Sunday, January 23, 2011

Facebook Tawarkan Aplikasi Khusus, Akses Lebih Mudah dan Asyik

Sejauh ini akses Facebook via ponsel (mobile) banyak dilakukan menggunakan format mobile (m.facebook.com). Hal ini sudah cukup baik, hanya saja masih memiliki beberapa keterbatasan.
Kini, agar akses facebook makin mudah dan fitur-fiturnya makin lengkap untuk diakses menggunakan ponsel ‘kebanyakan’, maka pihak Facebook pun diketahui sudah meluncurkan aplikasi resmi untuk ponsel berbasis java.

Memang sih, beberapa ponsel yang beredar di pasaran tercatat sudah memiliki aplikasi ini, termasuk untuk beberapap platform sistem operasi seperti Android, iOS dan lainnya.

Nah, lewat fitur aplikasi facebook kini portal jejaring sosial ini bisa dinikmati dengan lebih mudah, oleh ponsel entry level sekalipun. Untuk mendapatkannya akses saja alamat: m.fb.snaptu.com/f.

Untuk aplikasi ini, pihak facebook tercatat sudah cukup serius, dimana telah mengadakan kerjasama dengan 14 operator, yang memungkinkan akses facebook via aplikasi tersebut bisa dilakukan secara gratis. Ya …setidaknya untuk tiga bulan pertama.

Beberapa operator yang hingga saat ini tercatat sudah bekerjasama dengan Facebook yakni:
* Dialog (Sri Lanka)
* Life (Ukraine)
* Play (Poland)
* StarHub (Singapore)
* STC (Saudi Arabia)
* Three (Hong Kong)
* Tunisiana (Tunisia)
* Viva (Dominican Republic)
* Vodafone (Romania)

Dan, operator yang akan menyusul yakni:
* Mobilicity (Canada)
* Reliance (India)
* Telcel (Mexico)
* TIM (Brazil)
* Vivacom (Bulgaria)

Memang sih, jumlah operator yang terdaftar dalam kerjasama ini masih terlampau sedikit. Tapi pihak facebook berjanji sedang melakukan negosiasi dengan beberapa operator lain, yang nanti bakal bisa bertambah lebih banyak.

Namun, sambil menunggu itu terwujud, misalnya sampai di operator Indonesia, kita masih bisa menikmati “Zero facebook”, meski tanpa dukungan gambar (0.facebook.com). Itu bisa dinikmati meski browser HTTP ponsel terhitung sederhana.

No comments:

Post a Comment