tak beda dengan iPad, tablet PC garapan HP ini akan tersedia pula dalam versi 3G-enable. Koneksi jaringan ini sebatas untuk data. Namun, pada model ini akan dilengkapi GPS. Nah, selain tipe tersebut, bakal ada pula model tanpa 3G maupun GPS. Jadi, bener-bener berupa PC tablet. Fasilitas Wi-Fi b/g/n telah didukungnya, begitu pula dengan Bluetooth 2.1 (A2DP).
HP TouchPad memiliki kamera depan 1,3 MP, yang nantinya difungsikan untuk mengakomodasi video call, semisal via aplikasi Skype atau yang lainnya. Sayangnya, tak ada kamera belakang. Pada bagian audio Touchpad melengkapkan port jack 3,5mm, speaker stereo dan sesuatu yang HP sebutkan sebagai ‘Beat Audio engine’, untuk meningkatkan performa. TouchPad bakal tersedia dalam dua pilihan kapasitas memori internal yakni 16 GB dan 32 GB.
Oya, dalam hal dimensi, HP TouchPad memiliki ukuran 24,0×19,0×1,37 cm, dengan bobot 740 gram. Ukuran ini benar-benar mirip dengan dimensi iPad. Maklum, sedari awal memang HP memposisikan tablet PC-nya untuk berkompetisi dengan tablet garapan Apple, iPad. Di bagian sumber daya, TouchPad mengawinkan baterai berkapasitas 6300 mAH.
Spesifikasi:Color : Black
Operating system: HP webOS
Display : 9.7-inch XGA capacitive, multitouch screen with a vibrant 18-bit color, 1024×768 resolution display
Keyboard : Virtual keyboard
Email1 : Microsoft® Exchange email with Microsoft Direct Push Technology
POP3/IMAP (Yahoo!® Mail, Gmail™, AOL, Hotmail®, etc.)
Messaging : Integrated IM and SMS
GPS : A-GPS (3G models only)
Digital camera : Front-facing 1.3-megapixel webcam for live video calling
Sensors : Light sensor, accelerometer, compass (magnetometer), and gyroscope
Media formats supported : Audio formats: DRM-free MP3, AAC, AAC+, eAAC+, AMR, QCELP, WAV
Video formats : MPEG-4, H.263, H.264
Wireless connectivity : Wi-Fi 802.11b/g/n with WPA, WPA2, WEP, 802.1X authentication;
Bluetooth® wireless technology 2.1 + EDR with A2DP stereo Bluetooth support
Memory : Choose either 16GB or 32GB internal storage
Battery : Rechargeable 6300 mAh (typical) battery
Connector : Charger/microUSB connector with USB 2.0 Hi-Speed
Headphone jack : 3.5mm stereo headset/headphone/microphone jack
Speakers : Internal stereo speakers and Beats Audio™
HP Touchstone for TouchPad : Compatible
Processor : Qualcomm Snapdragon dual-CPU APQ8060 1.2GHz
Dimensions : Width: 240mm (9.45 inches)
Height: 190mm (7.48 inches)
Thickness: 13.7mm (0.54 inches)
Weight : Approximately 740 grams (1.6 pounds)

No comments:

Post a Comment