Wednesday, June 1, 2011

Review CSL Mi320 Android


Froyo Lokal Dibalut Casing Metal


Demam Android kini tak hanya merambah ponsel high end, tren ini pun sudah perlahan masuk ke ponsel lokal yang membidik kalangan menengah di tanah air. Hal ini ditandai dengan meluncurnya beberapa ponsel Android besutan vendor lokal. Salah satunya adalah CSL Mobile yang meluncurkan  ponsel Android-nya,   Blueberry Mi320. Langkah jitu dalam mendobrak dominasi ponsel brand ternama di pasar smart phone. 
Desain
Dimensi Tinggi 116 mm, Lebar 60 mm, Ketebalan 11.95 mm, Berat: 120g; Bahan metal di bagian muka dan dibagian casing belakang, 4 tombol  softkey, Touchpad, port headset jack, power key, USB  port, volume key, camera key. 
Ponsel yang hadir dengan layar sentuh kapasitif beresolusi 320×480 dan Android OS versi 2.2 Froyo ini diramalkan bakal menjadi idola para Android-lover berdana menengah. Disainnya yang kokoh  dan dominasi space layar, mengingatkan Anda akan Samsung i5510 Galaxy. Pemilihan casing metal yang membalut ponsel ini, meminimalisir goresan, dan tidak cepat kotor. Material screen pun dipilih dari platsik berkualitas, sehingga kuat menerima respon ketukan, tekanan jari. Dari sisi ketahanan, saat ponsel ini jatuh pada ketinggian 1 meter ke atas marmer, tetap on dan tidak terdapat lecet. 
Layar
Layar: 3.2 inci, TFT transmissive, 320 x 480, WVGA, 262K Colour, Capacitive type touch screen
Pada layar touchscreennya, CSL memberikan kenyamanan visual dengan menyuguhkan tingkat kekontrasan dan pancaran prisma yang out bright (cerah). Saat diuji coba pengoperasian di bawah terik matahari, tampilan visual screen-nya tetap bright dan jelas terlihat. Hanya disayangkan, layar LCD-nya berbahan plastik yang dari sisi ketahanan, tentu tidak sekuat bahan glass. 
Menu dan Interface
10 buah shortcut di bagian bawah layar pada homescreen (dapat di-edit) meliputi Camera, Browser, Calender, GMail, FM Radio, S-Unno, Market, Contacts, Blueberry.
Terdapat akses langsung ke mesin pencari Google lengkap dengan fasilitas voice  search. Anda tanpa harus tapping pencarian, cukup menyebutkan objek yang ingin dicari, langsung voice search memindai suara Anda, dan mencari via Google. Sayangnya, aplikasi ini sempat gagal berkali-kali saat dicoba mencari dengan lebih dari dua key words. Tampilannya pun bisa dirotate. Masuk ke halaman menu, tersaji 41 ikon yang didisain grid dengan penyajian 1 sheet, yang diopersikan geser atas bawah pada touchpad. Pada sisi grafis sudah menanggalkan sisi “lokal”-nya, dan jauh tampil sempurna. Proses booting pun lumayan cepat, yakni sekitar 20 detik saja.  
Kamera Foto
2 MP, 1600×1200 pixel
Di sektor mengabadikan gambar, CSL Mi320 Android  membekali diri dengan kamera, dengan settingan yang tak jauh berbeda dengan HP lokal lainnya. Hanya saja, kamera ini mampu menanmpilkan gambar yang natural meski tanpa kehadiran LED Flash. Atur besaran EV sebagai managemen kepekaan cahaya yang masuk ke lensa, dan kamera bisa dirotasikan semau Anda. Shutter kamera di sisi bodi ponsel, memudahkan saat menjepret. 
Recording& Video Player
Kualitas resolusi maksimal 2 MP dengan speed rekam @15fps, video quality (high; 30m, low; 30m, MMS;>30m, YouTube;high;10m, Custom), White balance, Color Effect. Mampu memutar file MP4, 3gp, avi, wav.
Sama halnya dengan fotografi, di sektor ini CSL Mi320 Android mampu merekam gambar bergerak dengan hasil yang sedikit lebih tajam dinandingkan dengan kualitas ponsel China kebanyakan. Didukung oleh fitur rekam yang memiliki settingan yang standar, dan frameratenya kadang masih berbintik dan pecah. Tampilan video bisa dirotasikan, dan tentu akan menyuguhkan tampilan yang lebih memuaskan dari sisi visual saat Anda mengunduh beragam format video misalnya dari YouTube. 
Audio Recorder dan Player
Audio Support: AAC LC/LTP, HE-AACv1 (AAC+), HE-AACv2 (enhanced AAC+), AMR-NB, AMR-WB, MP3, MIDI, Ogg Vorbis, PCM / WAVE; Dual microphone; Advanced Echo and Noise Cancellation for phone, 3.5mm audio jack for stereo headset interface, Built-in microphone and loudspeaker, Music Player Time : Up to 70 minutes.
Perihal memanjakan telinga, CSL Mi320 Android memiliki perangkat audio yang cukup mumpuni yang berasal dari speaker bawaannya. Berbagai software audio support gratisan dan tidak terikat paten seperti Ogg Vorbis memiliki kualitas output audio yang lebih baik dan format ini sangat cocok untuk menggantikan format-format custom yang terbatas seperti MP3 dan AAC. Jenis audio digolongkan berdasarkan album, artist, song, dan playlist. Di dalam playlist ini, Anda dapat menyematkan beberapa lagu favorit.  Audio recorder menunjang perekaman audio dengan unlimited durations.
FM Radio
Favorit list, antenna eksternal (headset), multitasking.  
Melengkapi sektor hiburan, telah ditanamkan FM Radio dengan kualitas tangkapan siaran yang cukup jernih. Pencarian chanel radio bisa dilakukan secara manual ataupun automatis. FM Radio ini pun dapat bekerja secara multitasking 
Internet
GPRS Class 12, EGPRS/EDGE: Multi-Slot Class 12 , UMTS: DL/UL, up to HSDPA 14.4Mbps , Browser WAP, Mendukung Facebook, GMail, Twitter, YouTube. 
Selain teknologi layarnya yang resistive dalam mengoperasikan tiap fitur, ponsel ini pun handal dalam mengakses internet. Berkat dukungan EGPRS/EDGE dan HSDPA 14.4Mbps, aktivitas browse terasa cepat dan tidak ada kendala. Hanya saja, saat diuji coba membuka upload YouTube, proses buffered-nya memangkas waktu 20 detik, namun hal ini tekait pula dengan kestabilan jaringan operator, bukan?
Konektivitas
Bluetooth 3.0, HS, microUSB WiFi: 802.11b/g.
Sebagai penopang layanan internet, dukungan koneksi ponsel ini cukup lengkap. CSL Mi320 Android  memiliki fungsi koneksi via nirkabel dengan menggunakan Bluetooth.  Saat diuji coba mentrasfer data jpeg berbobot 63,5KB ke HP Mini 110 proses pairingnya hanya memangkas waktu 10 detik saja. 
Fitur Lain
S-Unno, Sogou Input, Latitude, Car Home, Navigation, Places, Maps. Organiser: Notepad, Azan Alarm, Calculator, Calendar, Clock. 
Di luar fitur khas ponsel Android, CSL  Mi320 menyematkan fitur Car Home, yang di mana aplikasi ini sangat berguna saat Anda berkendara, karena memberikan keleluasaan berkomunikasi dengan tetap memperhatikan keamanan berkendara (save driving), di dalam aplikasi ini terdapat fitur navigate, voice search, phone, contact, dan music. 
Benchmark
Quadrant Standard Editition by Aurora Softwork 
Dari hasil test Benchmark yang PULSA lakukan, CSL Mi320 Android mendapatkan poin 480, melampaui kinerja  dan platform yang disandang oleh MotoDroid dan Sony Ericsson X10i. 
Kelebihan
Kinerja internet yang cepat 
Dukungan Android 2.2 Froyo 
Disain casing full metal yang tangguh dari sisi ketahanan
Kekurangan
Ponsel sering hang di tengah pengoperasian, sehingga harus restart.
Tidak didukung LED Flash dan autofokus pada sektor kamera
Tidak disediakan stylus yang membantu pengetikan keypad QWERTY virtual 
Kesimpulan 
Tidak berlebihan jika ponsel ini diramalkan bakal menjadi idola para Android-lover berdana menengah. Sokongan Android  2.2 Froyo dan beragam aplikasi menarik cukup memikat hati pasar, terutama dengan banderolan yang ramah di kantong. Sepertinya CSL Mi320 Android siap berkompetisi dengan ponsel ternama. Namun pilihan kembali pada selera pasar, bukan? 

No comments:

Post a Comment