Thursday, January 6, 2011

Freescale Siapkan i.MX 6, Era Prosesor Quad Core untuk Smartphone Segera Dimulai

Seperti diketahui, tablet PC dan smartphone baru-baru ini sudah mulai masuk evolusi ke level dual core untuk prosesornya. Dan, Freescale, salah satu pemain di kancah ini tampaknya ingin ikutan masuk ke pasar ini. Tak tanggung-tanggung, perusahaan ini berencana memproduksi CPU quad-core.

Freescale telah memperkenalkan 3 prosesor mobile terbaru, yang kompatibel untuk smartphone, tablet dan eReader. Tiga versi dari CPU i.MX 6 ini dilabel Solo, Dual dan Quad, dimana masing-masing tampil dengan satu, dua dan empat core dari prosesor Cortex A9.

Masing-masing core tersebut bisa dioverclock hingga 1,2 GHz. Hanya saja, cache level dua (L2 cache) dari tiap CPU tersebut tak disebutkan secara detil. Tapi, pihak Freescale mengatakan bisa sampai 1 MB (kemungkinan ini untuk Quad core-nya).

Prosesor i.MX 6 disebutkan pula mampu mendukung video decoding dan encoding full HD (1080p). Juga, mendukung HDMI v1.4 dan multile port USB 2.0.Bahkan sensor gambar stereoskopik-nya disebut mampu mengakomodasi 3D imaging.

Freescale berencana mulai menerapkan prosesor i.MX 6 untuk perangkat kompatibel setidaknya akhir tahun 2011 ini. Jadi kemungkinan smartphone dengan prosesor Quad-core mulai hadir pada 2012.

No comments:

Post a Comment