Friday, October 28, 2011

Nokia Screen Reader, Pesaing Baru Siri dan Iris


Nokia Screen Reader, Pesaing Baru Siri dan Iris
Inovasi teknologi memang tak pernah berhenti dan bersaing. Dalam rangka memberikan layanan terbaik bagi konsumen, Nokia tengah mempersiapkan upaya untuk membuat smartphone lebih bermanfaat bagi pengguna tuna netra. Perusahaan asal Finlandia tersebut telah mengumumkan aplikasi Reader. Seperti apakah aplikasi ini akan bekerja?

Aplikasi yang disebut Screen Reader ini dirancang untuk membantu tuna netra atau mereka yang memiliki masalah dengan membaca hal-hal yang terdapat pada ponsel mereka. Nokia Screen Reader pada dasarnya adalah aplikasi yang mengubah konten layar menjadi bentuk verbal.



>> Siri iPhone 4S

Aplikasi Screen Reader ini dapat digunakan untuk SMS, panggilan telepon, browsing internet, mengakses daftar panggilan dan kontak, serta mengelola kalender. Selain membantu tuna netra, Screen Reader juga dapat digunakan oleh pengguna yang tidak memiliki waktu untuk melihat layar ponsel mereka, seperti pada saat menyetir. Sehingga pengguna dapat lebih fokus pada hal lain yang lebih penting.

Oke.. aplikasi yang memanfaatkan voice control ini memang mau tidak mau mengingatkan kita pada fitur Siri milik iPhone 4S atau bahkan Iris milik Android. Kabarnya Nokia Screen Reader akan tersedia secara cuma-cuma di Nokia Store sebelum akhir tahun untuk sejumlah handset, yaitu C5 5 MP, Nokia 700 dan Nokia 701 dengan Symbian Belle. Hmm.. setelah Siri Apple, Iris Android, dan Nokia Screen Reader, lalu apa lagi? Ada yang menyusul? :)



>> Iris Android

No comments:

Post a Comment