Saturday, June 18, 2011

Apple Perkenalkan iMessage – Aplikasi Pesaing BBM Buatan RIM


Jika pengguna perangkat buatan RIM sangat akrab dengan aplikasi BBM, Apple melalui ajang Worldwide Developer Conference atau yang dikenal dengan WWDC 2011 memperkenalkan aplikaasi mirip BBM yang bernama iMessage. Lalu, apa yang membedakan iMessage dengan BBM milik RIM? Simak ulasan singkat mengenai aplikasi tersebut untuk mengetahui jawabannya.
iMessage disebut-sebut dapat beroperasi pada sistem operasi iOS 5 pada perangkat buatan Apple seperti iPhone, iTouch dan juga iPad. Untuk menjamin keamanan data pengguna aplikasi tersebut, Apple akan mengenkripsi aplikasi tersebut pada dua sisi, yaitu sisi client device dan server. Karena menggunakan jalur akses internet, pengguna perangkat mobile Apple tidak perlu berlangganan untuk menikmati iMessage. Hal tersebut berbeda dengan BBM yang mewajibkan pengguna BlackBerry untuk berlangganan terlebih dahulu karena RIM menggunakan jalur komunikasi BIS.
Apple mengklaim bahwa aplikasi buatannya tersebut akan menampilkan tampilan antar muka yang baik, bahkan lebih baik dari BBM. Sesama pengguna perangkat iOS dapat saling mengirim pesan teks terbatas melalui jaringan WiFi atau 3G. iMessage memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar teks, foto, video, lokasi dan kontak.
iMessage juga dapat digunakan untuk melacak percakapan pada beberapa perangkat dengan pemilik yang sama.
Hadirnya iMessage pada perangkat buatan Apple nampaknya akan menjadi ancaman serius bagi RIM yang masih mengandalkan BBM pada BlackBerry buatannya.

No comments:

Post a Comment